Pamutusan Island, Surga Pantai di Padang

Sumber
Jika berbicara tentang pantai yang indah, biasanya kita terbayang akan indahnya pantai-pantai Indonesia bagian timur. Padahal di kota penempatan saya ini ada pantai yang tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai lain. Salah satu pantai yang rancakbana di kota Padang adalah Pulau Pamutusan.

Pulau Pamutusan adalah salah satu pulau yang dapat diakses dari pantai di Teluk Bungus. Untuk mencapai Teluk Bungus kita dapat berkendara ke arah Sungai Pisang, jalanan menuju ke sana cukup terjal dan rusak, jadi sebaiknya menggunakan kendaraan yang tidak ceper rodanya. Dan kami kesana naik angkot, guys. Sampai bumper sang angkot harus dilepas supaya bisa membawa rombongan kami hehehe, two thumbs for abang angkot yeayyy. Jadi sebaiknya mempersiapkan kendaraan yang baik dan persiapkan bekal sebelum sampai kesana, karena jarang ada penjual makanan disana. Setelah sampai di Teluk Bungus, kita dapat naik kapal kayu ke pulau Pamutusan dengan jarak tempuh 30 – 45 km sambil menikmati pemandangan yang indah dan melewati pulau-pulau yang lain. 

Sumber
Pantai ini sebenarnya berada di pulau utama Sumatera namun membentuk cerukan memanjang sehingga menghasilkan dua sisi pantai. Jika kita berdiri di tengah menghadap utara maka Pulau Sumatera berada di kanan dan Pulau Pagang berada di sebelah kiri. Namun jika laut pasang daratan ini bakal terputus dan menjadi pulau tersendiri. Mungkin ini awal mula penamaan pulau Pamutusan.



Pasirnya halus dan putih, warna lautnya indah mulai dari biru tua, biru muda hingga hijau toska, pohon-pohon kelapa di sisi pantai, angin semilir dan pemandangan pulau-pulau hijau yang mengelilingi akan membuat hati kita damai dan menghilangkan penat (sejenak hahaha). Untuk melihat pemandangan yang lebih menyeluruh, kita juga dapat mendaki ke puncak bukit. 


Jangan lupa untuk membawa/menyewa peralatan snorkeling supaya dapat menikmati keindahan bawah laut di pantai ini, ikan-ikan berwarna-warni dan ikan yang cantik dan bisa berfoto under water.

Fasilitas lain di pulau ini adalah penyewaan banana boat. Dan bila rasanya belum cukup puas main-mainnya, kita dapat menginap di pulau ini, ada juga rombongan yang mendirikan camping di pingir-pinggir pantai. Sungguh pengalaman yang tidak akan terlupa mengunjungi surga pantai di Pamutusan.

5 comments

  1. sudah lama gak pulang kampung nih...kalau pulang mungkin bisa ke sini :)

    ReplyDelete
  2. auuuww....mau juga dong ke Pamutusan

    ReplyDelete
  3. Aku belom pernah ke sana.. Seindah Pasumpahan yah ternyata :D

    ReplyDelete
  4. memang luar biasa indah sekali alam Indonesia tercinta kita

    ReplyDelete
  5. Dulu sekitar tahun 1999 / 2000 penahan ke pulau ini.. .pulau ini benar2 sangat indah, dari kejauhan pasir sepeti intan berkilauan karena kena sinar matahari.. semoga next time bisa berkunjung lagi.. .

    ReplyDelete