Dengan Fitur Traveloka Pesawat + Hotel: Rencana Wisata Lebih Efisien

Jakarta...
Bagi saya yang lahir dan besar disana, Jakarta adalah kota yang menawarkan kehidupan yang dinamis. Mulai dari gedung-gedung bertingkat, mal-mal megah hingga berbagai tempat rekreasi yang bervariasi.

Sekitar 7 tahun lalu ketika masih kuliah, saya bersama dua sahabat kampus seharian menjelajah Kota Tua. Dimulai dnegan naik transJakarta jurusan Kota lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki kearah Kota Tua. Sesampainya disana, sudah ramai sekali pengunjung yang datang, mulai dari banyakanya penjual dengan berbagai macam dagangan, sesi photoshoot, penyewaan sepeda, musik dan lainnya.


Di dalam kawasan Kota Tua ada museum Fatahillah atau museum kota Jakarta. Didalamnya kita dapat menemukan sejarah Jakarta, melihat replika dari kerajaan Tarumanegara dan Pajajaran, benda-benda bersejarah seperti mebel antik, keramik, gerabah dan batu prastasti. Seingat saya, ketika masuk museum bangunannya terbagi menjadi dua yakni sayap timur dan abrat, di tengah-tengah merupakan bangunan bekas kantor.

Setelah puas berkelililing ke Kota Tua, kami berjalan ke museum Bank Mandiri. Museum ini merupakan salah satu bagian dari cagar budaya Kota Tua. Koleksi didalamnya berupa berbagai macam koleksi tentang perkembangan perbankan, misalnya mesin hitung uang kalkulator, mesin cetak, mata uang kuno dan surat-surat berharga seperti deposito dan cek-cek tempo dulu.

Selanjutnya, kami pergi ke tempat es krim tertua di Indonesia bernama Ragusa. Ketika kami kesana, ramai sekali pengunjungnya bahkan sebelum kami sempat menghabiskan es krim kami, sudah ada orang yang mengantri di belakang kami untuk mendapatkan tempat. Selanjutnya kami sholat di Masjid Istiqlal sebelum pulang menuju stasiun Gambir untuk pulang. 

Kalalu ini sewaktu ke Museum Nasional

Pilihan wisata di Jakarta tentu banyak sekali. Mulai dari pantai, waterpark, Monas, Dunia Fantasi dan lainnya. Bagi yang mau menghabiskan waktu liburan dengan nuansa alam, Jakarta juga memiliki beberapa tempat wisata alam seperti taman Suropati yang berada di kawasan Menteng Jakarta Pusat, uniknya banyak karya seni patung dari negara anggota PBB di Asia Tenggara di taman ini. 

Selain di Jakarta Pusat, Jakarta Selatan juga mempunyai taman asri bernama taman Tabebuya yang sudah saya reviu disini, taman yang berlokasi di Jagakarsa ini cocok untuk dipakai areana bersantai dengan keluarga karena ada permainan anak seperti ayunan dan jungkat jungkit. Selain itu, kita dapat melihat kolam angsa di tengah taman. Untuk tempat informasi wisata Jakarta dapat kita lihat juga di blog Traveloka.

Karena sekarang saya tinggal di Sumatera Barat, kangen rasanya dengan tempat-tempat wisata di Jakarta. Melihat kalender, dalam waktu dekat ada tanggal libur tanggal 1 Desember, jadi bisa long weekend. Kebetulan dua hari lalu atasan saya mendapat undangan untuk koordinasi ke kantor pusat dengan membawa staf. Atasan saya lalu menugaskan saya untuk dinas ke Jakarta dan meminta saya untuk mulai menghunting tiket dan hotel sebagai akomodasi di Jakarta.

Selama ini kalau mau memesan tiket dan hotel biasanya terpisah. Jadi pemesanannya sendiri-sendiri dan cukup menghabiskan waktu karena kita menghitung total secara manual, belum juga pembayaran yang terpisah-pisah. Ketika sedang browsing untuk cek harga tiket dan hotel sana-sini, ternyata Traveloka telah membuka pemesanan tiket dan hotel sebagai satu paket.

