Cerita Sang Air: Pureit Marvella sebagai Solusi Mudah Membuatku Layak Minum

Main tebak-tebakan dulu yuukk..
Tebak siapakah aku?
Aku dapat menyesuaikan diri sesuai aku ditempatkan
Aku sering dipakai menjadi falsafah hidup seseorang yakni dengan hidup mengalir sepertiku
Orang-orang sangat membutuhkan kehadiranku
Aku dirindukan saat bulan Ramadan slurrrph
Ayoo.. pasti semua kenal kan sama aku? *sok terkenal

Yup, akulah sang air. Saat ini, kebanyakan orang ketika mengingatku mungkin pikiran tertuju kepada bentukku saat tidak terbendung yakni banjir :'(, padahal aku baik hati lho jika dikelola dengan baik. Kalian masih ingat kan  ketika kalian masih kecil, pasti senang kalau aku datang karena dapat mandi hujan. Kehadiranku juga berguna untuk memadamkan dikala api menjalar, keperluan irigasi  dan dalam keseharian kalian. Pasti aku selalu menemani kegiatan kalian, baik mencuci, mandi, berwudhu dan pastinya untuk kalian minum. Nah dalam artikel blog kali ini aku mau bercerita lebih dalam lagi mengenai diriku sebagai air minum dan kriteria apa saja yang sebaiknya ada padaku sehingga layak dikonsumsi bagi kalian.

Aku terdiri dari dua atom hidrogen yang terikat secara kovalen pada satu atom oksigen, rumus kimiaku adalah H2O (hayo, siapa yang masih ingat pelajaran kimia). Menurut studi US Geological Survey (USGS), aku berjumlah 326 juta mil kubik (1.332 miliar kilometer kubik) dan menutupi hampir 71% permukaan bumi. Sebagian besar aku berada di laut dan di lapisan es di kutub dan puncak gunung. Aku juga dapat hadir sebagai awan, hujan, sungai, danau, mata air, laut dan juga dapat hadir di hatimu *eh :P. Karena sebagian besar aku menjelma menjadi laut (97%), maka rasaku asin dan tidak cocok untuk diminum.

David Gallo seorang oceanographer di Woods Hole Oceanographic Instituion (WHOI) di Massachusetts menjelaskan bagaimana bentukku sebagai air tawar menyebar di bumi. Bahwa 70% air tawar terkunci dalam es, kurang dari 1% air tawar dunia bisa digunakan. Ada 6 negara (Brazil, Rusia, Canada, Columbia, China, dan Indonesia termasuk lho) yang memiliki 50% cadangan air tawar dunia [1].


Nah, kalau Indonesia termasuk negara yang memiliki 50% cadangan air tawar dunia, jadi tidak usah khawatir dong ya tentang ketersediaanku untuk minum? Eits, jangan bangga dulu karena aku mengintip di Jurnal Kajian Lemhanas RI di bulan Mei 2013 bahwa dilaporkan pada laporan pencapaian Tujuan Pembangungan Milenium Indonesia pada tahun 2010, tingkat pemenuhan air bersih yang berkualitas bagi penduduk, baru mencapai 47,71% (tahun 2009) dan ditargetkan pada tahun depan (2015) harus mencapai 68,87% [2]*Ayo Indonesia kamu pasti bisa!!!! Masih rendahnya faktor yang mempengaruhi ketersediaanku sebagai air layak minum di Indonesia disebabkan cepatnya laju pertumbuhan penduduk, berkurangnya daerah resapan air, semakin tercemarnya sumber air, pemanasan global dan kondisi geografis Indonesia sebagai Negara kepulauan dan tidak meratanya konsentrasi penduduk yang terpusat di  pulau Jawa.
 
