SUN Indonesia: One Stop Shopping Digital Printing

Selfie..
Satu kata yang sedang booming saat ini, kata terpopuler di tahun 2013 menurut Oxford Dictionaries. Beberapa pihak pun turut merasakan fenomena ini misalnya fitur handphone yang dicari adalah yang memiliki kamera depan yang bagus dengan alasannya biar bisa cantik saat selfie; instagram, path menjadi media sosial yang makin menanjak statistiknya karena dengan lebih leluasa menampilkan gambar-gambar terlebih gambar selfie.
Kalau dulu, setiap jepretan kamera akan terekam di pita film, sekarang semakin majunya teknologi maka lebih sering tersimpan di file digital atau disetor ke media sosial. Tapi, tentu dari sekian banyak yang kita simpan saja di file digital, ada yang mau kita cetak. Karena tentu sensasinya berbeda antara yang disimpan saja atau dicetak. Atau kita mencetak foto, karena khawatir file digital bisa rusak karena terkena virus sehingga hilang. Biasanya kalau kita mau cetak foto, kita akan datangi tempat cuci cetak foto, sekarang kita bisa melakukannya sendiri di rumah dengan kertas foto khusus.

Tapi buat yang tidak mau repot mencetak, selain ke tempat cuci cetak foto, kita juga bisa ke tempat cuci cetak film atau kalau mau menghias foto-foto kita lebih kreatif lagi, kita bisa ke percetakan. Daerah domisili saya di Depok, tempat percetakan itu ada di sepanjang jalan Margonda yang menunjukkan kalau usaha outdoor itu sedang berkembang. Kenapa berkembang? Karena saat ini dunia kreatifitas sedang naik daun. Coba lihat saja undangan pernikahan, makin variatif kan. Di blog-blog banyak diberikan freebies gratisan dengan desain lucu-lucu dan beragam bentuk. Kalau untuk saya pribadi, nanti di ulang tahun anak saya yang pertama, saya juga mau mendesain ulang tahun kecil-kecilan di rumah dengan desain-desain unik yang dapat saya copy gratisan dari internet.

Meski industri elektronik tumbuh cepat, namun industri percetakan tetap dilirik. Sejarah percetakan Indonesia pada dekade 70an sebanyak 1700 perusahaan percetakan hingga sekarang usaha percetakan menjadi one stop shopping service yang makin berkembang karena tidak hanya dilengkapi dengan peralatan untuk urusan pre-press, tetapi juga post press (finishing seperti cutting, binding folding dan lain-lain). Dikutip di web online investor bahwa "nilai ekspor produk percetakan Indonesia diperkirakan bisa mencapai US$ 270 juta (Rp 3,08 triliun) pada tahun 2014, naik 17,9% dibanding tahun lalu yang sekitar US$ 229 juta. Kenaikan itu seiring masih tingginya permintaan produk tersebut di pasar dunia".

Jadi, peluang bisnis percetakan di Indonesia masih sangat potensial. Untuk menggaet pasar dan memenangkan persaingan, maka industri percetakan perlu memperhatikan kualitas terhadap hasil cetakannya. SUN Indonesia dapat menjawab kebutuhan kita saat ini. Perusahaan yang berdiri sejak tahun 2003 di Surabaya ini bergerak di bidang modifikasi (CISS), Ink, Paper & Digital Printing Tools. SUN Indonesia ibarat pasar one stop shopping, segala kebutuhan tentang percetakan bisa didapatkan disini



Untuk yang mau berwirausaha, SUN Indonesia juga menjual mesin yang beragam untuk berbagai keperluan usaha, yakni:
  • Paket Press Mug Digital Deluxe, mesin untuk membuat usaha print Mug Kualitas Studio Photo
  • Paket Press T-Shirt Deluxe, mesin untuk membuat usaha Print Kaos Kualitas Photo
  • Paket Press Big Swing Deluxe
  • Paket Upgrade Combo 5 in 1 Deluxe
  • Paket Press Pin Deluxe
  • Paket Upgrade Combo 8 in 1 Deluxe
  • Paket ID Card, mesin untuk pembuatan ID Card
  • Paket ID Card Deluxe, pembuatan ID Card, Mudah ( tanpa laminating & Alat Plong ID Card ), tahan air, tahan gores hanya dalam 1,5 menit
  • Paket Offset Small
Berbagai macam merk tersedia disini, mulai dari Canon, Epson dan HP. Untuk para produsen, SUN Indonesia juga menjual mesin laminasi, cutter & puncher, ID Card Tray, Emboss, jilid buku dan lainnya. Dengan mottonya sebagai brand you can trust, produk SUN Indonesia didukung beberapa perusahaan terbaik di China, Korea, Jerman & Jepang menjadikan SUN salah satu perusahaan dengan merk & produk terbaik di Indonesia. Untuk tinta, SUN menggunakan material terbaik dari Jerman dan diproduksi di salah satu pabrik tinta terbesar di Korea. Untuk Kertas Photo, SUN menggunakan produk terbaik dari pabrik di China & Jepang. Sedangkan Untuk Modifikasi & Mesin, SUN menggunakan produk dari China.

Sebagai one stop shopping dalam digital printing, maka SUN Indonesia juga menyediakan produk-produk berkualitas, misalnya:

Produk tinta SUN memiliki kualitas diatas tinta original. Tinta SUN adalah tinta after market yang dibuat khusus dengan formula khusus bahan dan teknologi korea yang dikenal sebagai negara paling kaya warna di dunia. 

