Berteman Sang Matahari dengan Perlindungan Optimal MARINA UV WHITE EXTRA SPF 15

"Aduhh.. sekarang panas banget sih hawa diluar”
“Tambah gosong aja nih kulitku.”
“Kok belang yaahh….”

Pasti kata-kata itu pernah kita dengar atau mungkin malah kita sendiri yang mengucapkannya. Indonesia yang merupakan wilayah yang memiliki iklim tropis karena dilewati garis khatulistiwa merupakan wilayah bersifat panas sehingga menyebabkan adanya dua musim yakni hujan dan kemarau. Karena hanya terdiri dari dua iklim ini, maka matahari menyinari Indonesia selama 12 jam perhari. Apalagi saat ini, sering kita merasakan cuaca siang hari yang terasa panas menyengat. Membahas tentang matahari dan hawa panasnya, ternyata efeknya bukan hanya kulit yang menghitam tapi ada beberapa efek lainnya. Apa sajakah itu? Yuk kita tengok lebih lanjut.. 

EFEK TERPAPAR MATAHARI SECARA BERLEBIHAN
Matahari bukannya bermanfaat ya untuk kita? Pasti kawan-kawan masih ingat kan pelajaran dari Bapak dan Ibu guru kita waktu SD bahwa peranan matahari itu sangat penting. Selain berguna untuk tumbuhan sebagai fotosintes. Bagi manusia, sinar matahari dapat menstimulasi produksi Vitamin D dalam tubuh kita untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, mendorong sistem kekebalan tubuh, dan bahkan membantu mencegah beberapa jenis kanker. Hanya ketika kita terpapar terlalu banyak matahari sehingga kulit  terancam berisiko. Hal ini karena sinar matahari mengandung dua sinar ultraviolet berpotensi akan bahaya: UVA dan UVB.

Radiasi matahari merupakan gelombang elektromagnet dengan spektrum yang lengkap. Radiasi ultraviolet (UV) adalah bagian dari radiasi matahari. Radiasi ultraviolet memiliki panjang gelombang antara sinar X dan cahaya tampak, dan dinamai ultraviolet karena frekuensinya lebih tinggi dari pada sinar ungu (violet). Untuk mengukur seberapa bahaya radiasi ultraviolet yang sampai ke permukaan bumi dapat diketahui dengan indeks UV. International Commision on Illumination mendefinisikan indeks UV sebagai perkalian antara intensitas pada panjang gelombang tertentu dengan bobot bahaya radiasi pada panjang gelombang tersebut.


Indeks UV Indonesia 29 Mei 2013. Sumber
Indeks radiasi ultraviolet di wilayah Indonesia berkisar antara 7 hingga 12. Standar Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO mengategorikan indeks radiasi ultraviolet 11 atau lebih sebagai radiasi ultraviolet yang ekstrem sehingga membahayakan kesehatan. Radiasi ultraviolet itu bisa terus meningkat seiring terus menipisnya ketebalan lapisan ozon di atas Indonesia.
Dapat kita lihat nih kawan-kawan, bahwa wilayah Indonesia berada di zona merah dan biru yakni sangat dan ekstrim beresiko tinggi jika tanpa perlindungan. Indeks UV tertinggi per 29 Mei 2013 ada di wilayah Sumatra, tepatnya di kota Padang. 

Menurut dosen senior sekaligus ahli kulit (dermatologis) Edinburgh University, dr Richard Weller bahwa paparan sinar matahari yang baik adalah sinar matahari pagi hari, yakni sekitar pukul tujuh hingga sembilan pagi. Sedangkan paparan sinar matahari diatas pukul 09.00 mengandung Ultraviolet A dan B yang berbahaya bagi kulit karena dapat:
  • Memicu kelenjar minyak berproduksi lebih aktif sehingga membuat kulit lebih mudah berjerawat
  • Kulit mudah mengalami penuaan
  • Warna kulit menjadi lebih gelap karena melanosit terstimulasi lebih tinggi
  • Dapat menyebabkan kanker kulit


YUK KENALAN DENGAN UV A, UV B DAN UV C
Macam Sinar UV. Sumber
Matahari memancarkan radisasi ultraviolet yang dibagi atas kategori berdasarkan panjang gelombang :
  • UV C 100 – 290 nano meter
  • UV B 290 – 320 nano meter
  • UV A 320 – 400 nano meter
Dari ketiga jenis radiasi ultraviolet tersebut, UV-A dan UV-B yang sampai ke permukaan bumi. Sedangkan UV C dapat diserap oleh lapisan ozon.