DAUR HIDROLOGIKU 
Gambar diambil dari sini
Aku dalam bentuk lautan menjadi sumber yang tidak pernah habis. Setelah aku diuapkan kemudian diembunkan dan dicairkan menjadi hujan yang ditampung di tanah dan sebagian dialirkan kembali ke laut melalui sungai-sungai. Sebenarnya alam sudah memiliki mekanisme sendiri sehingga bumi tidak akan kekuranganku, namun apabila tidak dikelola dengan baik maka pada tahun 2070, lebih dari 44 juta penduduk di seluruh dunia akan kekuranganku [2]. 


Tubuh manusia dewasa 60% terdiri dariku. Komposisinya menjadi dua zona yang berbeda yakni dalam sel dan di luar sel. Jumlahku yang terkandung dalam tubuh manusia tergantung pada usia. Pada bayi, seperti anak pemilik blog ini maka kandunganku (75%) lebih tinggi dibanding ibunya. Persentaseku berkurang pada orang tua sampai 50%. Komposisiku juga bervariasi tergantung komposisi tubuh. Semua organ vital kalian pasti membutuhkanku. Otak (73%), paru-paru (83%), jantung (73%), hati (71%) dan ginjal (79%) [3].


Jadi, jangan sepelekan aku ya karena peranku begitu penting untuk tubuh kalian yakni sebagai [4]:
  • Pembentuk sel dan cairan tubuh: Aku adalah komponen utama sel yakni sebesar 70-85%. Sedangkan dalam sel lemak, kurang dari 10%. Aku berperan besar dalam darah (mengandung 83%), cairan lambung, hormon, enzim, otot, dan juga berguna dalam menjaga tonus otot sehingga otot mampu berkontraksi.
  • Pengatur suhu tubuh: Aku dapat menghasilkan panas, menyerap dan menghantarkan panas ke seluruh tubuh sehingga tubuh tetap stabil. Selain itu, juga membantu mendinginkan tubuh melalui penguapan dari paru dan permukaan kulit dengan membawa kelebihan panas keluar tubuh.
  • Pelarut zat-zat gizi lain dan pembantu proses pencernaan makanan: Mulai dari membantu produksi air liur saat makanan di mulut, melarutkan makanan dan membantu melumasi makanan agar masuk ke kerongkongan.
  • Pelumas dan bantalan: Aku berfungsi sebagai pelumas atau lubrikan dalam bentuk cairan sendi sehingga sendi dapat bergerak dengan baik dan meredam gesekan antar sendi. Selain itu, air menjadi bantalan tahan getar (shock absorbing fluid cushion) pada jaringan tubuh, seperti otak, medulla spinalis, mata dan kantong amnion dalam rahim.
  • Media transportasi: Membantu pertumbuhan dan regenerasi sel secara efektif (carrier) dan menjadi media berbagai zat dengan sifat dan kutub ion yang berbeda. Selain itu, membantu transportasi oksigen dalam tubuh dan sebagai media transportasi bagi gas karbondioksida saat mengeluarkan napas.
  • Media eliminasi sisa metabolisme. Denganku, sisa-sisa metabolisme dalam tubuh dikeluarkan melalui saluran kemih, saluran cerna, saluran napas dan kulit.  

