Prajab 2014 BPKP @ Pertanian Part II: Fobia Sirine

Banyak bersyukur..
Alhamdulillah lulus juga diklat prajab, Alhamdulillah dapat diklat prajab yang 'hanya' 21 hari (3 - 26 Maret 2014) bukan yang 3 bulan *gimana rasanya tuh >,<'. Alhamdulillah instansi saya termasuk yang cepat dalam memulai pelaksanaan prajab, ada beberapa instansi yang harus menunggu setahun dulu baru prajab. Alhamdulillah...
Mama prajab dulu ya, De
Waktu itu relatif kata Einsten. Kalau kita enjoy, biasanya tidak terasa. Tapi entah kenapa waktu prajab tuh rasanya super duper luamaaa, ngejalanin sehari itu panjangggg banget. Kayaknya faktor kangen sama dede, ditambah lagi saya langsung nyambung diklat matrikulasi auditor lagi selama 14 hari hiks.
Back to judul, kenapa fobia sirine? Sirine di prajab fungsinya untuk ngingetin kita tanda mulai suatu kegiatan. Sirine 1 artinya siap-siap, sirine 2 artinya hati-hati (harus sudah otw ke tempat acara) dan sirine 3 artinya sudah harus ada di tempat dan kalau belum ada, panitia akan menghitung mundur 5..4..3..2..1.. cateetttt!!! Dan selama sebulan kedepan, hari-hari prajab akan diwarnai dengan bunyi nguing nguing nguing. Rasakan sensasinya hehe, Berikut review saya selama diklat BPKP di Kementrian Pertanian, semoga membantu untuk yang mau diklat.
PAKAIAN (Jilbab, Atasan, Bawahan, Sepatu, Pakaian Olahraga). Tips: jangan pakai yang aneh-aneh kalau nggak mau poin demi poin berkurang
  • Jilbab: Bawa jilbab putih DAN hitam (padahal di peraturannya bawa putih ATAU hitam). Di Pertanian, hari Senin-Kamis: jilbab hitam selebihnya jilbab putih.
  • Atasan: Amannya pakai baju seragam sekolah saja, kalau nggak seragam sekolah biasanya saat apel panitia akan dengan seksama memperhatikan baju kita apakah ada kupnatnya, apakah ada tulisan di bajunya. Saat apel malam, panitia tidak lupa bergerilya memakai senter memperhatikan kelengkapan atribut kita.
  • Sepatu: Hitam polossss, nggak ada hiasan. Kalo ada hiasan, catett lagiiii
  • Pakaian Olahraga: Tiap pagi olahraga dan di minggu awal lebih banyak terpakai  karena ada jadwal Pelatihan Baris Berbaris, Kerjasama Kelompok dan Dinamika kelompok.


KAMAR
Alhamdulillah dapat kamar yang nyaman
Di Pertanian ada 4 Komplek untuk menginap waktu diklat BPKP. Di Bumi, Tirta, Surya dan Mega. Paling enak katanya di Surya. Untuk di Bumi, 1 kamar isinya 3 orang. Fasilitas: 1 kamar mandi, 1 lemari, 1 TV renyek2 :p, 2 tempat jemuran, 1 ember dan 2 meja belajar. Cowo biasanya ditaruh di atas. Untuk Komplek Bumi, kamar nomor kecil (1-20an) lebih bagus, lebih bersih dan lebih nyaman dibanding nomor besar.
Untuk Ibu menyusui, kulkas paling besar adanya di komplek Mega, kulkas di komplek Surya nggak dingin (3 hari baru bias beku), dan kulkas 1 pintu untuk di komplek Bumi. Awalnya ditaruh di ruang tamu mojok sendiri. Agak-agak horror kalau naruh ASI malem-malem, setelah beberapa hari panitia berbaik hati memindahkan kulkas ke tempat yang lebih terjangkau. Terima kasih *emak2 senyum lebar

LAUNDRY
Mahal bo.....
Lapangan untuk jemur






        

