(Lanjutan) Tips Listening TOEFL Part A

Lanjut lagi belajarnya, tapi sebelumnya menurut saya untuk meningkatkan skill listening kita bisa memakai cara yang menyenangkan, kaya dengerin lagu favorit, baca novel, nonton film tanpa subtitle, nonton Descendants of the Sun pakai english subtitle hihi. Kalau mau yang serius misalnya nonton edTalk, dengerin BBC.


Lanjut lagi ya, tentang tips listening dalam TOEFL part A yakni short conversation. Baca juga tips awalnya

DIALOGUES WITH SOUND CONFUSION

Beberapa item dalam part A mengandung kata-kata yang membingungkan yang memiliki bunyi yang mirip-mirip. Jika kita nggak mendengar secara seksama, bisa-bisa kita memilih pilihan yang salah dengan pilihan yang berbunyi mirip.

Contohnya: peel dan pill, lack dan lake, point dan paint, peel and feel, vine dan wine. Beberapa kata yang mirip terdiri dari dua kata seperti satu kata misalnya mark it dan market, sent her dan center, dan in tense dengan intense. Ada juga yang satu kata yang terdengar mirip kata yang lebih panjang, misalnya nation dan imagination, mind dan remind, give dan forgive.

Terkadang pilihan jawaban yang mengandung kata yang terdengar mirip adalah jawaban yang salah. Misalnya, ketika kita mendengar spell dan ada kata spill di pilihan jawaban, kita bisa mengeliminasinya. Kita dapat memakai konteks percakapan untuk mengatasi masalah dengan bunyi yang mirip.

DIALOGUES WITH HOMONYMS AND WORDS WITH MULTIPLE MEANINGS

Homonim adalah jika mereka memiliki pengucapan yang sama tapi tulisannya berbeda dan memiliki perbedaan makna. Misalnya flour dan flower, bare dan bear. Tipsnya lagi-lagi adalah memahami keseluruhan kalimat karena kalau kita hanya berfokus ke satu kata saja maka kita dengan mudah bisa membuat kesalahan.

DIALOGUES WITH SPECIAL VERBS

CAUSATIVE VERBS

Yakni seseorang menyebabkan/membuat seseorang melakukan sesuatu. Ketika percakapan mengandung causative verb, kita harus paham siapa yang sebenarnya melakukan aksi tersebut. Have, get, make, dan let adalah kata-kata yang umumnya digunakan dalam causative verbs.

HAVE

Mengindikasikan bahwa seseorang meminta tau membayar seseorang untuk melakukan sesuatu. Kalimat pertama dibawah menunjukkan bahwa Dave tidak melakukan aksi tersebut, tapi mekanik. Di kalimat kedua, seseorang yang tidak disebutkan yang melakukannya.
  • Have someone do something (Dave had the mechanic fix his car)
  • Have something done (Dave had his car fixed)

GET

Get biasanya bermakna membujuk seseorang untuk melaukan sesuatu. Lagi-lagi bukan subjek (Jerry) yang melakukan aksi tersebut.
  • Get someone to do something (Jerry got his cousin to cut his hair)
  • Get something done (Jerry got his hair cut) 

MAKE

Make bermakna memaksa seseorang untuk melakukan sesuatu
  • Make someone do something (She made her son do his homework) 

LET

Let artinya mengijinkan seseorang
  • Let someone do something (The boss let us go home)

 USED TO

Memiliki dua bentuk, masing-masing memiliki perbedaan makna: 

Used to + simple form

  • I used to live in New York ( I once lived in New York, but now I don't) 

+ gerund (-ing verb) 

be/get + used to

noun phrase

  • I'm not used to driving on the left side of the road (I'm not acustomed to driving on the left side)
  • I've finally gotten used to my new job (I've finally become accustomed to my new job)

5 comments

  1. bermanfaat banget postnya Mbak. Makasih ya. Udah lama nih saya gak ngambil test TOEFL. Kalau dari keseluruhan rangkaian yang pernah saya ikuti paling suka sama bagian listening meskipun gak tahu juga jawaban saya bener apa nggak. Hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2, mas Daniu. Saya juga paling seneng listening daripada structure atau reading. Mas Danii mah dah jagooo englishnya hehe

      Delete
  2. wah hebat mbaknya.... sepertinya mbaknya bisa menjadi guru bhasa inggris nih mbak... hehe... dilihat dari postingannya terlihat sudah jago... boleh dong mbak saya di ajarin... dan yang saya suka juga dalam listeningnya... hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih belajar kok mas
      belum expert hehe

      Delete
  3. This is important to remember while you are browsing IELTS or TOEFL preparation course, if you are planning on applying for citizenship or collage and intend to use your results as an entry requirement.

    Teaching for TOEFL

    ReplyDelete