Inspiration Talk Pulang Kampuang: How to Build a Good Career

Sabtu, 24 November kemarin kami TU's Angels beraksi :p. Dapet informasi dari teman akan diadakan seminar di Padang, wah kayaknya seru tuh dengan tema Membuat Perubahan dari Dunia Profesional.  Pembicaranya juga keren-keren. Daftarlah kami bertiga untuk registrasi.

Di hari H, karena khawatir susah angkot kami mesen taksi dan pergi ke tempat acara. Tapi sesampainya disana kok sepi bahkan dibilang security tidak ada acara. Oalah ternyata kami salah tempat. Acaranya dipindahkan ke tempat lain dan dishare ke media sosial, karena kami tidak update akhirnya tersesat lah. Awalnya mau balik aja, tapi panitia bilang acaranya tidak jauh dari tempat awal, so sudah kepalang tanggung lanjutlah kami ke tempat acara yang baru.

Laperrr banget, belum pada makan akhirnya selama acara berlangsung kami makan biskuit yang ada wkwkwk. Acara agak ngaret mulainya (kami juga ngaret juga sih datangnya). Sesudah pembukaan dan pengenalan forum pulangkampuang.com, perkumpulan minang pengusaha (namanya apa gitu lupa hehe). Akhirnya acara inti dimulai yakni Pak Doni Oskaria.

Pak Doni merupakan Commissioner of Garuda Indonesia; President Director CEO Trans Studio, Trans Hotel and Resort, Trans Mall dan CEO Antavaya. Presentasi Beliau berjudul How to Build a Good Career yakni membangun karir yang baik, dapat sebagai profesional sebagai pekerja atau sebagai pengusaha.

Tingkah laku seseorang ditentukan oleh I want to dan I have to. I want to datang karena kemauan dari diri kita sendiri sedangkan I have to datang dari kewajiban. Jadi ketika kita melakukan sesuatu sebaiknya motivasinya adalah I want to. Kebiasaan-kebiasaan yang berulang akan menjadi habit
 
Pak Doni bekerja di CT Corp dan menjelaskan bagaimana bisnis di CT Corp yakni seperti berbasis web dan berbentuk jaring laba-laba dengan pusatnya Bank Mega. Visinya: Semua orang miliki kartu Bank Mega, jadi hidup akan lebih mudah karena memakai kartu Bank Mega. Setelah itu,  beliau menjelaskan riwayat pekerjaan beliau mulai dari sekolah hingga sukses seperti sekarang ini. Beliau mengajarkan pentingnya bekerja keras dan pantang menyerah serta kita harus memiliki daya juang. Kelemahan yang ada harus dijadikan semangat untuk dapat lebih baik dan sia-sia sekali jika hidupnya diberikan kemudahan tapi tidak memanfaatkanya.

Setelah itu, berdasarkan pengalaman beliau untuk membangun karir yang dibutuhkan adalah PREPARATION sebanyak 20% dan sisanya yakni 80% adalah OPPORTUNITY.

PREPARATION

Ciri yang harus didevelop:
  1. Communication Skill
  2. Interpersonal Skill
  3. Strategic Thinking
  4. Character (80%)
  • Preparation dengan cara menambah kompetensi (knowledge/skill)
  • Komunikasi penting karena bisa menyampaikan ide, gagasan bisa juga secara non verbal tapi ada media yang dapat menyampaikan
  • Courage and consideration disertai sopan santun. Misalnya ketika kita tidak setuju dengan pendapat orang lain, caranya tidak dengan menunjuk orang yang sedang presentasi di depan tapi dengan angkat tangan dan permisi mengutarakan pendapat

 OPPORTUNITY

Bukan karena hebat tapi karena kesempatan yang ada. Perusahaan memberikan peluang, sehingga bagi yang ingin membangun karir yakni cari informasi yang tersebar di google tentang industri yang tumbuh. Misalnya di Bank yang tumbuh, setiap tahun membuka cabang baru jadi membutuhkan banyak posisi. Misalnya membuka 100 cabang baru, jadi setiap cabang membuka 100 kepala cabang, 300 wakil cabang (operasional, marketing, finansial dll) jadi peluangnya lebih besar.

Hal yang dibutuhkan 
  • Dream
  • Achievement
  • Experience
  • Change
How to? hardwork, adaptability, continous improvement, thankful

SYUKUR DALAM KARIR

Konsep syukur dalam karir: Karir adalah akibat proses dari rasa syukur. Kalau bersyukur akan ditambah. Hardworking adalah refleksi dari rasa syukur yang ditambahkan. Pak Doni memberikan ilustrasi tentang ada 2 orang mahasiswa, yang satu adalah mahasiswa berIP 4 dari kampus ternama dan lainnya mahasiswa berIP biasa saja dari kampus biasa saja. Ketika keduanya diterima menjadi frontliner di suatu bank, mahasiswa yang berIP 4 akan merasa sebenarnya dia bisa mendapatkan yang lebih baik lagi sehingga kerjaannya males-malesan. Di lain pihak, mahasiswa yang biasa-biasa saja bersyukur mendapatkan apa yang dia terima, dia bersyukur masih bisa bekerja sedangkan banyak diluar sana yang menganggur, dan dia bekerja keras karena dia merasa alangkah beruntungnya dirinya. Hasilnya akan terlihat kan? Ketika ada promosi, maka siapakah yang diangkat. Dan begitu seterusnya, dimulai dari rasa syukur yang direfleksikan dengan kerja keras.

MEMBANGUN BISNIS

Hal yang diperhatikan dalam berbisnis:
  1. Meeting customer expectation: experience and knowledge
  2. Delivery Value: set of benefit received or gained from an experience. Saat ini konsumen membeli nilai yang terdapat di produk. Misalnya ketika menjual jilbab maka yang ditawarkan adalah jilbab ini akan membuatmu lebih terlihat cantik atau bahannya enak. Jadi konsumen akan membandingan harga dengan nilai yang diperoleh ketika memakai produk itu
  3. Target Market
Sebenarnya masih ada pembicara satu lagi yang sedang dalam perjalanan. Tapi karena kami laper belum sarapan, akhirnya kami pulang duluan mengisi kekosongan perut kami *akhir tulisan yang tidak jelas xoxoxoxo

No comments