Mudahnya Buat Paspor ^.^ di Padang

Siapa disini yang belum punya paspor? Ayo bikin, gampang kok buatnya dan bisa dilakuin dimana aja, nggak harus wilayah KTP. Siapa tahu ada rejeki kita maen ke negara tetangga. Langsung cuss hehe. Amin

Awal saya buat paspor karena untuk daftar ke University of Glasgow harus dicantumkan nomor paspor. Berhubung saya lagi penempatan Padang, tanya2 mbah google ternyata bisa dibuat dimana aja. Kereenn. Apa aja persyaratan yang dibutuhin:
  • KTP asli dan fc
  • KK asli dan fc
  • Akta kelahiran, buku nikah, ijazah (pilih salah satu, kalau saya akte kelahiran)
  • Untuk PNS, melampirkan surat keterangan instansi (tapi ada yang bilang nggak perlu)
Untuk Imigrasi Padang, jam 5 pagi kita sudah di tempat untuk ambil nomor pendaftaran. Security yang memeriksa kelengkapan kita. Ada beberapa orang di depan saya yang tidak dikasih nomor pendaftaran karena belum mengkopi dokumen. Mau nyari dimana fc yang dah buka jam 5, akhirnya mereka terpasa menunggu fc buka. Di padang, dalam sehari dibatasi 20 pendaftar online dan 70 walk in. Karena Padang nggak serame Jakarta untuk kepengurusan surat2, jadi saya memilih walk in saja. Hari itu saya dapat nomor urut 11. Jam 8 kita balik lagi untuk mulai registrasi.

Jam 8 saya sudah di imigrasi kembali, dan baru dipanggil jam 10.30. Diwawancara singkat di registrasi tentang mau ke negara mana? untuk keperluan apa? kampusnya mana? jurusan apa? dan pertanyaan standar lainnya. Setelah lengkap kita menunggu giliran difoto dan selesai deh. Tinggal transfer. Kita bisa memilih paspor dengan halaman yang tipis dan tebal. Harganya yang tebal sekitar 300an *maaf ya lupa dan transfer ke BNI. Setelah itu tunggu seminggu untuk pengambilan. Selesai deh. Happy ending

1 comment

  1. untuk dokumen pelengkap Akta kelahiran, buku nikah, ijazah (pilih salah satu) tapi saya pernah tanya ke orang yg pernah buat itu semua di cek ya data buku nikah, ijasah, dan akta kelahiran harus cocok?

    ReplyDelete