Musi Triboatton: Satu-Satunya Sport Tourism Triboatton di Dunia

KONTRIBUSI SEKTOR PARIWISATA DI INDONESIA

 

Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor terbesar yang mempengaruhi ekonomi secara global. Berdasarkan World Travel & Tourism yang tertulis dalam laporan tahunannya, sektor pariwisata memiliki dampak terhadap:
  • Komoditas (akomodasi, transportasi, tempat hiburan dan atraksi)
  • Sektor industri (layanan pada akomodasi, layanan pada sektor makanan dan minuman, retail, layanan transportasi dan layanan pada pusat rekreasi)
  • Tenaga kerja (menciptakan peluang pekerjaan)

Sumber: Laporan Tahunan World Travel & Tourism
Sektor pariwisata menghasilkan USD 7.580 milyar pada tahun 2014 (9,8% dari Gross Domestic Product) dan pada tahun 2025 diperkirakan mencapai 10,5% dari GDP global menjadi USD 11.381,9 milyar (1)

Asia merupakan pasar terbesar untuk sektor wisata. Menurut data BPS, wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke Indonesia setiap tahunnya selalu meningkat (2)
2008: 6.234.497
2009: 6.323.730
2010: 7.002.944
2011: 7.649.731
2012: 8.044.462
2013: 8.802.129
2014: 9.435.411

Tahun 2015, secara kumulatif (Januari-April) 2015, jumlah kunjungan wisman mencapai 3,05 juta kunjungan atau naik  3,44 persen dibandingkan dengan kunjunan wisman pada periode yang sama tahun sebelumnya yang berjumlah 2, 95 juta kunjungan.

Indonesia menurut First Choice, berdasarkan survei di jejaring sosial yakni Twitter dan Pinterest menempati urutan keempat sebagai negara terindah di dunia (3)

SPORT TOURISM = SPORT X TOURISM

 

Dunia olahraga merupakan salah satu fenomena sosial yang besar, menyatukan sekian ratus orang untuk menonton pertandingan. Sebagai contoh, misalnya teman-teman saya pergi ke Singapura, China atau negara lain untuk berpartisipasi dalam lomba marathon. Bahkan event lomba lari dalam gedung (vertical running), banyak peminatnya walaupun diadakannya di luar negeri yang pasti akan membutuhkan pengorbanan yang lebih besar dari sisi biaya, waktu dan tenaga.

Dunia olahraga dengan kemampuannya menarik massa yang fanatik dan pariwisata sebagai industri terbesar akan menghasilkan kesempatan yang potensial jika dua hal tersebut dipadukan.

Sport tourism adalah bentuk lain dari wisata dimana olahraga termasuk bagian dari rencana perjalanan yang membutuhkan usaha dari seseorang untuk melakukan perjalanan dari tempat asalnya ke suatu kegiatan dan terhenti dari rutinitas kesehariannya (4).

Terdapat tiga jenis sport tourism yakni (5): 
  1. Active Sport Tourism: Aktif berpartisipasi dalam event olahraga
  2. Event Sport Tourism: Menjadi supporter dalam pertandingan olahraga
  3. Nostalgia Sport Tourism: Mengunjungi atau melakukan penghormatan/bakti

 

SUMATERA SELATAN: WONDERFUL SRIWIJAYA 

 

Sumatera Selatan yang beribukota di Palembang adalah kota terbesar kedua di Pulau Sumatera setelah Medan dan merupakan kota terbesar ketujuh di Indonesia. Kota ini dikenal dengan kuliner pempek, selain itu Sumatera Selatan juga memiliki banyak tempat wisata (6), seperti:

Benteng Kuto Besak

Sumber: southsumatratourism.com
Benteng Kuto Besak adalah bangunan istana di abad ke-18 yang telah menjadi pusat kesultanan Palembang. Dibangun pada tahun 1780 dengan tinggi 10 meter. Disini, kita dapat melihat lalu lintas kapal di sungai Musi. Benteng ini adalah kebanggaan masyarakat Palembang benteng terbesar dan satu-satunya benteng di Palembang yang digunakan untuk melawan kolonial

Pulau Kemaro

Sumber: southsumatratourism.com
Pulau Kemaro adalah sebuah pulau kecil di sungai Musi. Nama pulau Kemaro berarti 'Pulau ini selalu kering dan tidak pernah berair meskipun ada pasang'. Pulau ini tampak seperti sebuah pulau terapung