UV B yang menembus epidermis kulit 
dan UV A yang menembus hingga dermis kulit. Sumber


UV A
Jumlah sinar UV A yang menembus kulit mencapai 90 persen. Sinar inilah yang memicu kanker kulit, penuaan dini, hiperpigmentasi, pengerutan, hingga kulit kusam. Sinar UV A selalu hadir tak peduli musim dan cuaca. Meski dalam cuaca berawan, sinar UV A tetap bisa merusak kulit kita. Sinar UV A begitu kuat sehingga bisa menembus pakaian dan bahkan kedalam gelas sekalipun. Sinar UV A dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit kita, hal ini terjadi karena sinar ini bersifat merusak jaringan yang berada dibawah kulit. Intensitas radiasi UVA lebih konstan daripada UVB.

UV B
Sinar UVB berdampak buruk meski jumlah yang diserap kulit hanya sekitar lima persen. Sinar UVB adalah sinar yang dipancarkan oleh matahari dan dapat mengakibatkan kulit terbakar. Tidak seperti sinar UVA, kekuatan sinar UVB tidak terpancar sepanjang waktu. Matahari aktif memancarkan sinar UVB biasanya biasanya pada bulan-bulan musim panas, selain itu sinar UVB juga bisa dipantulkan di salju dan air. Mempengaruhi lapisan epidermis dan penyebab utama membakar pada kulit, radiasi paling keras radiasinya antara jam 10 pagi dan jam 2 siang saat matahari sedang panas-panasnya, juga akan lebih keras dimusim-musim panas, dapat menyerap kekulit sampai 70%, namun radiasi jenis ini tidak mampu menembus kaca, sehingga aman bila kita berada diruang kaca maupun didalam mobil.
UV C
Sinar UV C tidak membahayakan manusia karena telah terserap di atmosfer, Radiasinya hampir selalu diserap kembali oleh lapisan ozon dan tidak mempengaruhi kulit. Namun radiasinya dapat juga ditemukan pada sumber-sumber buatan seperti pada : lampu mercury, dan lampu pembunuh mikroorganisme (biasa digunakan untuk mensterilkan kamar operasi di Rumah Sakit) 

Secara alamiah kulit kita mempunyai mekanisme pertahanan pada lapisan terluar kulit (epidermis) yaitu melanin. Melanin mampu menyerap sinar UV yang berbahaya. Namun terkadang penyebaran melanin ini tidak rata dan berlebihan pada suatu tempat sehingga kulit menjadi bercak-bercak (flek) sehingga kulit terlihat tidak bagus

Haduhh.. apa sebaiknya kita tidak usah keluar rumah kalo begitu. Eitss, jangan salah. Meskipun kita banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan, jangan berpikir bahwa radiasi sinar UV tidak terpancar ke arah kita. Seperti yang sebelumnya dituliskan diatas, ternyata sinar UV dapat menembus kaca. Selain itu sinar UV akan memantul dari permukaan tanah ke kulit kita meskipun kita sedang berada di tempat yang teduh. Apalagi saat matahari sedang bersinar dengan teriknya. Pemakaian pakaian juga ternyata masih dapat menyerap sinar matahari ke kulit sebesar 60 persen.

Jadi bagaimana dong? Jangan takut kawan, kita dapat berteman nih dengan sang matahari salah satunya dengan cara memakai lotion dengan pelindung ekstra. Saat ini pemakaian lotion masih rendah di kalangan penduduk Indonesia padahal Indonesia tergolong negara dengan iklim tropis. Hal ini membuktikan banyak penduduk Indonesia yang meremehkan lotion pelindung sebagai elemen penting untuk memulai hari hari. 

Korea, China, Afrika Selatan dan Thailand merupakan negara yang menduduki peringkat empat teratas dalam hal kesadaran menggunakan tabir surya. Mungkin banyak orang yang lebih memfokuskan perawatan terhadap wajah saja dan melupakan kulit tubuh. Mungkin karena wajah merupakan bagiaan yang paling pertama kali dilihat, tapi kan tidak lucu kalau wajah putih bak pualam tapi kulit tubuhnya hitam, belang-belang lagi. Kalau yang ini mah bukan yang belang emang yang paling enak lho hehe..

