Atasi Mata Kering dengan Insto Dry Eyes

Yeay,, Kembali ke Kantor Pusat…

Sudah sekitar 5 bulanan, Alhamdulillah saya kembali ke kantor pusat dan ditempatkan sebagai peneliti. Sebagai peneliti, terkadang saya rada shock karena harus rajin mencari referensi, mulai dari membaca buku, jurnal ataupun googling.

Berlama-lama di depan komputer dari pukul 8 hingga pukul setengah lima, ditambah lagi ketika sampai rumah, terkadang saya ngeblog, membuat mata pegel. Kalau mulai merasakan gejala itu, biasanya saya menghentikan dulu aktivitas membaca atau menatap layar komputer lalu istirahat dengan memejamkan mata sejenak sambil mendengarkan musik untuk mengatasi mata lelah

Tulisan-tulisan jurnal yang imut sering membuat mata sepet. Tidak hanya berlama-lama menatap layar laptop atau membaca, saat ini kegiatan keseharian kita seperti bermain handphone, terkena paparan AC dan menyetir kendaraan di tengah polusi semakin menimbulkan gejala mata perih. Lalu gimana sih solusinya? Cukup nggak sih dikucek-kucek saja atau memejamkan mata seperti saya. Ada nggak sih efek jangka panjang dari kebiasan-kebiasaan diatas terhadap kesehatan mata?

Berkendara dan polusi sebagai salah satu penyebab Computer Vision Syndrome

Ternyata mata sepet, pegel, perih dan lelah merupakan gejala mata kering. Mata kering bukan hanya tidak nyaman tetapi juga dapat memperburuk kondisi kesehatan mata kita. Dikutip dari situs Health Harvard, mata kita memiliki beberapa sumber kelembaban. Salah satunya adalah kelenjar lakrimal di kuadran luar atas mata. Itulah kelenjar yang menghasilkan air mata jika kita menangis atau sesuatu masuk ke mata. Sumber lainnya termasuk jaringan kelenjar yang tertanam di konjungtiva (permukaan putih mata dan permukaan bawah kelopak mata) yang menghasilkan air dan lendir, lalu ada juga kelenjar di tepi kelopak yang menghasilkan zat berminyak. Campuran air, lendir dan minyak dari dua sumber terakhir ini membentuk lapisan air mata pada permukaan mata.
Dengan bertambahnya usia, lensa mata semakin hilang fleksibilitasnya. Orang tua umumnya membutuhkan lebih banyak cahaya daripada orang yang lebih muda untuk pekerjaan mereka. Orang di atas 50 tahun membutuhkan tingkat cahaya dua kali lipat dibandingkan dengan yang dibutuhkan untuk orang muda untuk pekerjaan yang sama. Produksi air mata juga menurun, hasilnya adalah sindrom rasa kering.

Selain penuaan, penyebab sindrom mata kering yakni:
  • efek samping dari obat-obatan (seperti antihistamin atau obat tekanan darah)
  • kondisi yang mendasarinya (seperti masalah tiroid; diabetes; rheumatoid arthritis; gangguan sistem kekebalan tubuh; atau penyakit Parkinson)
  • lingkungan (paparan debu, asap, dan polutan lainnya)
  • operasi mata
  • penggunaan lensa kontak
  • melihat gadget elektronik terlalu lama dan kurang berkedip
Nah kalau di teman-teman, ada berapa nih faktor penyebab diatas yang menyebabkan mata kering di mata teman-teman? 

Hati-hati dengan Computer Vision Syndrome

Terkait melihat gadget teralu lama dapat menyebabkan Computer Vision Syndrome (CVS). CVS adalah masalah visual ditandai oleh sejumlah gejala mata seperti mata lelah, mata berair, iritasi, mata kabur, nyeri otot dan lainnya. Definisi CVS menurut American Optomeri Association adalah masalah mata dan penglihatan kompleks yang dialami selama atau terkait dengan penggunaan komputer.

