Anggaran Pemula

Prikitieww
Setahun usia perkawinan saya, namun masih banyak PR untuk dapat menjadi istri yang baik. Salah satunya adalah mengatur keuangan keluarga. Peran sebagai manajer keuangan keluarga adalah bagaimana penghasilan suami cukup untuk keperluan sehari-hari dan tidak lupa berinvestasi. Terlebih lagi Insya Allah 3 bulan kedepan akan hadir dedek bayi dalam keluarga kecil kami

Sudah beberapa cara yang dicoba namun belum ada yang cocok dan selalu berhenti di tengah jalan karena tidak disiplin. Sering bingung saat menyadari uang bulanan kok tinggal segini padahal tanggal gajian berikutnya masih lama. Hanya garuk-garuk kepala, kalo ditanya suami kemana larinya tuh uang.
Rasanya berapapun besar gaji yang ada pasti selalu habis. Nah, menyusun anggaran keuangan merupakan permulaan memahami apakah penggunakan uang sesuai atau melebihi anggaran, dan mengambil tindakan untuk mengatasi kelebihan pengeluaran. Tujuan anggaran adalah mampu mengontrol pengeluaran bebas dan menurunkan pengeluaran tidak tetap.


 Ini nih, anggaran keluarga saya yang sedang saya jalani:

Pertama, membuat TABUNGAN OPERASIONAL yang tidak digabung antara tabungan pribadi. Pilih jenis tabungan yang kecil biayanya dan dapat diakses menggunakan ebanking supaya mudah memantau rincian. Untuk jenis tabungan ini, jangan harapkan bagi hasil/bunga yang tinggi, lah wong setelah dana masuk, langsung keluar lagi hehe.

Tabel 1. Rincian Tabel Anggaran Operasional
Kedua, TABUNGAN CADANGAN. Kalau sudah terkumpul banyak, dialihkan ke instrument simpanan dengan bagi hasil/bunga yang lebih besar. Dapat dipilih antara yang langsung auto debet dan dapat top up saldo atau tabungan biasa. Kalau saya pilih tabungan biasa karena mudah dicairkan jika ada keperluan mendesak, maklum penganten baru dana cadangannya masih terbatas hehehe.

Tabel kedua merupakan review dari tabel pertama. Tujuan pembuatan anggaran adalah rekomendasi. Kita dapat mendiskusikan bersama suami, langkah apa yang harus dilakukan. Sayangkan, kita dah capek-capek mantau transaksi keuangan tapi hanya dibiarkan saja. Setelah sebulan, file kita print dan filing beserta kwitansi. File anggaran keuangan saya dapat didownload disini 

Yuk bersemangat jadi manajer keuangan bagi keluarga

No comments