Joanna Soh dan Wishlist 2018

YANG KAMU LAKUKAN KE SAYA ITU...JAHAT!!

"Rengga, kamu kok gendut sekarang kaya mba Dwi", sapa seorang temen ketika kami berpapasan sewaktu pulang kantor. Kok sebel ya, menyapa orang tapi menyakitkan karena sambil mengungkit kegemukan orang lain.



Terkadang tidak kita sadari kalau body shaming atau tindakan mengomentari fisik seseorang  mudah terucap dalam keseharian. Walaupun bermaksud bercanda, tapi kalau hampir setiap hari seseorang tersebut  mendengar hal yang menyudutkan fisiknya, bisa jadi menyebabkan orang tersebut kehilangan kepercayaan diri, depresi atau mengalami gangguan makan seseorang seperti bulimia atau anoreksia


Saya pribadi berusaha untuk tidak ikut-ikutan membully fisik orang lain karena kita tidak tahu usaha apa yang orang lain telah lakukan demi perubahan yang lebih baik. Misalnya, saya yang saat ini memang sedang overweight dalam setengah tahun belakangan ini mencoba cara-cara yang efektif untuk menurunkan berat badan.

Sepulang kerja saya olahraga ke gym dan ketika weekend saya berenang. Sehingga saya agak sensitif ketika ada yang bercanda dengan berat badan saya karena belum tentu dia melakukan usaha yang tengah saya lakukan, di tengah-tengah mereka mungkin sedang beristirahat sepulang kerja, saya sedang berlari di treadmill. Jadi please stop body shaming!!

DIET TURUN 2-4 KG/BULAN ALA JOANNA SOH


Setelah berkelana dari diet satu ke diet yang lain, saya berhasil turun 4 kilogram selama 1 bulan setengah dengan cara diet yang Joanna Soh ajarkan.  Joanna Soh adalah seorang personal trainer bersertifikat yang juga merupakan youtuber dengan follower lebih dari 1 juta orang. Dalam channelnya, Joanna aktif memberikan panduan gerakan olahraga serta resep-resep makanan.

Walaupun tidak ekstrem perubahannya, tips dari Joanna Soh paling berhasil dari diet-diet yang saya lakukan tanpa perlu kelaparan. Ini tips diet saya yang terinspirasi dari Joanna Soh:

1) Mengurangi 500 Kalori Perhari
Menurut Joanna, untuk menurunkan 1 kilogram setara dengan pembakaran kalori sebanyak 3.500 kalori. Jadi jika ingin turun 1 kg, 3500 kalori dibagi 7 hari, sehingga 500 kalori adalah jumlah yang harus kita kurangi dalam sehari. Defisit kalori dapat kita dapatkan lewat pengaturan pola makan dan juga olahraga.

2) Menghitung Kebutuhan Kalori Harian
Untuk mengecek kebutuhan kalori harian kita dapat mengetahuinya di tdee calculator. Masukkan jenis kelamin, usia, tinggi, berat badan dan aktivitas harian. Kalori harian saya sebesar 1.535/hari, dari sini saya susun pola makan saya sehingga makanan saya sebesar 1.200 kalori/hari, karena kalori sebesar 1.200 adalah jumlah minimum supaya badan kita tetap bekerja dengan normal dan optimal.

3) Tracking Pola Makan
Untuk memantau makanan harian, saya menggunakan aplikasi yang saya download gratis dari playstore. Pada website tdee dikatakan untuk diet dengan karbohidrat sedang dapat menggunakan rumus 30% protein, 35% lemak dan 35% karbohidrat, jika mau diet rendah karbohidrat menggunakan rumus 40% protein, 40% lemak dan sisanya karbohidrat.

Aplikasi MyFitness Pal


4) Olahraga
Kalau saya makan sebanyak 1200 kalori berarti masih ada sebanyak 200 kalori lagi untuk mencapai target mengurangi 500 kalori perhari. Sisa  ini yang akan saya bakar melalui olahraga. Joanna memberikan panduan olahraga yang dapat kita lakukan di rumah selama 6 hari dalam seminggu. Olahraga yang agak berat yakni total body dilakukan pada hari Senin, Rabu dan Kamis selanjutnya diselingi olahraga kardio (misalnya treadmill, berenang atau gerakan olahraga kardio pada channel Joanna), sisanya yakni satu hari dipergunakan untuk istirahat. 

