Yeayyy Rumah Baruu: Cara Mudah Beli Domain Blogspot 2014

Hihihi, awalnya ngikut-ngikut Mba Nadia yang beli domain di wordpress, jadi beli juga. Dasar emak-emak ya, tetangga punya apa dia iri pengen punya juga hehe. Kata Mba Nadia kalau mau diendorse biasanya mensyaratkan punya domain sendiri, pertanyaannya emang siapa yang mau endorse sayaahhh?!! Suami sih suka bilang beli aja tapi saya males ngurus lagian tulisan di blog ini juga masih amatiran banget. Tapi ngeliat Mba Nadia gampang banget beli domain jadi mau nyoba. Baru tahu juga kalau beli domain itu tulisan kita nggak ada yang diutak-atik, persis tampilan yang dulu.

Kalau mau beli domain di wordpress, ternyata belinya harus pake visa atau akun paypal, sekitar $18. Suami punya kartu kredit BCA tapi katanya nggak ada logo visanya, kapok ah minjem kartu kredit orang. Terakhir minjem kartu kredit teman suami untuk beli tiket garuda malah kedebet 4 kali pembayaran karena webnya sering ngehank dan sampai sekarang masalahnya belum selesai *haduhh, maaf ya dag dig dug juga kalau nggak bisa selesai bisa ganti uang temen suami 3 jutaan. Whoooa bisa untuk ongkos pulang ketemu dede untuk 2 bulan itu. Ya Allah moga cepet selesai dengan baik masalahnya.

Jadiii..saya memutuskan untuk beli domain yang provider Indonesia ajah yang bisa terima transferan rupiah. Pertama kali cek ke idwebhosting, bingung beli domain aja atau sekalian hosting, apa pula itu perbedaannya. Ternyata domain itu seperti nama toko kita sedangkan hosting itu kayak tempat kita nyimpan barang-barang kita, cek harga kalau beli domain plus hosting 300ribuan, nggak jadi ah mana gajian masih dirapel di penempatan harus ngencengin iket pinggang 3 bulan di kota orang.

Nyari-nyari ketemulah situs bahwa kalau di blogspot itu bisa pakai hosting blogspot gratis, dan disaranin beli di rumahweb dan hasilnya super memuaskan *bukan iklan berbayar lho ini. Kenapa memuaskan? karena layanan live chatnya 24 jam, cocok banget buat yang amatiran seperti saya ini. Pertama saya nanya bisa nggak beli domain saja, nggak pake hosting-hostingan? Dijawab kalau bukan untuk toko online hanya sekedar blog biasa sih beli domain saja dan nanti kalau butuh hosting bisa diupgrade, jadi saat ini masih numpang hosting di blogger.

Cek ketersediaan nama, alhamdulillah namaku yang pasaran ini belum ada yang make, awalnya mau pake yang dulu (hamasah-uwi) tapi biar kelihatan profesional *huacih, pake nama sendiri aja. Awalnya takut dikira blog punya artis Ririn Dwi Aryanti, tapi malah untung yak kalau banyak yang nyasar wkwkwkwk. Setelah daftar dan transfer, nggak sampe 5 menit langsung diemail kalau akun kita sudah aktif yayyy, jangan lupa sertain bukti pembayarannya biar diproses cepat. Harga untuk beli domain saja 105 ribu untuk setahun, lumayan terjangkau kan?

Untuk pemasangan nama baru di blogspot dapat dilihat tutorialnya disini, sebenarnya caranya cukup gampang. Tapi karena saya kurang teliti jadi butuh panduan live chat, sampai orang teknisinya bilang "dibaca baik-baik ya Bu", maafkan saya ya Pak namanya juga newbie. OK punya deh, dijamin kita dipandu sampai selesai jika ada problem, jadi no problemo yang agak-agak gaptek seperti saya. Baru tahu juga kalau untuk merubah nama cukup di settingan pengaturan namanya aja, untuk selanjutnya berjalan seperti biasa ketika mau masuk dashboard blogger.

Gambar diambil dari sini

Dan...tada my new home, hamasah uwi ready!!!!! *beberes dulu ahhh

13 comments

  1. Selamat menempati rumah baru ya .. :) ..jadi latah pengen juga bei "rumah" nih :D secaraaa sdh dr dulu lihat teman2 bge blog jg sdh pindah rumah baru ... cumn masih galau dengan link nya ntar kalau misal mau ganti nama dengan namaku --misalnya..apakah nanti kita akan edit besar2an semua posting yg ada link ke rumah kita yg lama??

    ReplyDelete
  2. Terima kasih mba Citra. Settingannya sama sekali nggak berubah kok, masih seperti yang dulu. Ayo ayo ganti domain pribadi mba ^.^

    ReplyDelete
  3. Pucuk di cinta ulam pun tiba (eh bener kaga tuh bahasanya) dari kemaren2 tuuh yaa aku dah mikir2 mau beli domain juga mak. Pengen juga belakangnya cuma pake dot com. Hihihi btw tfs maak :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, sama-sama mak Winda. Yuk mah pindah rumah juga ^.^

      Delete
  4. Alhamdulillaaah yang punya dotcom :)

    ReplyDelete
  5. Selamat ya mak buat rumah barunya semoga tetap aktif menulis . sayang kalau sudah bayar pertahun tapi ga update tulisan hihi...

    ReplyDelete
  6. Selamat ya mak atas rumah maya barunya. pakai blogspot lebih murah ya. Aku pakai wordpress yang 2 tahunan bayarnya ^^

    ReplyDelete
  7. Hello sobat, disini saya mau membagi info domain murah terpercaya, silakan saja gabung disana, penasaran ya..? coba kunjungi langsung website reseller domain di reselleragent.com atau di seowaps.com, kalau ingin hosting yang murah di plasawebs.com tempatnya. Salam..

    ReplyDelete