Tapi sebaiknya pilih yang mana ya dari sekian produk di pasaran? Jangan galau lagi. Kebetulan sekali, Marina punya solusi untuk kita, yakni Marina Hand & Body Lotion UV White extra SPF 15 yang bisa secara optimal melindungi kulit dari 94% sinar UV. Total banget memberikan perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB. Woooow, kok bisa



Acara Peluncuran Marina Extra SPF 15. Sumber
Marina UV White Extra SPF 15 diluncurkan pada tangal 7 Maret 2013. Dalam Jumpa Pers dan Talk Show ini menghadirkan pembicara Nina M. Yunianto (PT Barclay Product), dr M Rachadian Ramadhan (Gentur Cleft Foundation) dan Aktris Olivia Jensen Lubis. Dalam acara ini Marina juga mengajak perempuan Indonesia menjadi konsumen utamanya agar lebih percaya diri dan berani menghadapi tantangan perubahan, khususnya yang datang dari lingkungan.




Produk baru ini melangkapi jajaran varian Marina sebelumnya sehingga untuk saat ini menjadi delapan produk varian. Yang terbagi lagi menjadi tiga keutamaan yakni Natural, UV White dan Total Care. Selain itu Marina juga mempunyai produk lain berupa Marina Face Powder dan Marina Fragnance. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai produk Marina, kawan-kawan dapat mengakses di www.sahabatmarina.com. Masih belum percaya kehebatan Marina UV White Ekstra SPF 15 yang akan melindungi kita secara optimal dari 94% paparan matahari? Ini nih kandungan-kandungan supernya:
 
SPF 15
SPF 15 sebagai UV B Protection yang melindungi dari paparan sinar matahari. Kenapa SPF 15? Kenapa tidak sekalian saja kita pakai produk dengan SPF yang lebih tinggi? Jangan salah kawan, SPF yang merupakan singkatan dari Sun Protection Factor pada dasarnya merupakan indikator berapa lama kita bisa berada di bawah terik matahari tanpa terbakar. Misalnya, biasanya seseorang akan mengalami terbakar matahari setelah 15 menit terpapar sinar matahari langsung, maka lotion yang mengandung SPF 15 akan memberikan perlindungan 15 kali lebih lama (sekitar 225 menit). American Academy of Dermatology menyarankan untuk menggunakan produk yang memiliki minimal SPF 15.

Tapi SPF tinggi tidak menjadi patokan efektivitas tabir surya. Untuk orang Indonesia yang cenderung memiliki kadar melanin (zat warna kulit) cukup, maka SPF dengan kandungan 15-25 sudah amat tinggi. Sebab SPF ini telah memberikan perlindungan menyeluruh untuk kulit kita. Hal ini disebabkan kulit perempuan Asia rata-rata berwarna sawo matang, dan cenderung tidak mudah terbakar.

Menurut penelitian yang dimuat dalam Cleveland Clinic Journal of Medicine, peningkatan SPF ternyata tidak bersifat linier terhadap perlindungan dari sinar matahari. Artinya, semakin tinggi angka SPF maka perlindungannya terhadap sinar matahari tidak berarti bertambah kuat.  Jika kita menggunakan produk dengan SPF 30-50, bisa jadi kulit kita malah jadi menghitam. Lho kok bisa? Menurut Dr Retno Iswari Tranggono, SpKK sebab kebanyakan produk kosmetika dengan SPF diatas 30 merupakan produk impor yang diuji coba dengan menggunakan kulit orang kaukasia. Krim tersebut diformulasikan untuk menyerap sinar matahari dan membuat merah kecoklatan pada perempuan kaukasia. Inilah yang membuat kulit kita menjadi gosong dan berwarna kemerahan jika menggunakan SPF diatas 30. Terlebih jika SPF ini digunakan pada kulit wajah yang tipis dan sudah sering menjalani perawatan pengelupasan. Pada kulit kita pun timbul bercak-bercak hitam. Mau cantik malah jadi antik hehehe

Marina tahu betul ya apa yang perempuan Indonesia butuhkan.

PA +
Selain SPF, yang harus diperhatikan saat memilih tabir surya adalah kandungan PA-nya. Kandungan PA+ yang dimiliki Marina White Extra SPF 15 sebagai UV A Protection yang membantu menghambat proses penggelapan kulit. PA merupakan singkatan dari protection grade of UV A, sehingga PA ini memberikan perlindungan terhadap sinar UV A. Jika SPF diikuti dengan angka, maka lambang perlindungan PA diikuti dengan lambang +

