Change MIND melalui MIND Mapping

Saat raker di kantor, ada sesi seminar yang diisi oleh pihak eksternal yaitu bapak Djohan Yoga, beliau asli orang Padang tapi sudah menjadi trainer internasional untuk asia dan mempunyai banyak sertifikat salah satunya tentang mind map atau peta pikiran. Kuliah di ITB dan cumlaude lalu bekerja di bidang perminyakan di Amerika Serikat. Setelah pensiun dini, beliau fokus menjadi trainer. Menarik banget pemaparannya, yuk intip:

Penelitian yang dilakukan oleh NASA menjelaskan tentang creativity studies yakni semakin tua maka kreativitas manusia malah menurun. Ketika diminta untuk membuat suatu bentuk pada saat kita berusia kindergarden bisa membentuk 95 bentuk, usia primary school membuat 75 bentuk, senior school membentuk 50, university membentuk 25 dan ketika adult membentuk 10. 

Acara ini diadakan setelah makan siang, jadi lagi jam-jam ngantuk banget. Nah, bahas ngantuk ada kaitannya sama gelombang otak lho. Ada 4 jenis gelombang otak. Pertama adalah Beta yakni saat kita sibuk, dibawah tekanan kalau diberi informasi pasti ilang, gelombang kedua adalah Alfa, gelombang otak kita agak santai misalnya ketika sedang istirahat makan siang, kalo nggak dicegah maka ke gelombang Teta yang membuat ngantuk dan kalau bablas jadi ke Delta yakni tidur. Nah, kalau kita dengar rapat atau acara biasanya kita jatuh ke Teta alias ngantuk jadi harus diselingi dengan mencatat. 

Pasti semua orang ingin berubah ke arah yang lebih baik kan, nah faktor kuncinya:
  1. Goal
  2. Direction
  3. Timing
  4. Teamwork
  5. Creativity: Thinking new thing
  6. Innovation: Doing new thing
  7. Think: Persis seperti main puzzle, ketika sekali ketemu jalan maka akan mudah untuk kedepannya
  8. CCTS (Creative and Critical Thinking Skill)

Kenapa hasil orang berbeda-beda dari pengajaran yang sama? Karena yang membedakan adalah ketika merangkai di otak. Kita umumnya adalah korban pendidikan 3M yakni mendengar, mencatat dan menghapal. Untuk berubah kita harus mengubah mind kita dengan mengubah software. Perubahan (change) dikenal juga dengan sebutan  harmonisasi, optimalisasi, revitalisasi, inovasi, revolusi. Pola pikir ada 3 yakni linier, lateral dan radian.

Ada dua jenis mindset yakni fixed dan growth. Orang yang memiliki mindset fixed adalah yang berpikiran bahwa sukses dinilai dari talenta, jika tidak sukses berarti takdir dan bersifat menghindari sedangkan orang yang memiliki mindset growth menilai sukses adalah karena belajar dan menerima apa yang ditakdirkan. Dominasi otak (otak kanan/otak kiri) juga berpengaruh terhadap mindset. Kenapa? karena otak yang menentukan attitude/sikap kita lalu menjadi behavior/perilaku, perilaku yang berulang menjadi habit/kebiasaan dan kebiasaan yang berulang akan menjadi karakter.

Apa sih perbedaan otak kanan dan otak kiri?
Otak Kiri adalah yang menghasilkan kata-kata, hitungan, kurang bisa menggambar, rapi, logika dan analisis sedangkan otak kanan: musik, mewarnai, pintar menggambar, jago peta dan imajinasi. Orang yang memiliki otak yang seimbang hanya sedikit yakni 2% saja. Bagaimana supaya kita bisa menggunakan otak kanan dan kiri secara aktif yakni ada 3 cara:
1. Cara langsung yakni senam otak namun sifatnya hanya sesaat
2. Tidak langsung dengan merubah kebiasaan
3. Intervensi, misalnya dengan pengaktifan otak tengah namun tidak bagus *tapi tidak dijelaskan

Bapak Djohan Yoga lalu membuat kuis untuk memastikan kita dominan otak yang mana? Hasilnya saya dominan otak kiri, tapi saya suka gambar dan mewarnai lho..

STRUKTUR MIND MAP
Di tengahnya adalah pusat lalu dilanjutkan kategori, hirarki dan jika ada korelasi.

2 comments

  1. Hwiwiwiwiww...asiik rumah baru!
    Ayo kita tumpengan, mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyook, mba. tumpengan di ruang laktasi hehehe

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...