 

Gunung Dempo

Sumber: southsumatratourism.com
Gunung Dempo adalah gunung tertinggi di Sumatera Selatan. Gunung Dempo juga merupakan puncak tertinggi di Bukit Barisan pegunungan yang membentang sepanjang seluruh Pulau Sumatera. Di kawasan hutan Gunung Dempo ada sungai kecil dengan air jernih. Para pendaki dapat mengambil air sungai ini sebagai air minum untuk perjalanan. Untuk mendaki, pengunjung harus melalui kawasan hutan dengan menelusuri jalan yang penuh dengan banyak akar pohon-pohon besar. Hutan itu sendiri padat dan terpencil, sehingga kadang-kadang kita akan mendengar suara kicau burung.

 

Air Terjun Bidadari

Sumber: southsumatratourism.com
Air terjun Bidadari memiliki tinggi sekitar 30 meter atau sama dengan bangunan 10 lantai. Dekat ke air terjun Bidadari, ada juga air terjun yang indah lainnya, seperti air terjun Bujang Gadis, air terjun Sumbing dan air terjun Naga

Dan tentu saja tujuan destinasi wisata Sumatera Selatan adalah sungai Musi sebagai ikon kota Palembang dan juga jembatan Ampera. Sungai Musi merupakan sungai terpanjang di pulau Sumatera, yang berjarak sekitar 750 kilometer.
Sumber: southsumatratourism.com
Sungai Musi telah dikenal sebagai sungai terpanjang di pulau Sumatera, yang berjarak sekitar 750 kilometer. Sedangkan jembatan Ampera terletak di tengah-tengah kota dan menghubungkan Seberang Ulu dan Seberang Ilir Musi Daerah dan dibangun pada April 1962.

MENGENAL INTERNATIONAL MUSI TRIBOATTON (IMT)

 

Dialiri oleh sungai Musi menjadikan Palembang cocok menjadi kota dengan wisata air. Pada tanggal 27 September 2005, Presiden Indonesia telah mendeklarasikan Palembang sebagai "Kota Wisata Air". Peluang ini tentu saja tidak dilewatkan oleh Pemerintah Daerah dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk menyelenggakran International Musi Triboatton, sebagai satu-satunya negara penyelenggara triboatton.

Sumber: wikipedia.org
International Musi Triboatton adalah event wisata olahraga tahunan dengan cara menyusuri  sungai melalui lomba dayung variatif menggunakan tiga jenis perahu yaitu: rafting, canoeing dan dragon boat racing dan penyusuran bersama dengan perahu induk dari hulu ke hilir sepanjang 500 kilometer dengan lintasan berarus deras (white water) dan berarus tenang (flat water).

IMT diselenggarakan sejak tahun 2012. Pada kali kelima ini, IMT dibuka di Balairung Soesilo Soedarman pada tanggal 7 April 2016 dan dihadiri ratusan pesera dari 10 negara dan berbagai daerah. IMT akan berlangsung pada tanggal 11 - 15 Mei 2016.
Sumber: phinemo.com dari wisatabloid
Terdapat lima etape dalam IMT, yakni:
  • Etape 1 (11 Mei 2016): Desa Tanjung Raya, Kecamatan Pendopo Barat, Kabupaten Empat Lawang. Kemudian dilanjutkan di Desa Ulak Mengkudu Lapangan SDN 14 Empat Lawang sebagai lokasi estafet peserta dengan finish di Jembatan Kuning, Tebing Tinggi.
  • Etape 2 (12 Mei 2016): Etape kedua akan dilaksanakan di Desa Muara Kelingi, Kabupaten Musi Rawas. 
  • Etape 3 (13 Mei 2016): Kota Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin. 
  • Etape 4 (14 Mei 2016): dimulai di Dermaga Pangumbuk, Kabupaten Banyuasin
  • Etape 5 (15 Mei 2016): akan menjadi titik akhir peserta di Kecamatan 10 Ulu, Kota Palembang

MARI SUKSESKAN INTERNATIONAL MUSI TRIBOATTON

 

Event ini akan membawa keuntungan baik bagi Indonesia umumnya dan terlebih bagi Provinsi Sumatera Selatan. Selain dari segi pembangunan ekonomi daerah, nilai immaterial seperti meningkatkan identititas diri daerah dan kesempatan berkembang bagi Provinsi Sumatera Selatan menjadi kota yang dikenal di kancah internasional.