WISHLIST SAYA: TRAVEL MAT


Supaya tetap terpenuhi target olahraga 6 hari dalam seminggu, ketika dinas luar kota pun saya tetap membawa matras Yoga karena gerakan olahraga yang Joanna ajarkan umumnya menggunakan matras yoga.

Matras yoga yang saya punya saat ini memiliki tebal 6 mm, jadi cukup memakan tempat ketika dibawa berpergian. Teman kantor yang melihat saya pergi membawa matras heran dan berkomentar untuk apa saya membawa tikar.

Mau piknik, Pak jadi bawa tiker

Jadi, wishlist saya supaya lebih sehat kedepannya yakni memiliki matras yang gampang dibawa kemana-nama dengan kualitas yang baik walaupun tipis. Salah satu matras yang portable adalah Manduka EcoSuperlite Mat Yoga. Matras seri ini banyak digunakan bagi penggunanya yang suka berpergian karena dapat dilipat seperti handuk dengan berat kurang dari 1 kg.

Sumber: Lazada

Manduka EcoSuperlite Mat Yoga bisa dibeli di Lazada. Pengen banget beli tapi harganya hampir 7 kali lipat lebih mahal dari matras yang saya punya sekarang. Jadi sampai saat ini jika berpergian saya masih setia  membawa 'tikar' supaya tetap bisa berolahraga ala Joanna Soh.

EPISODE LAINNYA: BAJU KEKECILAN

Setelah tinggal di Padang, saya kurang dapat mengontrol makanan karena memang makanan disini lamak bana (enak benar), akhirnya selama 3 tahun tinggal di Padang berat badan saya naik 12 kg. Akibatnya beberapa baju yang saya miliki sudah tidak muat lagi. Tengah tahun bulan ini, di kantor akan diadakan rapat kerja dan saya ditunjuk untuk mempresentasikan tema humas era internet. Wah harus tampil kece nih, tapi setelah melihat pakaian di lemari, batik coklat sebagai dresscode rapat kerja sudah tidak muat lagi. hiks

TIPS MENJADI SMART SHOPPER

Saya dikenal di kantor sebagai maniak belanja online. Mulai dari pakaian, makanan, kosmetika bahkan sampai alat elektronik seperti handphone, kamera dan laptop pun saya beli online. Menurut saya belanja online itu menghemat waktu, praktis dan biasanya harganya lebih murah.

Tips dalam berbelanja online:
1. Belanja di online shop (OS) terpercaya
2. Ketika sudah tahu produk yang dituju, bandingkan harga antar OS. Misalnya saya sudah suka dengan satu jenis batik, lalu saya dapat perbandingan 3 harga yang berbeda di online shop


3. Cari yang memberikan promo gratis ongkir. Karena saya berdomisili di Padang, ongkirnya bisa mencapai 26ribu sekali kirim. Jadi promo gratis ongkir cukup membantu mengurangi harga akhir pembelian.

4. Sudah selesai? Belum dong, masih ada satu lagi yakni belanja onlinenya lewat Shopback. Kenapa tidak langsung aja ke toko onlinenya? Karena belanja melalui Shopback menguntungkan.

BELANJA DI SHOPBACK, HEMATNYA DOBEL 


Shopback adalah situs dimana kita bisa mencari dan mendapatkan penawaran dan diskon menarik dari sekitar 300 toko online dari seluruh dunia termasuk Indonesia, seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, eBay, Blibli, Tiket.com, Zalora dan lainnya. Belanja melalui Shopback akan mendapatkan cashback. Cashback disini adalah kita bisa mendapatkan uang kembali, jadi ketika kita berbelanja online melalui Shopback, Shopback akan mengembalikan sebagian uang dari belanja kita.

Bagaimana Caranya:

1) Klik toko tujuan melalui ShopBack lalu kita akah diarahkan ke situs toko tersebut. Kali ini batik idaman saya diatas, saya mau beli di Blibli. Cari toko Blibli dan klik disambungkan ke Blibli.


2) Belanja dan lakukan pembayaran seperti biasa, seperti instruksi pada toko online tersebut.


