Day 1: Kenapa Menulis Blog

Apa alasanmu menulis blog? tanya salah satu penguj beasiswa di depan saya. Saya langsung teringat dan flash back kebelakang tentang alasan yang mendasari saya mulai aktif ngeblog. Saya jawab, dulu setelah habis melahirkan saya sedikit bingung dengan dunia baru saya, misalnya tentang perASIan, orang tua saya tidak mengenal tentang tentang ASI perah, mulai dari peralatan pumping hingga cara penyimpanan dan penyajiannya ke anak. Terlebih lagi tentang kebingungan orang-orang di sekitar rumah tentang ASI yang dikemas dalam botol. Curhatan maupun tips ibu-ibu blogger membantu saya melaui hal tersebut dan saya merasa tidak sendirian. Serasa ada teman seperjuangan, jadi selanjutnya saya mulai rutin menulis blog, siapa tahu ada orang lain yang terbantu dengan tulisan saya. Beginilah saya membalas rasa terima kasih saya terhadap para blogger yang sudah membantu saya melalui masa menyusui. Interviewer itu pun diam tak bereaksi mendengar jawaban saya. 

Awalnya, saya membuat blog itu tahun 2010. Pertama kali buat di wordpress judulnya tentang "Kalian Tidak Mendengarkanku" wkwkw. Jadi itu puisi tentang curhatan hati saya yang merasa ketika teman-teman kumpul, kok saya merasa ga didengerin ya. Akhirnya saya keluar dari kelompok pertemanan itu dan membuat puisi itu. Yang kedua postingan tentang puisi lagi tentang "Aku Takut Waktu", itu curhatan tentang skripsi yang direvisi mulu hehe. Setelah itu mulai nulis tapi tidak rutin (sekarang juga tidak rutin juga sih). Jadi alasan saya ngeblog yang lainnya itu sebenernya pengen curhat tapi jarang yang mau dengerin. 

Salah satu kelemahan saya adalah saya kurang ahli di kemampuan verbal, menarik perhatian audience atau pendengar. Bikin boring akhirnya ditinggal wkwkwkwk, padahal ada banyak lho yang mau saya ceritain, misalnya buku-buku yang saya baca, tips TOEFL dan lainnya. Tapi karena saya kurang cakap dalam bercerita akhirnya saya cobalah menulis blog, salah satunya tentang tips TOEFL dan surprisingly postingan itu banyak yang baca dan komen dibandingkan postingan saya yang lain. Beberapa ada yang email juga untuk bertanya lebih lanjut. Ngerasa jadi orang berguna buat orang lain kalau ternyata tips saya bermanfaat.

Alasan yang ketiga adalah waktu sedang menulis review tentang buku, saya juara 1 dan dapat hadiah organizer berjudul "Don't Worry to be Mommy" sesuai dengan judul buku yang saya review. Wah senangnya. Wah enak juga ya bisa dapat rejeki lain dari nulis. Saat ini walau belum menghasilkan banyak, tapi saya terkadang dapat hadiah dari beberapa lomba blog yang saya ikuti, dapat job placement di blog dan mengumpulkan pundi-pundi adsense walaupun bertahun-tahun belum bisa dicairkan hihi. Tapi tentang penghasilan ini bukan alasan utama sih, jadi saya tidak terlalu ngoyo.

Amazingly, ketika menulis blog banyak hal positif yang saya dapatkan. Misalnya saya lebih mengenal diri sendiri, saya jadi tahu sebagai orang introvert walaupun saya tidak ahli dalam kemampuan verbal namun saya punya kelebihan dalam menulis. Dengan mengenal blog juga saya jadi sedikit mengerti mendesain gambar, photoshop dan fotografi dasar untuk keperluan blog. Dengan blogging saya juga mengenal orang-orang hebat yang dapat menjadi inspirasi dan setiap orang istimewa dengan keunikannya masing-masing,

No comments

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...