Sumber: tourismvaganza.com
Tantangan yang dihadapi seperti persaingan antar negara untuk melakukan usaha terbaik guna menarik wisatawan mancanegara, oleh sebab itu kita membutuhkan rencana dan desain strategi yang baik dalam memasarkan paket sport tourism sehingga dapat memenuhi kebutuhan dari wisatawan.

Berikut beberapa pendapat saya untuk semakin mensukseskan International Musi Triboatton:

Menjaga Sungai Musi Bersama-sama

 

Dibuat program rutin untuk menjaga sungai Musi supaya tetap terjaga kebersihannya dengan peran aktif dari masyarakat dan pemerintah. Besama-sama menjaga sungai Musi karena merupakan kebanggaan bersama.

Kemudahan Akomodasi bagi Wisatawan

 

Pada website palembang-tourism.com menurut saya sudah cukup baik yakni kita dapat melihat dan mendownload daftar hotel, travel agent dan restoran. Dalam ajang IMT ini, apalagi lingkup inernasional perlunya perhatian pemerintah daerah dalam menyediakan akomodasi baik tempat menginap maupun akses transportasi bagi para wisatawan, tidak hanya peserta yang ikut bertanding tapi juga kesediaan akomodasi bagi supporter acara yang sengaja datang untuk melihat event ini.

Peningkatan Tempat Wisata Lain Turut Pula Diperhatikan

 

Terdapatnya pilihan wisata ketika sedang berkunjung melihat IMT. Apalagi misalnya untuk yang bukan atlet rasanya sangat sayang kalau hanya dihabiskan di satu tempat wisata saja. Apa yang dapat Sumatera Selatan tawarkan untuk yang menjadi supporter IMT?

Perlu adanya informasi yang baik mengenai tempat-tempat wisata di Sumatera Selatan. Hal tersebut guna memastikan kedatangan kembali masyarakat yang puas untuk berkunjung ke event Palembang selanjutnya misalnya ulang tahun Palembang ke 1333 pada tanggal 17 Juli 2016 atau Asian Games 2018. Menurut saya website yang disajikan oleh southsumatra.com sudah cukup baik dalam menampilkan tempat wisata disertai cantiknya gambar pemandangan alam di Sumatera Selatan.

 

Perkuat Komunikasi

 

Untuk mensukseskan Palembang menjadi kota internasional tentu dibutuhkan komunikasi antar negara, terlebih lagi dalam event IMT yakni mengajak kontingen negara lain untuk ikut serta dalam pertandingan.

Menurut saya, di Indonesia sendiri kurang terdengar gaung IMT, padahal event ini sangat unik. Saya juga baru tahu ketika ada lomba blog ini (apa saya yang memang kurang update ya), tapi ketika saya tanyakan ke teman-teman, mereka juga baru mendengar ada acara ini, padahal acara ini sudah dilaksanakan selama 5 tahun. Jadi menurut saya optimalkan manfaat dari teknologi, misalnya buzzer di twitter sehingga banyak yang 'ngeh' tentang event ini dan tidak hanya melingkupi dari komunitas tertentu.

Merasakan Sensasi Wisata Air

 

Untuk yang bukan atlet dan hanya suporter rasanya kurang greget kalau hanya menonton. Pasti penasaran bagaimana sih sensasi mendayung di air, naik dragon boat dan semacamnya. Sebagai tujuan kota Wisata Air, sungai Musi punya peluang yang sangat besar dalam meraih wisatawan. Perlu dilakukan atraksi yang menjual di atas sungai Musi, jangan kalah dengan wisata balon udara seperti Turki atau wisata air seperti Venesia dengan gondolanya.

Membuat Survey Kepuasan


Sebaiknya dibuat penelitian tentang opini atau pendapat dari peserta, supporter, penonton, dan pihak-pihak yang terkait untuk perbaikan kedepannnya. Dapat berbagai macam bentuk misalnya kuesioner, wawancara atau kita buat FGD tapi lebih kearah informal, misalnya dari perwakilan negara kita ajak obrol untuk kesan dan pesan acara selanjutnya.