Dikutip dari wolipop detik, menurut Profesor Hiromi Shinya MD, pakar enzim yang juga guru besar kedokteran di Albert Einstein College of Medicine AS, jika kalian kurang mengkonsumiku maka dapat berakibat pada [5]:
  • Dehidrasi sehingga menyebabkan cairan di otak akan menurun, asupan oksigen yang harusnya mengalir ke otak pun berkurang. Akibatnya, sel-sel otak menjadi tidak aktif dan berkembang, bahkan bisa menciut.
  • Komposisi otak terdiri atas cairan, dan ketika otak tidak mendapatkan asupan air yang cukup akan terjadi gangguan fungsi kognitif (kepandaian) di otak. Otak tidak bisa menjalankan fungsi normalnya lagi, terutama fungsi kognitif yaang akhirnya membuat seseorang menjadi lemot, gampang lupa, dan tidak konsentrasi.
  • Dehidrasi yang dialami tubuh bisa menyebabkan gejala mulai dari yang ringan dan sedang seperti lelah, haus, tenggorokan kering, badan panas, sakit kepala, air seni pekat, denyut nadi cepat, hingga gejala berat seperti halusinasi dan kematia
  • Rentan terkena infeksi kandung kemih karena bakteri tidak bisa keluar akibat kurang minum. Gejala infeksi kandung kemih ini bisa berupa suhu badan yang sedikit meningkat, rasa nyeri terutama saat akhir buang air kecil, perasaan ingin buang air kecil yang tidak dapat ditahan, nyeri tekan di atas tulang kemaluan. Kadang kala terdapat darah dalam urine.
  • Perempuan harus lebih banyak mengonsumsiku karena panjang saluran kemihnya lebih pendek dibanding laki-laki. Banyak mengkonsumsiku akan membantu bakteri keluar dari saluran kemih dan mengurangi risiko infeksi kandung kemih.
  • Kulit jadi kusam karena kurang mengkonsumsiku membuat aliran darah kapiler di kulit juga tidak maksimal.
  • Kurang minum air putih bisa mengganggu fungsi ginjal karenanya aku penting untuk mencegah batu ginjal. Dengan cukup mengkonsumsiku maka komponen pembentuk batu ginjal menjadi lebih mudah luruh bersama buang air kecil.

Terlebih lagi saat bulan Ramadan ini, jangan sampai malas meminumku. Menurut Dr. Hardin, Guru Besar Departemen Gizi Fakultas Ekologi Manusia di IPB [6] aku penting dikonsumsi saat sahur untuk menghindari lemas
Kalau nggak sempat sahur asal minum dua gelas air masih bisa bertahan. Sebaliknya kalau orang makan tapi nggak minum pas sahur pasti lemas. Dia nggak lapar tapi lemas. Air penting untuk melakukan proses pencernaan dan fungsi tubuh
Ditambah lagi pemilik blog ini juga masih menyusui, dan karena ASI tersusun dari 90% dariku, maka jika tidak tercukupi maka volume ASI untuk sang buah hati akan menyusut. 
PENYAKIT YANG DISEBABKAN KARENAKU:
Ketika kalian tidak mengelolaku dengan baik, dan sebenarnya masih belum layak dikonsumsi karena tercemar atau kualitasku buruk, maka aku juga dapat menimbulkan penyakit. Penularanku dapat terjadi melalui air minum [7]:
  • Disentri: Penyebabnya adalah beberapa jenis bakteri dysentery baccilus. Gejala penyakitnya antara lain: bakteri masuk melalui mulut akan tumbuh dalam perut besar, dan berubah secara lokal ke kondisi sakit misalnya timbulnya bisul pada selapur lendir.
  • Tifus: Penyebabnya adalah jenis bacillus typhud dan parathypus. Bakteri penyakit tersebut masuk melalui mulut dan menyerang stuktur getah bening, kemudian masuk ke aliran darah dan terbawa ke organ internal. Pada penderita yang serius sering timbul gejala pendarahan usus.
  • Kolera: Penyebabnya bakteri patogen jenis vibrio cholerae. Bakteri ini masuk melalui mulut dan berkembang di dalam usus halus. Pada kasus yang serius kemungkinan dapat menyebabkan penderita menjadi koma.
  • Hepatitis A: Penyebabnya virus hepatitis A. Infeksi umumnya terjadi melalui mulut. Gejala spesifik antara lain terjadinya pembengkakan liver dan timbul gejala sakit kuning.
  • Polio: Penyebabnya adalah virus polio. Virus ini masuk melalui mulut dan menginfeksi seluruh struktur tubuh, kemudian menjalar melalui simpul saraf lokal, dan selanjutnya menyerang sistem saraf pusat, yang dapat menyebabkan kelumpuhan. 
  • Diare: Bakteri patogen yang menyebabkan penyakit ini berasal dari tinja, dan masuk ke tubuh manusia lewat mulut melalui makanan dan minuman atau melalui kontak orang ke orang. Penyakit ini erat kaitannya dengan kebersihan yang diakibatkan oleh kondisi lingkungan yang kotor dan tidak sehat atau cuci tangan yang kurang bersih.