3) Dapatkan cashback di akun ShopBack dalam waktu 48 jam.

sudah nambah 13 ribuan di akun Shopback saya

4) Cashback bisa ditarik setelah divalidasi oleh pihak merchant. Catatan di akun saya, cashback cair setelah 23 Februari 2018. 

5) Cashback dapat ditarik ke rekening bank atau ditukar dalam bentuk pulsa setelah memenuhi jumlah minimum penarikan (Rp 50.000 untuk penarikan via transfer bank atau Rp 25.000 untuk penarikan via pulsa). Nah sistemnya seperti menabung kan, uang yang kita belanjakan sebagian akan balik ke dompet kita lagi.

SIAP-SIAP MENANTI HARBOLNAS: SHOPBACK-IN AJA


Nah, beberapa hari lagi menjelang Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) nih pada tanggal 12 Desember. Saat Harbolnas biasanya e-commerce banyak menawarkan promo-promo yang bikin ngiler. Sebelum momen Harbolnas, ada beberapa momen juga yang menawarkan banyak diskon mulai dari ShopFest tanggal 6 November, Online Revolution di 11 November dan diakhiri dengan manis di 12 Desember


Kenapa manis? ya, karena jarang-jarang kita mendapatkan banyak promo sekaligus diskon besar-besaran. Biasanya di momen diskon belanja online, barang impian yang paling sering saya beli adalah kosmetika. Contohnya sewaktu momen Festival Belanja Online, saya beli beberapa buah sabun untuk stok dan skincare dari The Body Shop Indonesia karena diskon hingga 40%. Toko online ini memberikan cashback 4% jika kita membelinya lewat akun Shopback terlebih dahulu.

Pembelian ketika Festival Belanja Online

Tapi jujur, sayangnya saya dahulu belum tahu tentang Shopback jadi masih membeli seperti biasa. Padahal kalau melalui akun Shopback saya sudah bisa dapat cashback sekitar 36 ribu rupiah.  Tips menghadapi Harbolnas seperti supaya tidak rugi seperti saya dulu:

1) Cari produk yang memang betul-betul dibutuhkan, supaya tidak over budget. Misalnya ketika harbolnas saya beli kosmetik yang memang benar-benar saya telah gunakan dan cocok. Jadi produknya memang akan digunakan.

2) Cari tahu promo beberapa hari sebelum Harbolnas. Biasanya di beberapa toko online sudah mulai  menjelang Harbolnas, bisa sudah mulai diskonnya atau sekedar pemberitahuan. Triknya adalah di toko online yang biasa saya beli, saya subscribe email mereka sehingga tidak akan kelewatan promo. Atau bisa juga melihat semua promo Harbolnas di Shopback yang dapat dilihat di banner-bannernya.

3) Pantau terus promo Harbolnas. Biasanya tepat jam 12 malam, promo akan dimulai. Jadi biar tidak kehabisan produk yang kita incar, begadang sedikit semalam itu hehe.

4) Jangan lupa gunakan promo Harbolnas supaya dapat diskonnya.

5) Seperti tips Smart Shopper saya diatas, promo gratis ongkos kirim jadi salah satu poin penting dalam berbelanja.

Shopback juga telah memiliki aplikasi mobilenya yang dapat didownload di Playstore dan App Store, sehingga belanja online lebih efisien dan nyaman dari perangkat mobile kita. Berbelanja di Shopback juga mendapatkan tambahan cashback hingga 30% jika melakukan transaksi pembelian saat Harbolnas.


Jadi ayo para Online Shopaholic, mari kita serbu Harbolnas dengan belanja lewat Shopback dan rasakan sendiri pengalaman belanja hematnya.

Mudah-mudahan Travel Mat idaman saya diskon juga saat Harbolnas. 2018, kami siap lebih sehat!!


Postingan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Shopback: Kamu Meminta, Shopback Kabulkan tapi kalah hahaha

7 comments

  1. Turun 4 kg dlm 1 1/2bulan itu udah mantap buat saya.
    Barang impiannya sesuai target ya.

    ReplyDelete
  2. Semoga terkabul ya Mbak barang impiannya. Wishlishnya hampir sama dengan saya.hihi

    ReplyDelete
  3. Menginspirasi sekali... Jd pgn download aplikasi myfitness pal sama beli matras...

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...