Membuat Film tentang International Musi Boat

 

Film yang sukses akan menjadi daya tarik yang cepat bagi wisatawan berkunjung. Dapat kita lihat wisatawan berduyun-duyun datang ke Belitung untuk menyaksikan indahnya pantai yang digambarkan dalam film Laskar Pelangi atau mengunjungi sekolah tempat syuting Laskar Pelangi untuk merasakan sensasi seperti yang penonton rasakan di film.

Sumber: brillio.net

Saat ini,  film yang sedang ramai ditonton yakni Ada Apa dengan Cinta. Film yang ditonton 200.000 pasang mata dalam waktu kurang dari 24 jam ini menyuguhkan suasana 70% syuting di Jogja. Jadi banyak yang penasaran bagaimanakah bentuk Rumah Doa Bukit Rhema sebagai saksi perbincangan serius antara Cinta dan Rangga setelah berpisah selama 14 tahun.

Cantiknya air terjun Tamam. Sumber: gosumatra.com
Sumatera Selatan yang memiliki 33 air terjun dan 26 situs warisan di Pagaralam, air terjun Bedegung yang merupakan air terjun tertinggi di Indonesia dan tempat wisata luar biasa lainnya patut mendapatkan perhatian wisatawan, baik dalam maupun luar negeri. Akan seru kalau ada film yang membahas tentang romantisnya sungai Musi di malam hari, segarnya air terjun Tamam yang laksana tirai, romantisnya.. (jadi teringat film Korea Hwang Jin Yi xixixi)

Sumber: youtube
Menurut saya film bisa jadi sarana yang sangat efektif menggambarkan keindahan alam Indonesia, seperti wisatawan mancanegara yang banyak berkunjung ke Korea selain karena budaya K-Pop yang sedang naik daun tapi juga film yang menggambarkan indahnya negara Korea.

Indonesia juga memiliki keindahan alam yang luar biasa. Misalnya kita buat video tentang keseruan Internasional Musi Boat atau film pendek dan sebarkan di facebook atau youtube, jika videonya menarik maka akan menjadi viral dan menjadikan ajang promosi untuk IMT dan Sumatera Selatan. Nah, dengan adanya lomba-lomba seperti lomba video, lomba blog, lomba jingle dan lomba yel merupakan langkah untuk semakin terdengar gaung dari IMT.

Akhirnya, harapan kita bersama, Indonesia bukan lagi menempati peringkat keempat, tapi juga pertama sebagai negara tercantik di dunia. Sekaligus, ajang International Musti Triboatton menjadi ajang yang semakin prestisus, unik di dunia serta semakin banyak negara lain ikut berkompetisi dalam sport tourism ini. Payo (ayo) ke Palembang rame-rame nonton International Musi Triboatton, satu-satunya sport tourism triboatton di dunia

Referensi:
(1) http://wttc.org, diakses pada 3 Mei 2016
(2) http://bps.go.iddiakses pada 3 Mei 2016
(3) http://lifestyle.dreamer.id, diakses pada 3 Mei 2016
(4) Hritz and Ross dalam Journal of Applied Science 13 (24): 5708-5715, 2013 berjudul Factor Influencing People to Travel Abroad for Sport Tourism (Malaysia Evidence) oleh Hossein Nezakati, Mik Chuang Chin dan Maryam Akhoundi, diakses pada 2 Mei 2016
(5) Gibson dalam Physical Culture and Sport Studies and Research, 2009/2009 Volume XLVI berjudul Past, Present and Future Perspective of Sport Tourism in Cyprus oleh Orphanos Yiannakis, diakses pada 2 Mei 2016
(6) http://southsumatratourism.com, diakses pada 4 Mei 2016

Sumber lain:
wikipedia.org
travel.detik.com
http://phinemo.com
http://www.rmolsumsel.com
http://www.republika.co.idhttp://www.hospitalitynet.org
http://palembang-tourism.com
http://gosumatra.com
http://brillio.net




4 comments

  1. Bener-bener wonderfull, Destinasi wisatanya ;)

    Good luck, lombanya, mbak :)

    ReplyDelete
  2. Wuihhh komplit banget tulisannya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, eventnya keren. Nulisnya jadi semangat ^.^

      Delete