Hiiihh, bahaya kan kalau mengkonsumsiku dengan kualitas yang tidak layak minum.

 
Penyebab aku tidak layak minum ketika kandungan zat atau senyawa kimia melebihi ambang batas konsentrasi yang diijinkan. Penyebabnya dapat timbul secara alami atau karena kegiatan manusia. Beberapa contoh racun yang terdapat dalam zat kimia ketika aku diminum [7]:
  • Nitrat: contoh sumber pencemaran nitrat terhadapku yakni akibat limbah pertanian yang banyak mengandung senyawa nitrat. Apabila aku diminum dan terdapat nitrat dalam jumlah besar maka darah menjadi kekurangan oksigen dan berpengaruh fatal terhadap bayi.
  • Flourida: Senyawa kimia yang ada padaku pada berbagai konsentrasi. Bermanfaat bagi gigi, namun apabila dalam jumlah besar maka menyebabkan kerusakan pada gigi dan tulang.
  • Air Raksa (Merkuri): Biasanya secara alami ada dalam diriku, namun bila berlebihan maka akan menjadi racun. Penyebabnya adalah pencemaran industri.
  • Kadmium: Terdapat pada wilayah pH yang sedikit asam. Kandungan Kadmium yang berlebihan dapat menimbulkan gejala yang mirip dengan gejala keracunan merkuri.
  • Selenium: Jika diberikan secara terus-menerus, maka terjadi akumulasi sodium pada hati, ginjal, paru-paru dan limfa.
  • Trihalomethan: potensial menyebabkan kanker

Aku yang seharusnya dapat diminum jadi berbahaya karena adanya kontaminasi. Dapat terjadi karena akibat industri, limbah, dan lainnya. Kontaminasi berlangsung dari mulai sumbernya, pengolahan dan pendistribusian [7]:
  • Kontaminasi dari Sumber Bahan Baku: Umumnya orang Indonesia minum berasal dari air tanah dan air PAM yang berasal dari air sungai atau air tanah. Air tanah merupakan yang paling banyak digunakan karena murah dan kualitasnya baik. Namun, seiring sempitnya lahan misalnya dekat daerah pembuangan limbah maka kemungkinan terjadinya pencemaran air tanah. Kondisi air tanah di Indonesia berbeda-beda kualitasnya, ada juga yang kurang baik kualitasnya. Air PAM yang menggunakan larutan kimia korin untuk membunuh bakteri juga dapat menyebabkan penyakit kanker dan ginjal.
  • Kontaminasi Selama Proses Pengolahan: semakin buruk kualitas bahan baku, maka untuk mengurangi rasa dan bauku yang tidak enak maka makin banyak bahan kimia yang dipakai
  • Kontaminasi Pada Sistem Distribusi: dapat terjadi setelah proses pengolahan, yakni selama mengalir dari tempat pengolahan ke konsumen. Misalnya dapat terjadinya karat pada pipa yang digunakan, atau bakteri dan virus masuk lewat pipa yang bocor.

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI No 492/ MENKES/ PER/ IV/ 201, yang dimaksud air minum adalah air yang melalui proses pengolahan atau tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum. Aku layak diminum dan aman bagi kesehatan apabila memenuhi persyaratan fisik, mikrobiologis, kimiawi, dan radioaktif. Pemerintah daerah dapat menetapkan parameter tambahan sesuai dengan kondisi kualitas lingkungan daerah masing-masing.
  • Parameter Fisik: tidak berbau, tidak berwarna/jernih dan rasa alami 
  • Parameter Mikrobiologi: tidak mengandung kuman berbahaya seperti bakteri E. Coli dan bakteri Koliform 
  • Tidak mengandung bahan radioaktif 
  • Parameter Kimiawi:
  1. TDS < 500. Total dissolved solid atau total padatan terlarut (kandungan mineral yang terlarut di dalam aira) lebih kecil dari 500. Tubuh kita memerlukan mineral yang berguna bagi tubuh. Namun mineral tersebut tidak boleh melebihi batas yang diatur oleh pemerintah. 
  2. pH 6,5-8,5 karena kadar keasaman air yang baik adalah antara 6,5 sampai 8,5. 
  3. Bebas zat kimia beracun 
  4. Tidak mengandung logam berat 
  5. Tidak mengandung pestisida

