ASIP habis, terbitlah Power Pumping: Teknik Power Pumping yang Benar

Setelah 6 bulan, ludeslah stok ASIP di freezer. Ditengah kekosongan stok, saya harus diklat prajab dan matrikulasi calon auditor sekitar 1,5 bulan. Ketika ASIP yang saya perah saat diklat, tidak mencukupi dan harus dicampur dengan sufor, ternyata Dede alergi dengan sufor sampai harus diuap karena banyak lendir di pernafasannya. Saya mau berjuang supaya Dede bisa full ASIX lagi. Insya Allah mudah-mudahan cukup beberapa kaleng saja Dede rasakan sufor. Nggak apa-apa deh saya mesti kurangin waktu tidur di diklat untuk pumping *sambil gigit jari liat temen sekamar dah pules. Nggak apa-apa saya skip nggak usah coffe break karena mau mojok pumping dulu *keluar coffe break paling cepet sambil nyomot pisang goreng yang paling gede. Hamasah, Uwi!!
Meningkatkan cara produksi ASI merupakan salah satu hal yang paling banyak diperhatikan untuk ibu menyusui, mulai dari nyari makanan apa yang bisa ningkatin ASI, booster ASI apa yang paling manjur, breastpump apa yang paling efektif. Tapi tidak ada resep khusus bagaimana ningkatin produksi ASIP. Banyak sebab kenapa ASI menurun jadi teknik ningkatin ASI antar satu mama beda dengan mama yang lain tergantung dari manajemen ASIPnya, si dot yang jahat, psikologis ibu yang mempengaruhi hormon dan lain-lain.
Pernah baca bahwa salah satu cara untuk meningkatkan ASI adalah teknik power of pumping. Tanya sama mbah google tapi kok beda-beda ya tekniknya. Jadi bingung mana yang bener. Setelah menyelusuri facebook Asosiasi Ibu Menyusui ternyata yang benar itu seperti disini. Teknik ini dikembangkan oleh Catherine Watson (saudara Catherine Wilson kali yak :p) sebagai salah satu strategi alternatif untuk mama ditengah-tengah kesibukannya. Tipsnya:
  • Letakkan breastpump di tempat yang nyaman, yang sering kita lewati (biar inget mulu kali ya). Ngelangkah ke kanan ngelihat si Avent, ngelangkah ke kiri lihat si Forte, ngelangkah lagi liat Medela *wuihh kolektor buu..
  • Pompa selama 5 hingga 10 menit, berhenti kalau sudah merasa sebel. Pompa setiap 45 menit sekali. Memompa lebih sering dari ini kemungkinan tidak dapat membantu.
  • Tidak perlu memasukkan kedalam kulkas setiap kali mompa. Dapat memompa di botol yang sama dan menggunakan pompa yang sama selama empat hingga enam jam, tergantung temperatur rumah. ASIP dapat disatukan baru dimasukkan ke dalam kulkas, cuci breastpump dan mulai lagi tiap 45 menit dan bisa dicuci kembali hingga 4-6 jam kedepan.
  • Pumping paling sedikit 10 kali tiap hari
  • Jangan bangun khusus untuk pompa, tapi jika bayi bangun, coba pompa sisanya sebelum tidur *maksudnya biar cukup istirahat kali yak
Happy Pumping :)

18 comments

  1. Selalu terharu kalo liat perjuangan ibu buat ngasih ASI untuk anaknya.

    Semangat ya mba, salam kenal :)

    ReplyDelete
  2. iya, salut deh sama Uwi.., gw juga pernah hampir nyerah waktu nyusuin si bontot dulu karena kondisi kerjaan yang sering keluar kota :( untung ada banyak dukungan dari sekitar dan kemauan yg kuat utk terus nyusuin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak Zata, iya butuh banget dukungan sekitar untuk mensukseskan perASIan hehe

      Delete
  3. "Berhenti kalau sudah merasa sebel" .... hahahaha... bahagia banget bacanya. Makasih tips nya mba. Jadi semangat lagi nih balikin produksi aku ... tengkyuuuuuuuuuuu banget !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2, mba. Ayo semangat ASI sekuat kita!! ^.^

      Delete
  4. Salam kenal Mbak... Gak sabar pgn nyobain dan mau pasang kuping tebal buat yg ngedown in...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa...yang tau kondisi kan kita yang jelas kita berjuang yg terbaik semampu kita ya mbak

      Delete
    2. Iyaaa...yang tau kondisi kan kita yang jelas kita berjuang yg terbaik semampu kita ya mbak

      Delete
  5. ariestya maytasariAugust 4, 2015 at 9:48 PM

    Semangat mb uwi,,,
    Hehehehe ni saya jg lg semangat ningkatin produksi asi lg,,,,stock hbs :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya... Semangat berjuang demi anak :)

      Delete
  6. Jadi semangat setelah baca ini,tadinya udah sempat mau nyerah karena asip yang sangat sedikit :D

    ReplyDelete
  7. Mau Tanya. Asip yang diperas TDK perlu dipindahkan ke botol dulu ya? Diganbung saja asi yang 45mnt lalu dengan yang akan dipompa?

    ReplyDelete
  8. Mau Tanya. Asip yang diperas TDK perlu dipindahkan ke botol dulu ya? Diganbung saja asi yang 45mnt lalu dengan yang akan dipompa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya bisa disatukan selama 24 jam. Tapi dengan kondisi suhu yang sama mba.untuk lebih jelasnya, mungkin bisa tanya fb aimi ^.^

      Delete
  9. Mbak mau tanya pake cara ini berhasil bgt ya mbak?soalnya aku baca ada tips lain yg perah 20 menit istirhat 10 menit,perah lagi 10 menit istirahat 10menit n perah lg 10menit..dilakuik 1x sehari..
    Jd bingung mau pake yg mana..
    Aku sebenernya IRT cuma produksi yg kiri menurun bgt sampe bayiku rewel nyusu di kiri..
    Kira2 gmn ya mbak?

    ReplyDelete
  10. Semoga semangat saya muncul kembali... dan harus semangat ibu2 yg lain bisa saya jg pasti bisa instaAllah.. anak saya usia hampir 6 bulan .... kekhawatiran datang ketika melihat stok ASIP di frezer tinggal 7,botol dan itupun tdk penuh semua.... kegiatan tempat kerja yg pulang sore semakin membuat saya galau.. dng produksi ASI yg sdh sangat berkurang...., saya hampir putus asa.... tp keinginan utk memberikan ASI ke anak masih ada... berbagai cara dicoba baca artikel ttng POMPING, membenahi pola makan dan minum, bersikap rilek dan tenang, minum suplemen penambah ASI, minum jamu semua saya joba... dan berusaha mensyukuri seberapa ml hasil POMPING....

    ReplyDelete