Wah, efisien banget dengan menu ini karena seingat saya tahun lalu pemesanan di Traveloka masih harus memesan sendiri-sendiri antara pesawat dan hotel.
 
Pemesanan hotel yang masih terpisah dengan pesawat tahun lalu 

Setelah saya coba-coba ternyata banyak poin plus yang saya rasakan dengan paket pesawat dan hotel ini:

Mudah dan Menghemat Waktu

Menunya mudah digunakan. Pertama, kita klik flight + hotel. Setelah pilih tanggal dan waktu penerbangan, selanjutnya kita pilih hotel dan isi data tanggal menginap. Setelah itu, kita dapat langsung ketik nama hotel yang dituju, atau jika masih bingung pilih hotel mana kita bisa searching hotel sesuai kebutuhan kita lalu klik pilih paket. 


Kita dapat mencari mulai dari lokasi hotel, harga terendah-termahal, bintang berapa dan juga fasilitas hotel yang akan kita dapatkan. Pada keterangan hotel dapat terlihat gambaran umum hotelnya misalnya harga, foto, hotel bintang berapa, fasilitas dan nilai hotel berdasarkan review pengunjung Traveloka. Komplit informasinya

Lebih Murah daripada Pesan Terpisah

Setelah pencarian selesai, pada saat check out terlihat berapa nilai rupiah yang dapat kita hemat jika melakukan pembelian pesawat dan tiket bersamaan. Lalu saya iseng-iseng juga mencoba kalau beli secara terpisah antara penerbangan dengan hotel (yang sama), ternyata hasilnya memang lebih murah jika dibeli bersamaan. Selisihnya karena ini keperluan dinas, jadi bisa lebih menghemat pengeluaran kantor deh *pegawai teladan. Kalau memakai biaya sendiri, selisihnya bisa kita gunakan untuk keperluan lain misalnya wisata kuliner.


Metode pembayaran yang mudah dan tersedia banyak metode pembayaran

Kalau sudah ok dengan pilihan kita, kemudian checkout dan login/mengisi data diri. Salah satu kelebihan yang saya suka dari Traveloka adalah banyaknya pilihan pembayaran, mulai dari transfer, kartu kredit, ATM, CIMB cliks, Mandiri clickpay, BCA klikpay, Mandiri debit, Indomaret dan Alfamart. Untuk transfer sendiri mulai dari bank BCA, Mandiri, BRI dan BNI. 

Manfaat Lain

Selain ketiga keuntungan tersebut, masih banyak keuntungan yang saya rasakan selama menjadi konsumen Traveloka misalnya responsifnya Customer Service 24 jam baik via telepon ataupun chat, dapat memesan di website ataupun Traveloka App. Kelebihan yang juga penting adalah mudah banget kalau mau refund. Untuk paket pesawat dan hotel juga dapat direfund secara partial, jadi misalnya hanya pesawat yang akan kita ubah jadwalnya, jadi tiket pesawat direfund tanpa mengubah pesanan hotel kita. 

Selain itu keamanan Traveloka juga terjamin karena website dan aplikasi mobile Traveloka menggunakan jaringan privat HTTPS yang terenkripsi. Sehingga data dan transaksi pelanggan tidak dapat dilihat dari siapa pun, bahkan saat pelanggan mengakses Traveloka di area hotspot publik. 

Jadi, bagi yang ingin berpergian keluar kota, cocok banget pesan pesawat sekaligus hotel dengan produk Traveloka flight + hotel ini karena manfaatnya banyak mulai dari kemudahan, hemat waktu, harga lebih murah dan manfaat lain yang Traveloka tawarkan. Akhir tahun makin dekat nih, kira-kira mau rencana liburan kemana? Apapun wisatanya, Flight + Hotel Traveloka pilihan utamanya  ^.^

2 comments

  1. Wah mantap nih Kk.
    Memang sih Traveloka menjadi situs yang sering jadi rujukan. Bukan aja utk pesan tiket tapi cari destinasi juga.

    ReplyDelete
  2. Makasih infonya kak Uwie..

    -Traveler Paruh Waktu-

    ReplyDelete