World Health Organization dalam jurnalnya berjudul "Waterborne Disease at the Household Level" [8] memberikan beberapa solusi untuk mendapatkan air layak minum bagi rumah tangga, yakni:
  • Manajemen Air Rumah Tangga
Simple technique for treating water at home and storing it in safe containers could save a huge number of lives each year -WHO and UNICEF 2005-

Gambar diambil dari sini
Kekurangan air layak minum bersamaan dengan kurangnya sanitasi dan kebersihan menyebabkan 1,8 juta kematian tiap tahun yang disebabkan karena penyakit diare. Tempat  penyimpananku juga ternyata berpengaruh terhadap kualitasku. Umumnya setelah memasakku, kalian menempatkan aku  di botol plastik bekas air mineral kan? *hayo ngaku padahal itu buruk untuk kesehatan. Botol plastik bekas mineral tidak untuk diisi ulang berkali-kali, ada batasannya. Yang harus dilakukan yakni peduli dengan simbol-simbol yang ada di botol plastik dan mematuhi aturan yang ada. Ketika memasakku, kalian juga harus memperhatikan wadah yang dijadikan untuk memasak.
  • Jaringan: Kolaborasi dan kemitraan diperlukan untuk terciptanya lingkungan yang bersinergi terhadap kualitasku sehingga dapat mengurangi penyakit yang disebabkan karena kualitasku yang tidak layak minum. Menurutku dengan semakin banyaknya media sosial yang ada akan lebih cepat informasi yang sampai ke publik, masih ingat kan youtubenya shinta jojo atau pathnya dinda ibu hamil. Tada..dengan cepat langsung jadi terkenal seantero Indonesia. Komunitas blog dan wadah bernaungnya para blogger misalnya blog detik dapat menjadi media publikasi yang efektif dalam menyebarkan ide, saran, kritik dan informasi.
  • Kenali Lebih Dalam: Teknologi yang murah dapat menyelamatkan kehidupan saat ini. Ada 6 teknologi murah yang disebutkan dalam jurnal tersebut yakni menambahkan klorin cair atau tablet dalam air minum yang disimpan di kontainer yang tertutup, menggunakan solar disinfection (paparan cahaya matahari), memfilter, kombinasi disinfeksi sistem, memasak, dan penyimpanan.

Sesuai salah satu saran dari WHO diatas yakni teknologi yang murah untuk kehidupan yang lebih baik, PT. Unilever Indonesia Tbk yang telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 1933 sebagai penyedia produk konsumen dikenal mempunyai tanggung jawab yang tinggi terhadap masyarakat, tidak hanya program Corporate Social Responsibility yang dijalankan, brand-brandnya hadir untuk lebih meningkatkan kualitas hidup para konsumennya. Salah satu tanggung jawab Unilever terhadap kebutuhan air layak minum masyarakat yakni dengan menghadirkan Pureit.


Pureit adalah cara mudah, praktis dan dengan harga yang terjangkau untuk mendapatkan air minum yang terlindungi dari kuman berbahaya. Terdapat dua jenis Pureit yakni Pureit Classic dan Pureit Marvella. Pureit Marvella sebagai jenis keluaran terbaru dari Pureit adalah water purifier atau pemurni air berteknologi UV yang dapat mengubah air keran menjadi air minum, sangat cocok untuk konsumen bergaya hidup modern yang sangat mementingkan kepraktisan. 

