Cerdas Mengelola Keuangan Keluarga


Judul: Cerdas Mengelola Keuangan Keluarga
Penulis: Dra.Sulastiningsih, M.Si
Penerbit: Pro-U Media
Halaman: 179
Cetakan: 2, April 2012
ISBN: 979-1273-27-8
Harga: Rp 22.000,-

Awalnya buku ini saya kira berisi tentang praktek membuat keuangan keluarga, tapi lebih banyak membahas tentang teorinya dibanding aplikasinya. Ada 6 bab yang dibahas di buku ini, awalnya membahas tentang pengertian dari keluarga sakinah yang didalamnya ada karakter suami dan istri yang sholeh, kedudukan nafkah dan fungsi keluarga sakinah.

Peran harta bagi seorang mukmin adalah sebagai amanah, perhiasan hidup, ujian keimanan dan bekal ibadah. Penghambat rejeki adalah bermalas-malasan, berburuk sangka, rakus, boros dan kikir. Bekerja merupakan salah satu cara untuk meraih rejeki, bekerja bukan hanya di kantor tapi juga bisa sebagai wirausaha, pendidik, pengobatan dan lainnya. 

Sebagai awal mengelola keuangan keluarga, kita hitung pemasukan dan pengeluaran terlebih dahulu. Disini juga dijelaskan tentang perlunya membuat laporan sumber dana dan penggunaan dana, inventaris harga keluarga, utang piutang, daftar aset. Bab terakhir menjelaskan tentang kemandirian wanita diperlukan dalam mengelola keuangan keluarga. Kelemahan pada buku ini menurut saya mengenai tabungan, jika melihat tabel tabungan dimasukkan sebagai sisa sedangkan yang saya tahu sebaiknya tabungan dimasukkan malah di awal perencanaan, bukan uang sisa dari biaya hidup kita.

No comments