Ada tiga tipe perlindungan sinar UV A, yaitu PA+, PA++, PA+++. Semakin banyak lambang + nya, berarti semakin lama melindungi kulit dari radiasi. Untuk mengetahui seberapa banyak kebutuhan PA untuk kulit, hitung protection factor of UV A (PFA) terlebih dulu. Caranya dengan menghitung minimal persistent pigment darkening (MPPD) kulit yang terlindungi, dibagi dengan MPPD kulit yang tak terlindungi. MPPD merupakan jumlah bagian kulit yang berubah warna menjadi kecoklatan akibat terbakar sinar matahari dalam satu bagian. Jika hasil pembagian ini memiliki angka 2-3, maka PA yang dibutuhkan adalah PA+; untuk angka 4-7 membutuhkan PA ++; dan lebih dari 8 membutuhkan PA+++

Kandungan PA+ ini akan melindungi kulit dari bahaya radiasi sinar UV A yang bisa merusak struktur kulit dan menyebabkan penuaan dini. "Menurut American Academy of Dermatology, orang Indonesia sudah cukup terlindungi dengan menggunakan PA+ saja, ungkap dr Mohamad Rachadian Ramadan, MD, BMedSci, dari Gentur Cleft Foundation, saat talkshow "Beauty-Morphosis" Marina Hand Body Lotion UV Extra White SPF 15.



BLOWHITENING COMPLEX 
Blowhithening Complex terdiri dari Yoghurt dan Vitamin B3. Keduanya kaya nutrisi, bekerja membantu mencerahkan warna kulit sehingga tampak lebih putih merata. Yuk ditengok lebih jauh manfaat dari masing-masing:

YOGHURT

Yoghurt mengandung protein tinggi, yaitu sekitar 9 gram per 6 ons porsi. Selain itu, yoghurt juga mengandung nutrisi penting lain seperti kalsium, vitamin B2 dan vitamin B12, potasium, magnesium, serta asam laktat. Nutrisi tersebut, terutama asam laktat, dapat membantu melembabkan dan melembutkan kulit kering serta mengurangi keriput yang merupakan salah satu tanda penuaan. Lebih hebatnya lagi, yoghurt memiliki sifat anti jamur dan anti bakteri sehingga berguna untuk membersihkan kulit dan pori-pori yang tersumbat. Yoghurt dapat pula digunakan untuk menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari karena bersifat mendinginkan

 VITAMIN B3
Vitamin B3 dikenal dengan istilah niasin. Niasin adalah salah satu senyawa organik yang ditemukan pada tahun 1937. Pada tahun 1956, niasin mulai digunakan pertama kali untuk menurunkan kadar kolesterol dan mencegah serangan jantung. Manfaatnya juga dapat dirasakan untuk kesehatan kulit kita. Di dalam tubuh, niasin memiliki peranan besar dalam menjaga kadar gula darah, tekanan darah tinggi, penyembuhan migrain dan vertigo.

Manfaat niasin juga dapat dirasakan untuk kesehatan kulit kita. Salah satu efek sinar matahari yang tidak disenangi wanita Asia adalah pigmentasi. Jadi, lotion pelindung kulit yang mengandung vitamin B3 memperlambat proses pigmentasi. Selain itu, vitamin B3 juga dapat mengembalikan kondisi kulit agar kembali cerah


Selain dari SPF 15, PA + dan Blowhithening Complex, Marina UV White Extra SPF 15 juga  dilengkapi pula dengan Vitamin E dan Moisturizer yang tidak kalah penting untuk kulit kita.



VITAMIN E
Vitamin E pertama kali ditemukan pada tahun 1922 oleh Dr H M Evans dari California. Vitamin E mudah didapat dari bagian bahan makanan yang berminyak atau sayuran. Vitamin E banyak terdapat pada buah-buah, susu, mentega, telur, sayur-sayuran.

Vitamin E memilik banyak manfaat yakni meningkatkan daya tahan tubuh, membantu mengatasi stres, meningkatkan kesuburan, meminimalkan resiko kanker dan banyak lainnya. Vitamin E berperan sangat penting bagi kesehatan kulit, yaitu dengan menjaga, meningkatkan elastisitas dan kelembapan kulit, mencegah proses penuaan dini, melindungi kulit dari kerusakan akibat radiasi sinar ultraviolet, serta mempercepat proses penyembuhan luka

MOISTURIZER
Moisturizer mengandung bahan aktif yang bisa membantu menghidrasi kulit kering sehingga menjadi lebih lembab. Kulit yang lembab juga akan membantu mencegah kulit agar tak mudah berkerut, kusam, dan mendorongnya agar tetap kenyal dan segar. 
  

Semua manfaat kebaikan nutrisi diatas secara optimal dapat melindungi kulit kita dari 94% sinar UV, dan bisa kita dapatkan pada produk Marina UV White SPF 15. Wow banget kan!!!