Dengan harga sebesar 2,5 juta rupiah, keuntungan yang didapat yakni:
  • Terlindungi dari kuman berbahaya. Pureit Marvella sudah memenuhi kriteria ketat EPA (Environmental Protection Agency) Amerika Serikat dan juga sudah teruji di Scottish Parasite Diagnostic Laboratory Glasgow Inggris, London School of Hygiene and Tropical Medicine, dan Unilever Laboratory. Lebih dari itu, kinerjanya juga telah diuji oleh lembaga ilmu pengetahuan dan institusi kesehatan terkemuka di Asia, Eropa dan Amerika Serikat.

  • Nyaman. Pureit Marvella terhubung langsung ke pipa air dengan sistem autofill/ pengisian otomatis, sehingga sangat praktis tanpa harus melakukan pengisian ulang.

Pureit bekerja dengan teknologi canggih 4 tahap pemurnian air. “Teknologi Germkill” untuk menghasilkan air yang benar-benar aman terlindungi sepenuhnya dari bakteri dan virus. Seperti apa sih teknologi yang dapat melindungiku dari kuman?
  1. Filter Sedimen: Menghilangkan kotoran yang terlihat
  2. Filter Karbon Aktif: Menghilangkan parasit, pestisida, klorin, rasa dan bau
  3. Filter Sedimen Plus: Menghilangkan partikel karbon dan sisa kotoran  
  4. Sinar UV Intensitas tinggi: Menghilangkan kuman, parasit, dan bakteri berbahaya

Selain itu, Pureit  juga memiliki jaminan perlindungan:
  • Perlindungan 1 – Pureit Germkill Life Indicator:  memberitahukan beberapa hari sebelumnya kapan perlu mengganti 'Germkill Kit’  
  • Perlindungan 2 – Mekanisme Penghentian Otomatis: Jika ‘Germkill Kit’ tidak diganti pada waktunya, Pureit secara otomatis akan menghentikan aliranku sampai penggantian dilakukan. Mekanisme Penghentian Otomatis Pureit akan menghentikanku sehingga Mau akan meluap dari Germkill Life Indicator. Hal ini akan menjamin anggota keluarga akan selalu meminumku dengan kondisi aman.

Gambar disamping adalah penampakan dari Germkill Kit (Perangkat Pembunuh Kuman) yang tahan lama dan dapat diganti. Komponen 2,3,4 harus diganti secara bersamaan setelah memurnikan sekitar 1500 liter* air. Atau setara dengan 80 galon, dalam pemakaian normal tahan sekitar 6-8 bulan. Ketiga komponen ini tersedia dalam sebuah kemasan 'Germkill Kit'.

FITUR UNIK DARI PUREIT MARVELLA UV:

  • Advance Alert System: Memberi petunjuk 150 liter sebelum filter GKK habis (estimasi sekitar 15 hari untuk pemakaian 5 orang). Asumsi 2 liter/ orang/ hari.
  • Auto shut off: Menghentikan aliran air ketika lampu UV atau komponen penting lain dalam Pureit Marvella tidak berfungsi.
  • Kapasitas Penyimpanan 4 Liter: 4 liter air minum tersedia dan bisa dimanfaatkan bahkan di saat tidak ada listrik.
  • Perlindungan fluktuasi tegangan listrik Untuk mencegah kerusakan akibat perubahan tegangan yang tiba-tiba

Tapi repot nggak ya kira-kira masang alat water purifernya? Kalian tidak perlu ribet dengan pemasangan alatnya. Karena Pureit Marvella didukung oleh layanan purna jual secara gratis. Dipasang oleh teknisi Pureit yang berpengalaman tanpa dikenakan biaya pemasangan. Sebelum dipasang sumber air akan dicek untuk pengecekan dasar dan diberikan garansi 1 tahun yang dijamin oleh Unilever untuk kerusakan dari pabrik. Layanan tidak terhenti setelah pemasangan saja, tapi juga kalian tetap dapat berkonsultasi mengenai Pureit dengan menghubungi:

