Blogger Bicara Parenting

Judul: Blogger Bicara Parenting
Penulis: Myra Anastasia, dkk
Cetakan: Pertama, Mei 2014
Penerbit: Sixmidad
Tebal: 201
ISBN: 978-602-14595-8-4
Harga: Rp 38.000,-

Ketika sedang blogwalking ke blog mbak Myra Anastasia, saya menemukan tulisan beliau yang ini. Jadi para blogger membuat buku parenting, wuih keren bingit. Desain covernya juga lucu, imut-imut, kaya saya. Buku ini memuat kisah 34 blogger tentang kisah parenting mereka.
Sisi menarik parenting adalah tidak adanya sekolah formal tempat belajar. Parenting seringkali tidak berbicara benar dan salah dengan kaku. Kita bisa banyak membaca buku parenting, tetapi pada akhirnya semua dikembalikan kepada kondisi rumah tangga masing-masing, terutama karakter setiap anak
Blurb buku ini jelas menggambarkan isi buku ini dengan beragam kisah parentingnya. Mulai dari kakek yang bicara tentang cucunya, guru bicara tentang muridnya, kakak bicara tentang adiknya. Tema yang dibahas juga beragam. Dimulai dengan trik mengajak anak tidur malam dengan cepat dari Pakde Cholik, yakni: bantu menuju tempat tidur, siapkan tahapan menuju tempat tidur, konsistensi, takut kegelapan, no snack dan mendongeng. Dan ada 42 kisah parenting lainnya.

"Alangkah indahnya jika pada saat penerimaan rapor setiap anak mendapat hadiah. Meskipun itu hanya sebuah buku, penghapus lucu warna-warni. ataupun selembar kertas berlogo bintang bertuliskan namanya dengan mencantumkan penghargaan atas prestasi yang dicapai di bidang mereka masing-masing"

Saran dari BundaDea ketika anak dibagi rapor. Bunda Dea juga memberikan tips ketika mendampingi anak-anak di awal masuk sekolah. Blogger Hardi Vizon berbagi tentang pentingnya peran ayah dalam mendidik maskulinitas anak laki-lakinya. Ada kisah dari Mbak Ika Koentjoro ketika anak jauh dari orang tua, apa saja yang harus dipersiapkan. 

Membaca buku ini rame rasanya, karena banyak blogger, banyak cerita, banyak sudut pandang, dan semua tidak ada yang benar atau salah. Yang pasti ketika membaca buku ini, kita banyak mengambil hikmah dari setiap kisahnya, dapat mengikuti tips-tips yang diberikan dan sesuaikan dengan kondisi kita.

Seru ya, bukunya. Dan hasil penjulaan untuk proyek amal. Yuk ah, cepetan pesen :)

No comments