Tips Essay Writing yang baik pada tes TOEFL

Dalam TOEFL, tes essay writing biasanya hanya bersifat pelengkap dan tidak dimasukkan dalam skoring (hanya listening, structure dan reading). Setahu saya biasanya yang sekaligus ada tes menulis adalah di LIA. Tapi saya juga tidak mengerti tesnya bagaimana karena belum pernah tes disana.

Saya ambil dari petersons.com tentang essay writing ya:
Jadi dalam tes essay ada satu single topic disebutnya prompt. Tidak ada pilihan topik, kita harus menulis berdasarkan prompt yang diberikan, biasanya bersifat general. Tidak membutuhkan pengetahuan khusus, dan tidak terkait isu yang kontroversial. Ada 3 tipe:
  • Memberikan Opini: Tipe ini menyajikan dua poin yang berbeda dan meminta kita memilih salah satunya. Biasanya diikuti pola: “Some people believe A, but other people believe B. Which do you believe?" 
  • Setuju atau tidak setuju dengan sebuah pernyataan: Tipe ini menyajikan pernyataan yang bersifat umum dan meminta kita apakah kita setuju atau tidak dengan pernyataan itu.
  • Menjelaskan pentingnya pembangunan, inovasi atau phenomena: Contohnya: Development in transportation, such as the automobile, have had an enormous impact on modern society. Choose anoher development in transportation that you think is of great importance. Use specific examples and reasons for your choice.
     
Di web ETS mempublikasikan contoh list topik yang diujikan. Kita bisa lihat disini supaya ada gambaran. Untuk mendapatkan nilai yang tinggi pada essay sebaiknya menulis sekitar 200-300 kata. Biasanya terdiri dari empat atau lima paragraph. 
  •  Paragraf pendahuluan  
  • Paragraf batang tubuh 1    
  • Paragraf batang tubuh 2
  • Paragraf penutup
Waktu:
Kita hanya diberikan waktu 30 menit dalam tes menulis. Jadi berdasarkan alokasi waktu kita dapat membaginya menjadi seperti ini:
  • Pre-Writing (Sekitar 5 menit): Dalam persiapan ini kita melakukan langkah-langkah: membaca perintahnya, pikirkan tentang perintahnya, brainstorming dan membuat catatan, dan buat outline kasar
  • Menulis Essay (Sekitar 20 menit)
  • Mengecek (Sekitar 5 menit)
Penilaian Essay:
Dalam ETS, essay dibaca oleh dua pembaca yang menilai secara keseluruhan. Artinya, essay tidak dinilai berdasarkan kesalahan kata per kata tapi secara keseluruhan. Beberapa yang poin yang dinilai:

  1. Topic: Apakah ditulis berdasarkan prompt  yang diinstruksikan
  2. Organization: Apakah essay dibagi menjadi pembukaan, batang tubuh dan penutup? Apakah ditulis dengan perencanaan ataukah ia loncat dari satu poin ke poin yang lain
  3. Development: Apakah penulis menggunakan alasan yang spesifik, contoh dan detail untuk mensupport idenya
  4. Clarity: Apakah essaynya ditulis secara jelas? Apakah pembaca tidak kebingungan ketika membaca dari awal hingga akhir
  5. Unity: Apakah antara satu paragraph ke paragraph lain saling berkaitan
  6. Coherence: Apakah paragraph dan kalimat saling melengkapi
  7. Sentence Variaty: Apakah penulis menggunakan kalimat dengan berganti-ganti struktur
  8. Vocabulary: apakah menggunakan bahasa yang ‘sophisticated’
  9. Grammar: Adakah kesalahan grammer yang membuat essay tersebut sulit dimengerti
  10. Spelling: Apakah banyak kesalahan kata karena terkadang menjadi sulit dimengerti
  11. Mechanics: Apakah ada kesalahan dalam penggunaan huruf capital yang mempengaruhi paragraf

Tips dalam Menulis Essay:
  • Putuskan sebelum menulis (buat outline kasar)
  • Familiar dengan instruksi TOEFL jadi tidak membuang waktu untuk itu
  • Gunakan jam untuk mendesain waktu pekerjaan. JIka kita hanya mempunyai 30 menit jadi alokasikan waktu 5 ment untuk membaca perintahnya dan merencanakan essay, 20 menit untuk menulis dan 5 menit akhir untuk mengecek
  • Jangan keluar dulu, tunggu saja sampai waktunya selesai
  • Baca instruksi secara seksama. Kita harus menulis apa yang diperintahkan
  • Sebelum memulai nulis, habiskan satu atau dua menit untuk brainstorming. Pikirkan topiknya dan pendekatan apa yang kita pilih
  • Buat catatan dan planning sebelum memulai
  • Buat tulisan dengan teratur. Harus memuat 3 bagian yakni paragraf pendahuluan, 2 atau 3 paragraf batang tubuh dan 1 paragraf penutup
  • Berikan alasan jika berbentuk opini dan lengkapi dengan contoh atas pernyataan-pernyataan kita
  • Gunakan kata penghubung yang baik antar paragraf
  • Jika menulis dengan tangan, usahakan rapi dan jelas dibaca

    5 comments

    1. very sweet blog and it content about the Essay Writing Service very useful information also so it is the right combination of information and printing keep doing that in future also

      ReplyDelete
    2. If you concentrate on causation every school newspaper that you simply write, to Associate in Nursing best custom essay writing redaction service, before you were picture taking it, you may need to form positive that your editor understands your desires.

      ReplyDelete
    3. TOEFL is a language test generally taken by those students who want to take admission in any foreign universities. The test score works as a proof of their language proficiency and knowledge.

      essay for TOEFL

      ReplyDelete
    4. Prompt accomplishment of your essay following the demands of your goals when you set out when starting the essay. thats the best method.

      ReplyDelete
    5. kali lihat di sini jika Anda ingin beberapa tips menulis esai

      ReplyDelete