PERBANDINGAN PURE IT DENGAN CARA LAIN DALAM MEMURNIKANKU: 
Sebagai ibu rumah tangga, pemilik blog ini harus mencari cara yang paling efisien dalam melindungi keluarga baik kesehatan fisik maupun kesehatan keuangan keluarga. Mari kita lihat perbandingan setiap cara untuk mendapatkanku sebagai air yang layak dikonsumsi keluarga:
  
Memasak Air Minum
Dengan Pureit, kalian tidak perlu lagi menghabiskan waktu memasakku untuk mendapatkan air layak minum, sehingga kalian dapat menghemat gas yang semakin hari harganya mahal dan terkadang ketersediaannya sukar untuk didapatkan. Sehingga hemat gas, hemat uang dan jauh lebih praktis. Yang terpenting adalah mampu menghilangkan polutan dalam diriku seperti pestisida, karat besi dan sebagainya yang tidak dapat dihilangkan hanya dengan memasakku.

Membeli Air Galon Bermerk
Pemilik blog ini punya pengalaman tidak enak ketika memakai galon. Ketika sedang hamil dan pulang kerja ternyata air galon di rumah habis. Saat mau memasak air, ternyata gas pun habis. Ketika ingin membeli galon dekat rumah ternyata stok pun kosong.  Akhirnya pemilik blog ini harus menunggu suaminya pulang kerja untuk membeli galon yang baru.  Ia dan suami mencari-cari penjual galon lain yang letaknya agak jauh dari rumah. Setelah dapat air galon yang baru, ternyata tidak bisa diantar ke rumah, dengan kondisi hamil, membawa air galon di tengah-tengah pangkuan. Rasanya tidak nyaman sekali dan tidak praktis. Coba dulu ia pakai Pureit, tidak perlu kehabisan aku yang layak minum, tidak perlu repot memakai gas, tidak perlu repot menyediakan air, dan tidak khawatir keamanan dan kualitasku. Galon juga memakai dispenser yang besar wattnya sehingga tagihan listrik melonjak sejak memakai dispenser, sedangkan Pureit Marvella hanya memakai 23 watt saja, sehingga sangat ekonomis dan menghemat listrik dan juga pundi-pundi keuangan keluarga. 

Membeli Isi Ulang
Pemilik blog ini bercerita kalau dia agak khawatir dengan kualitas air isi ulang yang dijual di pinggir-pinggir jalan. Dia punya pengalaman ketika kakaknya pernah membeli air putih di pinggir jalan, setelah minum ternyata kepala berkunang-kunang dan mau pingsan. Orang-orang disekitarnya tidak ada yang membantu, mungkin kakaknya terlihat seperti orang mabuk karena sempoyongan. Dengan tenaga yang masih tersisa, kakaknya membeli susu untuk menetralisir racun dalam air yang dibeli tadi. Untunglah setelah minum susu, akhirnya kondisinya membaik. Jika membeli air isi ulang sembarangan, kemungkinan masih ada kekhawatiran bagaimana aku diproses disana yang tentu akan berpengaruh kepada kualitasku. Memang harganya jauh lebih murah daripada galon bermerk, tapi YLKI meneliti bahwa air minum isi ulang di Jakarta tidak higienis dan tidak memenuhi standar pengisian ulang [9] bahwa dalam sampelnya terdapat bakteri E. Coli dan pemilik depo tidak merawat galon airnya secara steril.
Nah, untuk para ibu-ibu mari merapat, lihat penghematan jika menggunakan Pureit. Penghematan per tahun jika memakai Pureit Marvella sebesar Rp 225.000,- sampai Rp 1.750.000,-. Uang sebesar itu, pasti sangat berharga buat pemilik blog ini dan juga para ibu yang lain.

Pureit Marvella memiliki filter GKK (Germ Kill Kit/ Perangkat Pembunuh Kuman) yang harus diganti setelah memurnikan 3000 liter air. Lama waktu penggantian tergantung banyaknya konsumsi air di rumah kalian.