Sebanyak 70 juta orang di seluruh dunia berisiko mengalami sindrom ini (Harvard Health) dan kemungkinan bertambah, mengingat semakin banyaknya baik karyawan hingga siswa memakai komputer selama berjam-jam. Menurut para peneliti, hingga 90% orang yang menggunakan komputer untuk waktu yang lama akan mengalami satu atau lebih dari gejala ini. Dan ini tidak termasuk masalah kesehatan lainnya seperti sakit punggung, leher dan bahu. Jadi bagaimana  sih menghindari potensi bahaya kesehatan terkait komputer padahal kita perlu untuk penggunaannya dalam keseharian?

Bagaimana solusinya?

Tips mencegah CVS berdasarkan Research Journal Science and Technology berjudul Computer Vision Syndrome – An Emerging Occcupational Hazard oleh Indu Rathore:

Latihan Mata
Terdapat beberapa latihan mata, yakni:
  • Palming: Gosokkan telapak tangan secara bersama-sama lalu letakkan pada mata yang tertutup selama 1 menit. Panas dari telapak tangan akan membuat mata relaks.
  • Blinking: Mata normal berkedip 12-24 kali per menit. Tetapi penggunaan komputer dalam waktu lama mengurangi tingkat kedip.Latihan untuk mengedipkan mata setiap empat detik sekali. Berkedip menjaga mata secara alami terhidrasi dan lembab yang mencegah kekeringan mata. 
  • Rolling: Tutup mata dan putar mata dengan gerak memutar. Itu akan memijat mata untuk mengurangi mata yang kering.
  • Eye Scanning: Duduk dengan nyaman dan perhatikan ruangan. Misalnya, mulai dari satu ujung dan scan setiap objek pada ruangan itu. Misalnya mulai dari televisi, kemudian pindah ke printer dekat televisi dan terus lanjutkan ke jendela dibelakangnya. Hal ini akan menjaga mata pada gerakan yang konstan dan membantu mempertahankan fokus mata.
  • 10-10-10 rules: Setiap 10 menit lihat objek pada jarak 10 kaki selama 10 detik

Istirahat
Ketika kita sudah bekerja lama di depan komputer maka kita perlu mengistirahatkan mata selama 15 menit setiap 2 jam secara berkala untuk menghindari mata kering.

Pengaturan pencahayaan di tempat kerja
Jangan duduk membelakangi jendela atau pintu yang tidak tertutup. Gunakan tirai yang dapat disesuaikan untuk mengatur level cahaya di tempat kerja. Pencahayaan tempat kerja sebaiknya antara 200 dan 700 Lux (kurang lebih setara dengan 20 hingga 70 lilin). Sebuah tingkat pencahayaan yang dapat diterima diperlukan untuk meningkatkan visibilitas layar komputer. Perbedaankecerahan antara layar dan area sekitarnya sering mengiritasi mata. 

Modifikasi tempat kerja
Tempat kerja sebaiknya memiliki bangku yang dapat disesuaikan dengan penyangga tangan untuk menulis dan sandaran kaki untuk menjaga posisi kaki datar pada tanah, keyboard komputer yang dapat dilepas dan layar yang dapat mempertahankan posisi layar yang direkomendasikan. 

Perhatikan instruksi dalam penggunaan komputer
  • Mengatur posisi duduk yang baik
  • Mengatur jarak 50 hingga 70 cm antara mata dengan layar dengan sudut pandang ke bawah sebesar 15 derajat
  • Menyesuaikan bagian atas layar di bawah level mata secara horizontal dan sedikit miringkan sekitar 10-20 derajat dari pengguna
  • Sesuaikan kecerahan dan kontras layar komputer untuk mempertahankan keseimbangan dengan pencahayaan ruangan dan jarak penglihatan layar
  • Untuk kontras pada layar, gunakan karakter hitam pada background putih atau karakter putih pada background hitam sehingga lebih terlihat jelas dibandingkan warna kontras yang lain. 
  • Gunakan font tulisan yang lebih besar ketika membaca pada layar
  • Simpan bahan bacaan di bawah monitor saat mengetik agar tidak bergerak antara membaca dokumen dan membaca layar computer
  • Bersihkan layar komputer secara berkala
  • Gunakan peralatan perlindungan ketika membaca di computer seperti kacamata spesial membaca, layar atau filter anti silau.

