Tips Lengkap Listening TOEFL Part B

 Part B terdiri dari percakapan yang lebih panjang antara perempuan dan laki-laki, terkadang antara dua laki-laki atau dua perempuan. Masing-masing percakapan berkisar antara 30 hingga 90 detik. Didahului oleh kalimat pembuka (the introductory comments). Kalimat pembuka merupakan informasi yang penting, seperti siapa yang berbicara, apa yang didiskusikan, kapan dan dimana percakapan berlangsung. Setelah percakapan selesai, ada 3 hingga 5 pertanyaan terkait.


Longer conversation dalam bagian B meliputi percakapan antara murid dan profesor atau akademisi lainnya, isu lingkungan dan percakapan tidak formal antar pelajar dan staf pada toko dan restoran. Topik pada percakapan ini seputar penelitian, course, perjalanan, aktivitas, olahraga dan berita terbaru seperti bencana alam, isu lingkungan.

The Introductory Comments

Kalimat pembuka memberitahu informasi dasar dari percakapan 

Questions 31 to 34. “Listen to two students talk about their psychology class.”
Questions 31 to 35. “Listen to a conversation about plans for a class trip.”
Questions 35 to 38. “Listen to two friends discussing a performance that they attended.”
Questions 36 to 39. “Listen to a conversation in a student housing office.”
Questions 35 to 39. “Listen to a conversation between two teaching assistants.” 

Tidak hanya kalimat pengantar memberitahu kita untuk siap mendengarkan percakapan, tapi juga memberitahu kita seberapa banyak pertanyaan yang harus dijawab dalam percakapan itu, sehingga kita dapat memprediksi dan mempersiapkan kira-kira soal-soal nanti akan membahas apa.


The Questions

Pertanyaan bisa seputar kesimpulan ataupun detail percakapan. Pertanyaan pertama biasanya mengenai overview dari percakapan dan membutuhkan pemahaman keseluruhan dari percakapan.

Contoh pertanyaan:
  • Seputar topik “What are the speakers discussing?”
  • Pertanyaan tentang setting (waktu dan lokasi):“Where did this conversation take place?”, “When did this conversation take place?” 
  • Pertanyaan tentang speakers: “Who are the speakers?”, “What is the probable relationship between the speakers?”
Penting untuk mendengarkan kalimat pertama untuk menjawab keseluruhan pertanyaan, karena bagian tersebut sering berbicara mengenai settingan percakapan, misalnya waktu dan lokasi, identitas dan ide utama dari percakapan.

Pertanyaan detail ditanyakan seputar poin khusus dalam percakapan. Jawabannya biasanya terdapat di salah satu ucapan speaker. Beberapa pertanyaan seputar detail, jawabannya disebutkan dalam  percakapan, misalnya seperti:

According to the conversation, . . .
According to the man, . . .
According to the woman, . . .
Beberapa pertanyaan detail percakapan adalah kesimpulan. Jadi kita membuat kesimpulan dari informasi yang disebutkan, seperti:

What can be inferred from the man’s comment about . . . ?
What does the man imply about . . . ?
What will the speakers probably try to do?


The Answer Choices

Empat pilihan jawaban adalah jawaban yang bisa saja benar jika dilihat secara parsial, biasanya jawabannya disebutkan dalam beberapa cara di percakapan dan hanya satu jawaban (yaiyalah). Beberapa orang memilih untuk menutup mata ketika mendengarkan supaya lebih fokus. Namun sebaiknya kita membaca pilihan jawaban, teknik ini sulit namun memiliki beberapa keuntungan, yakni:
  • Kita dapat melihat keseluruhan 
  • Dapat mengantisipasi apa saja pertanyaannya dan berkonsentarasi dan fokus terhadap poin tersebut
  • Membuat ita mengkonfirmasi beberapa detail yang kita dengar dengan membandingkan pilihan jawaban di buku soal.

Tips Umum

  • Familiar dengan pengarahan soal, tapi kita tidak dapat membalik halaman ketika pengarahan sedang dibacakan
  • Perhatikan kalimat pembuka untuk masing-masing kalimat karena masing-masing akan memberikan ide terkait apa yang sedang diibicarakan
  • Preview pilihan jawaban ketika pengarahan dibacakan dan jeda antar pertanyaaan
  • Coba kira-kira tebak apa pertanyaannya
  • Dengarkan keseluruhan konsep, siapa yang ada dalam percakapan, dimana dan kapan percakapan tersebut berlangsung, apa topik utama dari percakapan. Jawaban dari pertanyaan ini biasanya diawal kalimat
  • Dengarkan secara seksama informasi pada prcakapan tersebut. Clue mugkin datang beberapa bagian hingga dapat membentuk kesimpulan
  • Kita tidak diijinkan membuat catatan, tapi coba membuat catata pada detail yang spesifik: fakta, gambar, tanggal, tempat.. Kita dapat check informasi yang kita depat sebagai jawaban ketika previewing
  • Jika tidak bisa, tebak saja

1 comment


  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai TOEFL.
    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai iBT TOEFL yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar IBT TOEFL

    ReplyDelete