Nah, sudah tidak ragu lagi kan keuntungan menggunakan Pureit. Seperti yang Om Farhan katakan: Pureit sebagai satu langkah mudah melindungiku dari kuman. Jangan remehkan kesehatan keluarga dengan memilih air minum yang terjamin baik dari sisi kualitas, ekonomis, dan kepraktisan. Untuk yang masih penasaran bagaimana Pure it menjadi solusi air minum untuk keluarga silakan kunjungi webnya atau hubungi Suara Konsumen Pure it . Semoga ceritaku dalam blog ini dapat bermanfaat dan informasi tentang syarat apa saja yang harus ada diriku supaya layak minum dapat memasyarakat dan Pure it sebagai solusinya.

Tetep semangat dalam menjaga kesehatan keluarga, jangan lupa meminumku minimal 2 liter perhari, makan makanan dengan gizi seimbang dan juga berolahraga.

Salam Cinta dariku,
Air

Tulisan ini diikutsertakan pada lomba blog Pureit dan Blog Detik dengan tema "Syarat Air Minum yang Layak dikonsumsi" periode 16 Juni - 16 Juli 2014.

Referensi:
[1] http://nasional.inilah.com/read/detail/1003092/tahukan-anda-seberapa-banyak-air-di-bumi#.U8U1NMLlplY
[2]  http://www.lemhannas.go.id/portal/images/stories/humas/jurnal/edisi15/jurnal%20edisi%2015_materi%206.pdf 
[3] https://id-id.facebook.com/notes/nestle-pure-life-indonesia/air-adalah-komposisi-utama-pada-tubuh-manusia/260018024046194 
[4] http://www.readersdigest.co.id/sehat/nutrisi/manfaat.air.bagi.tubuh/005/002/67 
[5] http://wolipop.detik.com/read/2012/12/27/175018/2128214/1135/1/ini-akibatnya-jika-anda-malas-minum-air-putih
[6]  http://wolipop.detik.com/read/2014/07/11/082043/2634050/1135/pola-makan-yang-harus-diperhatikan-ketika-sahur
[7] http://www.kelair.bppt.go.id/Publikasi/BukuKesmas/BAB1.pdf
[8] http://www.who.int/water_sanitation_health/publications/combating_diseasepart1lowres.pdf
[9] http://www.bbc.co.uk/indonesia/berita_indonesia/2013/02/130215_ylki_air_minum_ulang.shtm

8 comments

  1. hiii cakep bgt tulisannya enak dibaca :))

    ReplyDelete
  2. wah mantap artikelnya...ditunggu artiket selanjutnya

    ReplyDelete
  3. Subhanallah, ternyata manfaat air sangat luar biasa. Terlebih lagi Indonesia termasuk salah satu yang mempunyai cadangan air tawar dunia.
    Semakin cinta nih sama Indonesia.. :)

    ReplyDelete
  4. @Mas Uul: Makasih ya, iya semangat nulis ^.^
    @Mas Ari: Iya, Indonesia memang luar biasa kekayaan alamnya.

    Terima kasih sudah mampir ^.^

    ReplyDelete
  5. wew.... untung dirumah sudah pakai, tapi belum berani konsumsi langsung tanpa dimasak... maklum belum biasa

    ReplyDelete
  6. @Mas Tomi: Memang masih perlu memasyarakat tentang Pureit ini, maklum dari kecil sudah terbiasa dengan memasak air ^.^

    ReplyDelete
  7. saya Pasang bulan Juli 2016 bulan November sudah harus ganti filter GKK padahal pemakaian normal 3 galon per minggu kondisi air bersih (PDAM) ditambah filter lagi sebelum Marvella. pemesanan GKK dengan telp ke CS inden selama 1 bulan setelah 3 minggu menunggu kemarin tgl 29 November 2016 petugas Pureit datang untuk pembersihan dan penggantian filter GKK dengan biaya 600rb. :(

    ReplyDelete