Tinta SUN memiliki spesifikasi kualitas diatas tinta original untuk mendapatkan hasil cetak dengan kecerahan warna terbaik serta tahan lama, dengan harga ekonomis yang membuat printer anda tetap awet. Kualitas tinta kami terbukti lebih baik dan diatas tinta original saat demo produk SUN Indonesia pada acara grand final Entrepreneur Idea Competition yang diliput oleh Koran Nasional Jawa Pos, dan dimuat pada koran Jawa Pos edisi Kamis, 22 Juni 2014 hal. 9

Ini nih kelebihan tinta refill SUN PREMIUM INK PLUS, salah satu produk tinta dari SUN yakni:
  • Hasil Cetak Tahan Hingga 20 Tahun 
  • Tahan air dan sinar UV
  • Menghasilkan Warna hitam yang solid dan warna cerah yang indah dan tajam
  • Kualitas warna yang dihasilkan seindah warna aslinya, fotografer recommended
  • 100% ASLI Tinta jd tidak merusak printer 
  • Merupakan Pengembangan Teknologi terbaru dari Korea 
  • Hasil cetak cepat kering dan tahan lama/awet

Berbagai jenis produk Photo paper Sun Indonesia
Kelebihan dari SUN Colourlife Photo Glossy Paper A4:
  • Tahan air & tinta cepat kering saat di print 
  • Finishing Hasil fotografi 1440 to 5760 dpi. Tajam dan halus
  • Hasil Warna terang dan cerah sesuai warna aslinya, cocok utk reproduksi hasil fotografi
  • Resin coated & micro porous coating ( lapisan kertas yang sempurna bikin tinta printer lebih hemat saat ngeprint)
  • Warna kertas Ultra putih & Ultra mengkilap utk menghasilkan ketajaman gambar terbaik.
  • Pearl Colour & extra UV protection ( hasil printing jadi awet, tahan lama , tidak mudah pudar terkena sinar UV)
  • Bisa digunakan utk Tinta Dye maupun Pigment 
  • Cocok utk segala jenis printer
  • Ukuran A4 ( 210 x 297 mm ) 
  • Isi 20 Sheet

Produk lainnya yakni Premium Gloss Photo Paper, kelebihannya adalah: 
  • Tersedia one side coated maupun double side Coated 
  • Tahan air, tinta cepat kering
  • Photographic Finish For Printing From 1440 to 5760 dpi
  • Ketajaman dan kecerahan warna bagus
  • Cocok untuk reproduksi foto
  • Ultra White & Ultra Gloss Paper For Clear Image
  • Support Dye Ink
  • Cocok utk segala jenis printer
  • A4( 210 x 297 mm ) 
  • 20 Sheet

Untuk meningkatkan pelayanan, servis dan pengenalan produk, maka pada tahun 2005 dibuka SUN Centre Surabaya, karena SUN Indonesia benar-benar menyadari arti penting dari pelayanan. Karena saat ini mungkin produk dapat ditiru tapi yang membedakan adalah pelayanan. Untuk mendekatkan dengan konsumen, maka SUN Indonesia juga mengadakan even-even yang inspiratif supaya semakin dekat di hati.

Facebook Sun Indonesia
Facebook merupakan salah satu sarana yang efektif dalam memperkenalkan suatu produk, di media sosial ini pula memudahkan SUN Indonesia berinteraksi dengan para pelanggannya, termasuk dalam memberikan tips-tips dan kreasi: 
Creative bersama SUN

Cara ikutannya dengan mengupload foto Valentine Contest di FB dan pemenangnya mendapatkan 1 Buah Printer Epson L110 + 1 Set Tinta SUN Premium Plus + 3 Pack Kertas Photo dan 20 pasang kaos couple

Untuk mendukung jiwa wirusaha, SUN Indonesia membuat event yang ditujukan untuk generasi entrepreneur yang Totally Fun Creative. Disini kita diminta buat ide bisnis yang inovatif dengan mempergunakan berbagai kombinasi peralatan/mesin dan bahan yang dijual oleh SUN Indonesia. Waktunya mulai 15 Maret 2014 hingga 30 April 2014. Hadiah total senilai 17 juta Rupiah, plakat dan sertifikat.

Sun Indonesia tidak mau ketinggalan yang lagi hit dong, di even ini Sun Indonesia mengadakan kontes selfie bersama Sun Papercraft model yang terdapat gratis didalam semua kemasan photo paper berstiker khusus. Periode lomba dari April 2014 dan hingga sekarang masih berlangsung lho hingga November 2014.
Total hadiahnya 8 tablet Lenovo, 40 power bank dan 200 t-shirt keren yang akan diundi tiap bulan. Langsung pesan kertasnya sekarang di toko yang menjual produk Sun Indonesia atau jika kesulitan mencari bisa kontak CS online di web dan untuk pembelian online 3 pax, gratis ongkir ke kota-kota di Indonesia. Masih ada kesempatan di bulan Juni ini untuk memenangkan 26 hadiah besar.

Nah, yang satu ini yang lagi happening banget nih. Lomba buat para blogger tentang penulisan artikel mengenai SUN INDONESIA beserta inovasinya, baik keunggulan produk-produk, maupun event-eventnya. Hadiahnya 1 Unit Notebook Vaio, 1 Tabungan Pendidikan Rp. 2.500.000 dan 1 Tabungan Pendidikan Rp. 1.500.000. 
 


Sukses terus untuk SUN Indonesia sebagai one stop shopping digital printing, penyedia mesin dan alat-alat percetakan ^.^

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba SUN INDONESIA Blog Writing Competition

1 comment

  1. saya juga ikutan kontes blog ini..
    salam kenal ^^

    ReplyDelete