Edisi Penempatan: Survey Daycare/Tempat Penitipan Anak Padang

Sudah hampir seminggu saya di Padang dan sebelumnya saya sudah hunting di internet beberapa daycare di Padang. Tapi umumnya jauh dari kantor saya di bypass. Saya juga sempat berbalas email dengan mbak Dini yang saya kenal dari forum The Urban Mama (TUM). Beliau sangat baik dan memberi beberapa list daycare di Padang.

  1. Citra Al Madina. Disini daycare tempat anaknya Mba Dini, di daerah Purus 4. Testimonialnya: Gurunya baik, ramah dan sayang anak, dikasih makan siang dan snack. Biayanya dulu 500 ribu sebulan, kekurangannya dekat pantai, jadi khawatir gempa. (Belum saya survey karena jauh dari kantor)
  2. Hikari. Lokasinya di Andalas, menurut Mba Dini tempatnya bersih, disiplin, pintu dijaga ketat, dikasih makan. (Belum survey kesana, belum tahu tempatnya, kayaknya agak jauh dari kantor)
  3. Jati. Lokasi sebelah KPPN Padang. (Tadi ngelihat KPPN Padang, tapi belum ketemu daycarenya, lokasinya agak jauh dari kantor)
  4. Jati. Belakang baso malang/restoran red chili, ada 2 yang satu mirip tutor time bagus banget ada sesi psikologi dan dokter visit tapi biayanya mahal yang satu lagi namanya Amalia jadi satu sama TK, nggak dikasih makan. (sedang tutup karena survey hari Minggu)
  5. Zafer Kids daerah Alai sebelum setopan Alai-Khatib Sulaiman (Belum nemu, kayaknya jauh dari kantor)
  6. Daerah A Parman/Ulak Karang, punya Muhammadiyah (Belum nemu, kayaknya jauh dari kantor)

Kalau ini tambahan yang saya dapat dari mbah google
  1. Zagola for Kids di daerah jalan teuku Umar (belum survey)
  2. Kasih Ibu di Padang Barat (belum survey)
  3. Dian Andalas di daerah Jati (sudah tanya, tapi sedang penuh)
  4. Ayufi Kids di Padang Baru (belum survey)
  5. Fanola Kids di jalan Belanti (belum survey)
  6. Al Fathan di Siteba (sudah penuh)
  7. Thara Khalifa di Km 14 bypass
  8. Istana Pelangi di Kurao 
Yang sudah saya survey:

ISTANA PELANGI
Awalnya dari teman yang sedang pulang melihat tempat penitipan anak di dekat kantor, di daerah Kurao. Namanya Istana Pelangi, setelah itu saya telepon kesana dan pemiliknya langsung menjemput saya ke kantor. Jaraknya dekat dengan kos saya di Siteba. TPAnya baru buka, baru ada 2 anak yang dijaga. Biaya perbulan 500 ribu, kondisinya lumayan bersih tapi makan siang dan snack harus kita bawa sendiri, agak berat buat saya soalnya kalau nanti anak saya bawa, kami hanya tinggal berdua saja.

PRIMAGAMA
Ini kayaknya yang dikasih tau Mbak Dini tentang daycare yang mahal. Lokasinya dekat universitas Andalas dan dibelakang restoran Red Chili. Lingkungannya enak dan kayaknya di lingkungan yang elit karena saya melihat ada mobil gubernur yang sedang parkir. Karena surveynya hari Minggu jadi sudah tutup. Di depannya tertulis fasilitas kegiatan unggulannya yakni konsultasi psikologi, pemeriksaan kesehatan, kegiatan, intra dan ekstrakurikuler dan special day. Setelah saya telepon besoknya, ternyata sudah penuh.

AL-FATHAN
Kalau dari tempatnya sih nggak jauh dari kosan saya karena masih Siteba. Sudah beberapa kali sms-an dengan Ibu Aan, tapi masih penuh disini karena sudah 16 anak dengan 3 orang pengasuh.








AMALIA
Lokasinya tidak jauh dari daycare Primagama, di samping kelurahan. Ini mungkin yang disurvey juga oleh Mbak Dini karena jadi satu dengan TK.










BOBBY BINKY
Letaknya dekat perempatan (mana yah) lampu merah sebelum Jati. Karena hari Minggu tutup, jadi saya belum tahu dalamnya. Kalau dilihat dari luar daycare ini jadi satu sama skin care. Tempatnya di pinggir jalan raya dan seperti berbentuk toko.







THARA KHALIFA
Letaknya dekat dengan kantor saya di bypass,  kira-kira 5 menitan naik motor (2 km), di dalam perumahan hipokrates. Perumahan ini perumahan dokter, jadi aman karena selalu dijaga oleh security. Saya suka daycare ini karena bersih. Harganya 800rb/bulan sudah dapat makan atau 500ribu/bulan makanan disiapkan sendiri. Buka Februari, saat ini belum ada anak yang dijaga. Dulu ada anak dokter yang dijaga, sekarang dokternya sudah pindah ke Medan.


Masih pertanyaan besar apakah saya harus 'memaksa' untuk membawa Dede ke penempatan dengan segala keterbatasan ataukah di rumah neneknya di Depok yang insya Allah kondisinya sudah nyaman dan aman.

9 comments

  1. widih, jd malu..(ditulis namanya), padahal sy ksh infonya juga terbatas..hehe.tks udah ngelengkapin lg..ternyata banyak jg ya daycare di Padang. insya Allah betah ya disana, di Padang itu cuma ada dua, enak dan enak sekali..yakin d. Aku aja kangen kesana hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Din, makasih bangt infonya. Moga berguna juga buat emak yang lain

      Delete
    2. maff mbak daycare di padang lokasinya dimana?? apa bisa titip anak dibawah 3 bln?? mohon infonya mbak terimakasih

      Delete
  2. waduh jd malu, namanya kesebut hihi, padahal informasinya jg terbatas..semoga betah di Padang, di sana cuma ada 2, enak dan enak sekali, yakin d. Aku lagi kangen Padang hehe

    ReplyDelete
  3. Sayang sekali ya mbak di playgrup&tkbkreatif primagama sudah tutup. Anak saya lebih kurang 3 tahun nyaman disini loh mbak....
    Atau mbak mau cobain di full day school adzkia dimulai dr anak usia 2 tahunan...

    ReplyDelete
  4. akhirnya dititip dimana ya mba?
    saya juga lagi cari2 utk anak saya umur 20 bulan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk sementara kami kepisah jarak mba. Anak di jakarta

      Delete
  5. mba maaf mau tanya daycare thara khalifa itu tepatnya dimana y? boleh minta kontaknya kl ad? mksh

    ReplyDelete