Tiga Situs Massive Open Online Course (MOOC) yang Recommended

Saya bersyukur dibesarkan di zaman digital seperti saat ini. Dulu saat masih SD dan internet masih langka, bagaimana sulitnya mencari informasi kalau ada tugas sekolah. Saat SMP, saya mulai kenal cara membuat email, dan saat ini BOOMM.. bagaimana kita mengolah banjir informasi yang kita dapatkan dari internet.
Salah satu favorit saya dari internet adalah saya bisa belajar online gratis dari kampus-kampus ternama dunia (yang umumunya kampus di UK yang menyelenggrakan). Materinya bagaimana? Tinggal pilih mulai dari linguistik, psikologi, jurnalis, bisnis, kedokteran, lengkap deh. Coursenya juga nggak dibuat main-main, selain video dari lecture, video grafisnya keren jadi kita tambah betah belajarnya. Sebenarnya banyak situs yang mengadakan free online learning, dari sekian banyak tiga situs ini favorit saya:

FUTURE LEARN

Futurelearn adalah platform pembelajaran yang berdasarkan massive open online course (MOOC) yang ditemukan pada Desember 2012. Dimiliki oleh The Open University di Milton Keynes, England. Program ini merupakan MOOC pertama dan pada Maret 2015 memiliki 54 partner baik dari kampus UK dan universitas internasional lainnya dan juga memiliki empat non-university partner seperti the British Museum, the British Council, the British Library dan the National Film and Television School.


Pemilihan Course

Dalam coursenya sendiri, banyak metode pembelajarannya mulai dari video, materi dan artikel dalam bentuk pdf atau word; diskusi; kuis dan lainnya. Setelah kita menyelesaikan minimal 50% coursenya kita dapat membeli statement of participation, harganya 34 ponds

edX

edX juga penyedia dari MOOC. Penyedianya dari universitas di berbagai disiplin ilmu. Dibuat pada tahun 2012 oleh The Massachussetts Instititute of Technology dan Harvard University. Lebih dari 70 sekolah, organisasi non-laba, dan perusahaan memberikan course disini.


COURSERA

Coursera dibuat pada tahun 2012, dibuat oleh Standford University, Princeton University, the University of Michigan dan the University of Pennsylvania. Coursenya beragam mulai dari fisika, teknik, ilmu sosial, kedokteran, biologi, matematika, bisnis, komputer, digital marketing, dan lainnya. Semua course yang ditawarkan gratis dan kita diberikan opsi untuk membayar jika ingin mendapatkan sertifikat. Coursera juga memiliki versi mobile untuk iOs dan Android


Gitu aja deh hehe reviu singkatnya
Selamat belajar online ^.^

2 comments

  1. AKu belum pernah nih ngunjungin situs2 itu, duh ketinggalan banget ya :(

    ReplyDelete
  2. wah asyik ya jaman sekaarng serab canggih dan seharusnya lebih pintar dan lebih banyak wawasan yang didapat

    ReplyDelete