List Keperluan Kelahiran di Rumah Sakit

Tidak terasa usia kehamilan says sudah memasuki 24 minggu (6 bulan). Setelah bertanya kepada beberapa teman, saya banyak dapat saran untuk mempersiapkan barang-barang kelahiran nanti di rumah sakit yang kita siapkan khusus di satu tas *manggut-manggut. Biar kita tidak repot-repot dan panik saat menjelang kelahiran. Perlu saya persiapkan dengan seksama nih, apalagi ini kehamilan pertama jadi masih belum ada pengalaman. Berikut list keperluan barang yang perlu kita persiapkan untuk kelahiran nanti yang saya ambil dari beberapa sumber:

Isi tas bunda:
  1. Baju tidur yang mempunyai kancing di bagian depan untuk menyusui. Bawa baju tidur dengan jumlah yang cukup untuk persalinan normal biasanya 3 hari dan untuk persalinan operasi caesar dibutuhkan 4-5 hari.
  2. Baju pulang. Kita mungkin masih tetap terlihat seperti hamil, karena butuh waktu untuk tubuh kembali ke bentuk semula. Untuk itu bawalah baju yang nyaman, dan tidak sempit
  3. Pakaian dalam (CD, bra menyusui dan breast pad). Breast pad adalah bantalan untuk menyerap sisa ASI agar tidak membasahi bra dan merembes ke baju. Breast Pad itu ada dua jenis yakni yang bisa dicuci ulang atau yang sekali pakai. Soalnya katanya agak susah dihilangkan bekas asi kalau sudah terkena baju.
  4. Gurita atau korset
  5. Alat pompa ASI, bisa juga untuk menstimulasi ASI supaya keluar
  6. Pembalut khusus setelah melahirkan
  7. Keperluan mandi (handuk, sabun, sikat gigi, deodoran) 
  8. Make up seperlunya (sisir, bedak, lip gloss, ikat rambut)
  9. Bahan bacaan atau mp3 player untuk teman pengusir bosan (biasanya untuk diruang melahirkan sambil menunggu 'pembukaan')
  10. Sandal
  11. Sarung (untuk mempermudah menukar pembalut dan periksa dalam). 
  12. Kantong plastik untuk baju kotor 
Isi tas bayi:
  1. Popok sekali pakai
  2. Baju (sehari minimal 2, untuk mandi pagi dan mandi sore)
  3. Celana
  4. Topi
  5. Kaus kaki 
  6. Sarung tangan
  7. Selimut
  8. Kain untuk membedong 
  9. Minyak telon
Update: Untuk baju bayi, celana, kaus kasi, sarung tangan, bedong de el el. Disiapkan sehari 2 kali (diganti setelah mandi). Jadi minimal disiapkan 2 buah sehari ^.^ 

No comments