Dress Brokat Membuat Saya Semakin Percaya Diri

“You are what you wear”.  Peribahasa itu pernah saya dengar yang menunjukkan bahwa apa yang kita pakai menentukan siapa diri kita. Cara berpakaian dapat menggambarkan secara sekilas bagaimana kepribadian orang tersebut, misalnya ada yang terlihat tomboi, girly, elegan atau bisa juga terlihat identitas agamanya bagi yang wanita yang memakai jilbab. 
Memilih pakaian merupakan tindakan ekspresi dari pribadi. Apa yang kita pakai dan bagaimana kita menggunakannya juga dapat mengkomunikasikan suatu pesan dan membentuk identitas grup. Misalnya Ganguro sebagai trend pakaian di Jepang sebagai  bentuk pemberontakan terhadap standar kecantikan Jepang yang digambarkan sebagai gadis dengan kulit putih pucat dan rambut hitam sehingga mereka berdandan untuk melawan sterotipe cantik dengan menggunakan make up berwarna coklat tua.
Sumber: wowamazing.com
Pemilihan pakaian juga berpengaruh terhadap kepercayaan diri. Contoh sederhananya, kalau kita “saltum” alias salah kostum di suatu acara, kemungkinan besar jadi nggak nyaman kan? Dikutip dari dailymail, Professor Karen Pine dari the University of Hertfordshire melakukan eksprimen terhadap sekelompok mahasiswanya untuk memakai baju Superman dan menemukan bahwa mereka lebih percaya diri secara mental dan psikologis. Menariknya, tidak hanya membuat mereka percaya diri ketika memakai T-Shirt Superman tetapi responden berpikir mereka lebih kuat secara fisik. 

Sumber: dailymail.co.uk
Dalam bukunya berjudul “Mind What You Wear” bahwa pakaian dapat mengubah suasana hati dan pikiran kita, sehingga Profesor Pine menyarankan untuk lebih berhati-hati dalam memilih pakaian yang akan  kita pakai. Terdapat 10 cara bagaimana kita dapat merubah mood kita menjadi positif dan lebih bahagia dengan dalam berpakaian:
  1. Potongan pakaian favorit. Kalau saya suka banget dengan potongan baju yang berbentuk baby doll karena kesannya jadi lucu. Jadi ketika memakai baju baby doll rasanya seperti lebih muda dan cheerful.
  2. Perhiasan yang menandakan bahwa kita spesial misalnya medali kehormatan atau mungkin perhiasan yang dipakai sosialita ya.  
  3. Memilih warna pakaian misalnya memakai warna merah yang membuat kita menjadi semangat.
  4. Corak pakaian seperti polkadot dapat menghidupkan kembali perasaan riang seperti saat masa kecil
  5. Mix n match pakaian akan membuat happy karena kita akan menikmati sensasi hal baru.
  6. Pakaian longgar dan sepatu datar membuat gerakan kita menjai bebas sehingga happy ketika melakukan suatu petualangan dan perjalanan. 
  7. Aksesoris yang unik seperti ikat pinggang vintage dapat mengingatkan kembali pada dengan kisah-kisah masa lalu yang romantis. 
  8. Penggunaan serat alami seperti linen, katun, sutra dan wol membuat kita lebih dekat dengan alam.
  9. Motif bunga yang dicetak, renda, kain flowy, membuat kita merasa lebih feminin. Menggunakan brokat juga membuat saya merasa feminim. Jenis kain brokat biasanya kaya akan motif. Dress Brokat yang biasanya dicetak dengan motif bunga membuat saya merasa lebih cantik. 
Dress brokat umumnya dipakai untuk acara formal misalnya kebaya untuk acara pernikahan. Karena bahan brokat yang agak keras dan gatal jika langsung tersentuh kulit, biasanya dipakai di bagian luar sehingga perlu bahan pelapis.

(Umumya dipakai ketika acara pernikahan)
Saat ini, seperti halnya batik untuk pemakaian kain brokat sendiri lebih luas pemakaiannya dan dimodifikasi sehingga dapat juga dipakai pada keseharian. Misalnya seperti gambar dress brokat cantik dibawah ini:


Karena bahannya yang unik, jadi perawatannya juga agak berbeda dengan bahan katun biasanya. Perawatannya sebaiknya menggunakan tangan supaya benangnya tidak kusut dan tidak perlu disetrika sehingga ketika mengeringkan, jangan diperas-peras tapi cukup diremas-remas saja sehingga bahannya tidak rusak.

Tips terakhir untuk meningkatkan mood positif dalam berpakaian adalah bahwa apapun pakaian yang kita pakai jika kita nyaman tentunya akan meningkatkan mood kita. Senyum adalah aksesoris terbaik kita, jika kita tersenyum, maka kita akan terlihat baik dengan apapun pakaian yang kita pakai.

Jadi, kita akan merasa lebih bahagia dan percaya diri dengan pakaian yang tepat karena kita tidak hanya menjadi apa yang kita pakai, tetapi juga pakaian dapat membentuk perasaan kita. 

1 comment

  1. Kalau pakai brokat kayaknya aksesorisnya nggak harus berlebihan ya mba

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...