(Adv) Cara Mudah Membimbing Anak Supaya Rajin Beribadah



Senang sekali rasanya jika bisa menjadi orang tua yang baik bagi buah hati kita. Selain berkewajiban mencukupi kebutuhan anak tentu sebagai orangtua kewajiban kita dalam mendidik anak salah satunya mendidik agar rajin beribadah.

Anak-anak yang rajin beribadah tentu sudah mendapatkan pelajaran tentang nilai-nilai ibadah sejak kecil. Jadi, tidak pernah ada kata terlalu dini untuk mengajak anak beribadah. Beberapa cara berikut ini sangat ampuh membuat anak mengenal agama dan rajin beribadah versi saya.

Ajarkan Anak Mengucapkan Kata Amin

Tak harus mengajarkan hal yang sulit agar anak bisa mulai mengenal agama. Salah satu cara paling mudah adalah mengajarkan anak menyebut kata “amin” ketika anak sudah mulai belajar bicara. Ajaklah anak mengucapkan kata amin setiap kali mendengar kita selesai berdoa. Saat anak-anak semakin beranjak besar, kita pun bisa memberitahukan arti kata “amin” kepada anak.

 

Mengucapkan Salam Ketika Datang dan Pergi

Selain kata “amin”, mengucapkan salam “assalamualaikum” ketika datang dan pergi juga patut diajarkan pada anak. Sehingga nilai-nilai sederhana ini mmebuat anak menjadi lebih sopan ketika bertemu dengan orang lain. Yakinlah bahwa kita tidak membutuhkan waktu lama untuk mengajarkan anak mengucapkan salam. Sebab anak-anak biasanya memiliki daya ingat yang sangat baik sewaktu mengenal sesuatu yang baru.

 

Jangan Ragu Mengajak Anak ke Masjid

Jika anak sudah memasuki usia 2 tahun ke atas, cobalah untuk mengajak anak ke masjid untuk beribadah. Meskipun masih fokus pada aktivitas bermain, anak-anak akan menyerap informasi mengenai aktivitas ibadah di masjid. Selain itu, kemampuan komunikasi anak pun akan berkembang secara positif bila sering ikut orang tuanya ke masjid

Fatih sekarang 2,5 tahun dan sudah mau diajak tarawih tahun ini. Tahun kemarin memang ditengah-tengah tarawih minta pulang. Tapi tahun ini dia anteng kalau diajak tarawih (siapin cemilan yang banyak). Selesai tarawih Fatih senang jajan karena banyak yang berjualan di sekitar mesjid ^.^

 

Menyemangati Anak dengan Perlengkapan Ibadah yang Baru

Baik anak lelaki maupun anak perempuan, semuanya tentu merasa senang jika memiliki perlengkapan ibadah yang baru. MatahariMall ternyata tidak cuma jual model mukena terbaru, tetapi juga ada perlengkapan ibadah lain berupa peci, baju koko, sajadah, dan masih banyak lagi. Kita jadi tidak kerepotan mengajak si kecil keluar rumah hanya untuk membeli perlengkapan ibadah. Karena semuanya bisa dipesan secara online di MatahariMall.

Orang tua yang cerdas pasti sudah tahu cara membimbing anak untuk mengenal agama dan rajin beribadah. Dengan rajin beribadah, niscaya buah hati kita tumbuh menjadi pribadi yang santun dan berguna bagi orang-orang di sekitarnya.

Selamat Idul Fitri ^.^

4 comments

  1. Di masjid saya mah ga ada yg jualan, jd saya ga bs jajan #loh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin kita bisa jualan mba krn ga ada saingan #ehh

      Delete
  2. Alhamdulillah, 2 anakku sudah bisa diajak tarawih semua di masjid mbak. Tapi yang sulung juga seringnya mesti pake "pelicin" dulu...njajan ke tukang bakso tusuk yang mangkal di masjid..xi..xi

    ReplyDelete