The Secret


Judul: The Secret
Penulis:Rhonda Byrne
Cetakan: 9, Maret 2009
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 236
ISBN: 978-979-22-3155-2
Harga: Rp 60.000,-

Buku yang insipiratif ini merupakan buku best-seller yang sudah diterjemahkan di beberapa bahasa termasuk Indonesia. Buku ini menjelaskan hukum tarik-menarik bahwa segala sesuatu yang datang ke dalam hidup kita ditarik oleh kita oleh citra-citra yang kita pelihara dalam benak. Apapun yang berlangsung dalam benak, kita menariknya ke diri kita sendiri. Contohnya kita mungkin mengenal orang yang mendapat kekayaan besar telah kehilangan semuanya, tapi dalam waktu sebentar mendapatkan kembali kekayaan yang sama besarnya. Dalam kasus ini, terlepas mereka menyadarinya atau tidak, yang terjadi karena pikiran dominan mereka adalah tentang kekayaan.

Pasti kita semua pernah memikirkan hal yang tidak kita sukai, tapi bukannya menjauh dari hal itu malah masalah itu semakin mendekati kita atau malah makin memburuk. Sebabnya ketika kita memikirkan sebuah pikiran, hukum tarik-menarik segara mendatangkan lebih banyak pikiran yang serupa. Bahwa pikiran kita mempunyai frekuensi, jadi apabila kita membayangkan berulang-ulang maka kita memancarkan frekuensi secara konsisten. Kalau memang mudah seperti itu. kenapa setiap orang tidak menjalani hidup yang kita impikan? Salah satu sebabnya karena biasanya kita memikirkan apa yang tidak mereka inginkan daripada apa yang kita inginkan. Betul kan???

Aduh, aku jadi takut nih berpikiran negatif secara tidak sengaja? Nah, tenang aja dibuku ini disebutkan bahwa sebuah pikiran afimasi yang meneguhkan adalah ratusan kali lebih kuat dibanding pikiran negatif. Kalau kita merasa murung, kita dapat mengubahnya seketika pasang musik yang indah, menyanyi atau pikirkan seseorang yang sungguh kita cintai, intinya segera pindahkan frekuensi segera.


Kalau konsep diatas, saya menghubungkannya dengan perintah berdoa. Tapi yang terpenting dalam doa bukan hanya terkabulnya doa, tapi dengan doa itu kita benaKr-benar menjadi hamba Allah. Karena Allah memerintahkan kita untuk mengabdi pada Allah. Konsep percaya, kita harus yakin doa kita pasti dikabulkan tapi mungkin dipending, diberikan segera atau ditabung untuk di akhirat kelak.“Aku sesuai dengan prasangka hamba-Ku kepada diri-Ku.” (Hadis Qudsi). Maka berbaik sangka kepada Allah dengan kepatuhan, itu syaratnya. Dan terakhir menerima dengan tawakal dan syukur karena dengan syukur kita memancarkan sinyal yang kuat kepada semesta bahwa kita sudah menerimanya.

Ada sebuah kisah menarik di buku ini ketika seorang laki-laki pindah ke rumah barunya dan membuka kotak demi kotak perabotan salah satunya berisi papan visi. Ketika ia ingin membukanya di dalamnya terdapat gambar rumah yang divisualisasikan 5 tahun lalu dan tebak apa? Sekarang dia tinggal di rumah yang persis seperti di papan visi tersebut.

Selanjutnya, dibuku ini dijelaskan cara kita mengatur pikiran positif terkait uang, hubungan, pekerjaan, jodoh, kesehatan. Komplit deh. Kelebihan lain buku ini adalah kertas yang ada dalam buku ini unik, karena setiap halaman berbeda motifnya dan terkesan seperti buku lama, jadi kita seperti sedang membaca buku rahasia sesuai judul bukunya.

Diluar dari pendapat bahwa buku ini mengandung 'misi' didalamnya, saya sih mengambil hikmahnya saja kalau kita memang harus berpikir positif plus berdoa kepada Allah karena dalam surat Ar-Radu ayat 11: "Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum, sebelum kaum itu merubah dirinya sendiri."

No comments