Buat yang mau laundry, harganya mahal karena dihitung per pieces bukan kiloan. Kalau nggak kepepet, mending nyuci sendiri. Buat yang mau nyuci sendiri disediakan tempat jemuran 1 lapangan dengan catatan kalau hujan tiba biasanya di kelas yang cewe2 akan...
Cucian gueee..!!!! *terbirit-birit angkat rok
MATERI PELAJARAN
Belajar sehari, mana sempat..
Dipilih..dipilih #ngampar ala jualan pedagang kaki lima. Ada 14 diklat. Mulai dari ceramah umum, kerjasama kelompok, wawasan kebangsaan, percepatan pemberantasan korupsi dan banyak lagi yang lainya..a..a..a







TIPS yang mau jadi peserta terbaik:
  1. Jadilah ketua kelas: 4 dari 6 peserta terbaik adalah ketua kelas
  2. Kalau nggak jadi ketua kelas ya kejar nilainya di ujian. Nyicil belajar kalau sempat *sambil senyum sinis. Sikap menyumbangkan 60% dari keseluruhan nilai dan sisanya sebanyak 40% adalah nilai ujian

Poin penting kelulusan adalah absensi. Nanti akan banyak yang sakit karena istirahat kurang, batuk akan mewabah. Kalau sakit, tetap masuk kelas saja supaya tetap absen. Batas toleransi absen 90% (sehari tidak masuk), diluar dari itu apapun alasannya kemungkinan besar tidak lulus *tidaakkkk..

JADWAL
04.00 : Sirine bangun (Subuh, mandi)
04.45 : Sirine olahraga
05.00 - 06.10 : Olahraga (Senam tera *pasti nggak bakal lupa pose-pose uniknya, poco-poco)
06.10 - 06.40 : Sarapan *sebelum sarapan, apel dulu
07.00 - 07.30 : Apel pagi

08.00 - 17.30 : Pelajaran di kelas
10.15 - 10.30 : Coffe Break 1
12.45 - 14.00 : Makan Siang, Sholat, Makan
15.30 - 16.00 : Coffe Break 2

17.30 - 19.00 : Istirahat
19.00 - 19.30 : Makan Malam-
19.30 - 21.00 : Tugas baca resume di kelas
21.00 - 22.00 : Apel malam
22.00 - 04.00 : Bobo
Untuk Sabtu, kelas tetap diadakan hingga pukul 17.30, jadi yang mau pulang bisanya sore sehabis kelas dan balik lagi maksimal jam 4 sore.
Untuk Ibu menyusui, jangan lupa rajin pumping supaya produksi ASI terjaga

Contekan busui

Jadwal Pumping Minimal:
01.00 : Mompa 1 *mata merem melek, kadang bablasss...
04.00 : Mompa 2
07.30 - 08.00 : Mompa 3
10.15 - 10.30 : Mompa 4
13.30 - 14.00 : Mompa 5
15.45 - 16.00 : Mompa 6
18.00 - 18.30 : Mompa 7
22.00 - 22.30 : Mompa 8

KEGIATAN PRAJAB
  • Disco (Diskusi Kelompok): Selain ceramah umum, dengerin widyaiswara dan pastinya tiada hari tanpa ajeb-ajeb (baca: disco)
  • Tugas Baca (Resume, harus tetap di kelas walaupun nggak ada widyaiswaranya)
  • Piket: Dalam sehari, ada 5 petugas piket dan semua peserta pasti akan kebagian. Fungsinya untuk menjaga operasional kelas misalnya beresin tempat makan, siapin peralatan belajar mengajar, petugas apel, mencatat partisipasi kelas
  • Sidak Kamar: Pastiin kamar selalu bersih, tidak ada barang-barang yang tidak seharusnya di tempat tidur, tidak ada setrika.
  • Apel: Apel pagi dan malam. Ada petugas untuk jadi pemimpin, derigen, panca prasetya korpi, pembina
  • Malam Keakraban: Setelah ujian selesai, malam terakhir akan ada performance dari tiap angkatan untuk malam keakraban ini.
UJIAN
- Tertulis, 11 materi yang diujikan: 33 PG, 33 Benar-Salah, 11 Essay
- Baris-berbaris dan Poco-Poco

TEMPAT JAJAN, ATM
Untuk minimarket dan ATM paling deket ada Alfamidi, tapi harus jalan kedepan lagi. Kalau lagi istirahat biasanya pada jajan bakso di depan kompleks.

Happy prajab :)

No comments