Belajar Asik dan Gratis dari futurelearn.com

Awalnya dari undangan facebook grup Edlink untuk mengikuti kelas online gratis dari British Online. Iseng-iseng coba ah, apalagi pas banget kelas onlinenya mau bahas tips-tips IELTS dengan durasi 5 minggu. Setelah masuk ke situsnya di futurelearn, saya terpukau *uhuk dengan tema-tema kelasnya dan semuanya gratis. Alhamdulillah banget ya kita hidup di zaman digital yang serba memudahkan ini.

Di situs ini, ada beberapa kategori kelas yang disajikan mulai dari business and management; creative art & media, health and physchology; law; language and culture; law; literature; nature and environment; online and digital; politics and modern world; science, math and technology; sport and leisure; teaching & studying. Tinggal dipilih kelas kursus yang kita suka. Saya langsung kalap mengikuti 8 kelas online:
  1. A beginner's guide to writing 
  2. Understanding IELTS
  3. Childhood in the Digital Age
  4. Exploring English
  5. How to succeed at writing applications
  6. How to succeed at interviews
  7. Academic Integrity
  8. Innovation: the key to business success
Kita bisa juga membeli sertifikatnya jika telah melalui 50% kelasnya, tapi menurut saya mahal di kantong (seharga 29 ponds di luar ongkos kirim). Waktu pembelajarannya berbeda-beda, ada yang 4 minggu hingga 2 bulan. Nanti setelah mendaftar kita akan diminta kesediannya untuk mengisi pre-survey isinya tentang mengapa mau mengikuti kelas tersebut. Saat ini baru 1 kelas yang sudah saya jalani yaitu: A beginner's guide to writing. Kita diingatkan kembali ketika kelas akan dimulai. Namanya juga belajar online, jadi waktunya fleksibel semampu kita. Untuk melihat kelas apa saja yang kita ikuti, kita bisa melihat profil kita di web tersebut.


Kelas online ini terdiri dari berbagai macam sarananya mulai dari video, penjelasan, diskusi dan kuis.  Kita juga bisa berinteraksi dengan pembelajar yang lain dari seluruh dunia, seru kan. Penyedia kelasnya pun tidak main-main, mulai dari Universitas ternama di UK seperti University of Leeds, University of Reading, University of Sheffields; dari British Councils, ada juga kerjasama universitas dengan pihak lain misalnya Marks & Spencer dan yang ahli di bidangnya masing-masing.

Untuk tahu kelas mana yang cocok dengan kita, kita dapat melihat di penjelasan singkat kelasnya dan requirement yang dibutuhkan. Reccomended banget deh, cus yuk langsung ke situsnya dan mari berpetualang di dunia erudite *kebanyakan nonton film divergent ^.^

No comments