Aisy dah setahun :) (Perpanjangan STNK di mobil SAMSAT keliling)

Nggak kerasa, umur Aisy (motorku) dah hampir setahun. Awalnya nggak tahu kalo perpanjang stnk harus setahun sekali (bodohnya >.<'), dikirain 5 tahun sekali (pengennya hehehe). Untung diingetin ma bapak, saat beliau ngeliat nomor polisinya dah ketemu lagi bulan Juni.

Trus disaranin untuk perpanjang di mobil keliling stnk. Wah, ada ya? pikirku. Mantap kalo gitu. Untuk tahu mobil keliling sedang singgah dimana, tinggal sms aja 1717 (cepet lagi dibalesnya).

 

Hari Sabtu tanggal 25 Juni, berangkatlah aku ke stasiun tanjung barat. sampai kira-kira jam 09.30, dah lumayan banyak yang dateng. Begini penampakannya:



Jadi, pertama-tama kita isi formulir satu lembar (data-datanya bisa kita lihat di stnk). halaman kedua nggak perlu diisi ternyata (bingung juga sih ngisinya), cuma tinggal tanda tangan aja. Dokumen yang wajib dibawa:
  1. STNK asli
  2. KTP asli
  3. BPKB
Setelah itu, tiga dokumen tersebut kita serahin ke petugas buat dikopi, bayar Rp. 3.000. Nanti kita dikasih kembali stnk asli, kopi dokumen, dan ktp yang dah distepler. di depan mobil keliling ada tiga loket:

loket pertama: pendaftaran, jadi kita serahin dokumen yang dah distepler tadi (stnk asli, form dan kopi bpkp) lalu dicek juga bpkpnya. setelah dicek dan beres, bpkpnya dibalikkin lagi. setelah itu kita tinggal menunggu dipanggil ke loket kedua. Agak lama, karena memang banyak antrian. Jadi, jangan lupa persiapin earphone buat dengerin musik atau bisa juga jajan siomay di samping mobil keliling :p

loket kedua: nama kita dipanggil plus uang pajak yang harus kita bayar. pajak aisy Rp 190 ribu. nanti kita mendapatkan bukti lunas dan ditunggu dipanggil ke loket ketiga. ga terlalu lama dipanggilnya kok, jadi ga perlu jajan lagi :p

loket ketiga: pengembalian stnk dan selesai.....

oh ya, untuk perpanjangan di mobil keliling tidak berlaku untuk yang bayarnya telat, perpanjangan stnk 5 tahunan atau kartu identitas yang expired. Soalnya ada beberapa orang yang harus ditolak dan diumumkan keras-keras dengan toa. gigit jari deh..
(kisahuwi.wordpress.com)

No comments