Menjaga kesehatan mata: 
  • Konsultasi kepada ophthalmologist untuk diagnosis, perawatan dan manajemen CVS. 
  • Masalah penglihatan sebaiknya dikoreksi dengan menggunakan kacamata atau lensa kontak.
  • Minum cukup seperti air lemon, air kelapa, jus buah, susu untuk mencegah dehdirasi
  • Konsumsi makan kaya omega 3 fatty acids, besi, vitamin C, vitamin A dan vitamin E dan konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi seperti sayur-sayuran
  • Update pengetahuan dengan CVS dengan berkomunikasi dengan petugas kesehatan, membaca buku dan jurnal dan internet.
  • Konsumsi suplemen mata

Gunakan artificial tears (air mata buatan)
Air mata alami kita akan menenangkan mata kita setiap kali berkedip. Jika kita tidak membuat cukup air mata atau menguap terlalu cepat, mata kita menjadi kering. Akibatnya mata dapat terinfeksi dan permukaan mata kita bisa rusak jika mata kering tidak dirawat. Seperti yang disebutkan diatas bahwa air, lendir dan minyak membuat mata kita sehat. Eye drops disebut dengan artificial tears (air mata buatan) yang meniru air mata asli kita.

Insto Dry Eyes sebagai salah satu solusi Mata Kering

Salah satu tips mengatasi mata kering adalah menggunakan artificial tears. Insto Dry Eyes digunakan untuk:
  • Memberikan efek pelumas seperti air mata
  • Mengatasi gejala kekeringan pada mata
  • Meringankan iritasi mata yang disebabkan kekurangan produksi air mata
  • Pelumas pada mata palsu
  • Mengatasi gejala kekeringan pada mata dengan memberikan efek pelumas seperti air mata.
    Sumber: Insto dry eyes education
Komposisi Insto Dry Eyes yakni larutan isotonik steril Insto moist yang mengandung: Hidroksi propil metil selulosa 3.0 mg: Benzalkonium klorida 0.1 mg. Aturan pakai produk ini yakni 1-2 tetes pada setiap mata, 3x sehari atau sesuai anjuran dokter.

Penggunaan komputer yang lama tanpa istirahat sebagai penyebab mata kering

Mari Kita Bersama-sama Menjaga Kesehatan Mata

Ungkapan mata adalah jendela dunia memang tepat, karena peranan mata yang sangat penting bagi kehidupan kita. Sehingga sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatannya. Mencegah dan mengetahui gejala dari mata kering atau bahkan Computer Vision Syndrome pada tahap awal berguna untuk menghindari penglihatan yang buruk yang dapat mengakibatkan produktivitas menurun di kehidupan sehari-hari kita. Langkah-langkah kecil diatas seperti pengaturan tempat kerja yang baik , istirahat hingga penggunaan Insto Dry Eyes ketika diperlukan dapat mencegah bahaya komputer pada kesehatan mata kita, mengingat komputer dan gadget telah menjadi kebutuhan dalam banyak kegiatan harian kita. Ayo mulai dari hal kecil, sobat ^.^

Sumber:
https://www.health.harvard.edu/blog/the-fix-for-dry-eyes-2017021011090
https://www.health.harvard.edu/blog/times-changin-bringing-new-syndromes-201607019844
Computer Vision Syndrome – An Emerging Occupational Hazard Reseach Journal of Science and Technolog 9(2). April- June 2017

2 comments

  1. wuah boleh juga idenya: modifikasi tempat kerja
    kalau kosanku sih enak, laptopan sambil melihat pemandangan luar
    tapi kalau di kantor, susah euy... padat gitu loh.. pengennya sih nambah bunga kaktus mini nanti di meja, biar ada seger2nya

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum, perkenalkan nama saya Zahrah, sesama anggota WAG IHB :)
    Semoga kedepannya bisa berteman baik ya kak hehe.
    Sudah saya follow blognya ^_^

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...