REVIEW PRODUK MARINA

Harga dan Distribusi

Marina UV White Extra SPF 15 bisa didapatkan di toko atau supermarket terdekat. Hadir dalam dua ukuran kemasan yakni 100 ml dan 200 ml, yang dapat memudahkan kita dalam memilih lotion ini. Ukuran 100 ml, dengan bentuknya yang mungil dapat kita bawa dengan leluasa kemanapun kita pergi dan ukuran yang 200 ml siap kita jadikan amunisi cantik di rumah kita dalam melawan paparan matahari. Tinggal disesuaikan saja sesuai kebutuhan. Namun, setelah saya hunting untuk ukuran 100 ml agak sulit didapat di supermarket kecil, saya dapat ukuran ini di supermarket yang lebih besar. Mudah-mudahan kedepannya, lebih mudah kita mendapatkan untuk ukuran mungilnya ini.

Tanpa pikir panjang langsung saya beli saja dalam dua ukuran yang berbeda. Supaya tidak pernah ketinggalan untuk kita pergunakan karena harganya pun terjangkau yakni Rp 8ribuan saja (kalau saya belinya Rp 8.100,-) untuk ukuran 200 ml dan lima ribuan untuk yang 100 ml. Tidak menguras kantong kan, sedangkan hasil yang didapat bisa membuat kita tambah percaya diri. Worth it to buy deh kawan.

Aroma 
Saya suka sekali aroma dari Marina UV White Extra SPF 15 ini. Aromanya lembut, harum dan tahan lama, terbukti dari suami yang bilang saya tambah wangi setelah memakai Marina UV White Extra SPF 15. Menurut suami, jadi tambah sayang dan jadi pengen dipeluk terus. Upsss.. Senangnya bisa membahagiakan suami. 

Teman di kantor juga bertanya sewaktu saya memakai lotion ini, dan menanyakan produk apa yang saya pakai karena wanginya enak. 

Tekstur

Halus dan tidak lengket. Tidak cair, agak kental dan menyerap dengan cepat di kulit.  

Bentuk Kemasan

Kemasannya cantik, berwarna dasar putih yang memang merupakan tujuan dari hand & body lotion ini yakni melindungi kulit dari sinar matahari, sehingga kulit tampak lebih putih merata dan menjaganya tetap putih. Mengeluarkan isinya pun gampang dan mudah diatur ingin seberapa besar dalam penggunaan lotionnya. 

Sudah tidak bingung lagi kan bagaimana cara memproteksi kulit kita. Tapi yang tetap harus diperhatikan supaya hasil maksimal yakni cara pemakaiannya. Seperti yang tertera pada kemasan yakni dipakai rutin terutama setelah mandi dan setiap saat diperlukan. 

Lotion ini sebaiknya juga dipakai 15-30 menit sebelum terpapar matahari supaya bekerja dengan baik. Jangan malas mengulang setiap dua atau tiga jam karena lotion dengan SPF 15 itu berarti kita dapat terpapar 15 kali lebih lama dibandingkan tanpa lotion dengan kandungan SPF tanpa mengakibatkan kulit kita terbakar. Lotion dengan SPF 15 berarti dapat digunakna untuk melindungi kulit dari paparan matahari tanpa terbakar selama 120 menit (15 x 8 menit). Ayo semangat, untuk hasil kulit putih merata dan tidak belang serta melindungi dari paparan matahari yang berbahaya.

Kesimpulan dari produk ini adalah saya sangat menyukai produk Marina Hand and Body Lotion Extra SPF 15. Membuat hati tentram karena telah memproteksi kulit kita plus mencerahkankan dan tidak takut belang lagi deh. Yuk semua coba, dijamin puassss...



Note: Blog ini diikutsertakan dalam Lomba Blog yang diselenggarkan oleh PT Barclay Tempo Scan Pacific dan Marina dengan tema "Pentingnya SPF 15 untuk perlindungan optimal setiap hari".

Sumber Tulisan:

www.kompas.com
www.republika.co.id
www.dirgantara-lapan.or.id
female.kompas.com
www.weatheronline.co.uk
www.cumi-cumi.com
glutathione.glutera.com
www.estherhouseofbeauty.co.id
beitahukum.com
www.sahabatmarina.com
www.femina.co.id
www.untukperempuan.com
www.skincancer.org 

www.sahabatnestle.co.id

1 comment

  1. Jadi gk takut matahari lagi doong ;)
    yuk lindungi terus kulitmu bersama Marina

    ReplyDelete