Pengalaman Les TOEFL Preparation di LIA

Skor TOEFL naik euy, lumayanlah..

Ga tau kenapa, otak rasanya lemot banget kalo belajar bahasa Inggris. Udah lulus kuliah, tapi skor toefl belum nyampe 450. Padahal kalau mau dapet kerja yang enak (baca: ODP Muamalat), harus bagus skornya. Nyoba belajar sendiri, cuma naik 10 poin. Nggak cukup bagus..

Akhirnya…saya putuskan untuk ngambil kursus persiapan toefl. Aku pilih LIA (pengennya sih EF, tapi kantong tak memadai :P). Tapi hasilnya lumayan kok.

Karena nilaiku masih dibawah 450, jadi masuk kelas TP-2. Yang masuk kelas ini, range skor antara 401 – 450. Kalau di LIA, ada empat kelas penempatan.

Di dalam kelas, dilatih banyak soal tentang listening, structure dan reading (sayangnya, ga ada writing). Juga diberitahu strategi-strategi yang bisa diterapin. Ngerasa bermanfaat banget sejak les disini, mungkin karena waktu sekolah kurang perhatian sama pelajaran bahasa Inggris, jadi baru “ngeh” dengan grammar yang diajarkan (saya kira, grammar bahasa Inggris cuma tenses aja ^^’ ancur..ancur)

Baru belajar setengah bulan aja, skor TOEFL ku udah naik 30 – 50 poin. Dari sebelumnya 447, jadi antara 477 – 497. Skor listening saya naik pesat, reading naik dikit, tapi structure masih anjlok. Kata gurunya, skor saya bisa melampaui 550 asal structure diperbaikin. Semangat!!

Mau share aja, Ini nih jawaban yang benar dari prediction Toefl saya dari hasil mid-test:

Sebelum (listening: 23; structure: 14; reading:  35)
Sesudah (listening: 32; structure: 17; reading:  36)

Tapi seperti awal pertemuan di kelas, selalu diingatkan bahwa guru dalam kelas bukan pesulap, yang bisa secara ajaib meningkatkan nilai skor TOEFL kita. Tapi, kuncinya ada di diri kita sendiri, seberapa sering kita latihan..latihan..dan latihan.

Demi mendapatkan skor 677 ^^’, pengen nyoba lanjut terus ke level selanjutnya, walau kantong kembang kempis bayarnya (975ribu/3 bulan). Tetap semangat!!!

Update: Skor TOEFL saya dah sampai range 500 - 513 (sombong.. :p). Tapi masih tetep jatuh di structure >.<

Semangat!!!
(kisahuwi.wordpress.com)

31 comments

  1. mba, waktu les dilia cabang mana?
    maluuu, nanti kl dikelas ga bisa apa2 gimana? apa iya tmn2 yg lainnya udah jago2 yah pas les prep.toefl?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga rasakan hal yang sama. Takut kursus bareng karena malu kalo gak bisa ikutin. Ketemu teman yang jago2. Sampe ketemu online learning di britishenglishclass.com , kelasnya private. Gurunya jg bisa milih sendiri. Gak malu salah lagi. :-)

      Delete
  2. Saya dia lia margonda. jgn khawatir nggak bisa, soalnya nanti kan dites awal kita masuknya tingkat berapa. Jadi satu kelas pemahamannya hampir sama. Semangat ;-)

    ReplyDelete
  3. Mba, pembagian kelas TP1, TP2, TP3, dst tuh berdasarkan score TOEFL ya?? Kalo TP1 tu brarti score TOEFL nya antara berapa smp berapa ya?? Ko dr pihak LIA g mau ngasih tau ya..

    ReplyDelete
  4. Skor tp1 kurang dari 400
    Tp2 antara 400 - 450
    Tp3 antara 451 - 500
    Tp4 diatas 500.
    Nanyanya di cabang mana mba? Memang ada cabang yg kelihatannya kurang siap mengadakan kelas toefl (pengalaman pribadi). Jadi carilah cabang yg bisa menjelaskan (mungkin petugasnya kurang ngerti produk LIA, lha wong di brosurnya dijelaskan kok)
    Semoga bermanfaat ;)

    ReplyDelete
  5. Saya juga ingin les di lia , tapi saya ga tau lokasi yang mana yang dekat dengan rumah .
    saya ingin perlancar bahasa inggris saya agar lebih mahir .

    ReplyDelete
  6. mba dwi, salam kenal ya.. gmna mba udah dapet odp muamalatnya? hehe.. oh ya klo mau di bank tesnya toefl apa toeic ya mbaa? makasi yaaa infonya.
    klo menurut sya mba nya memang hebat, 1/2 bulan toeflnya uda naik pesat. semoga saya juga bisa ya. amin.. doain ya mbaaa

    ReplyDelete
  7. Belum rejeki di odp muamalat hehe, lg anteng dulu di bank tetangga sebelah :-P. Biasanya sih toeic. alo toeic malah lebih gampang dbanding toefl soalnya ga ada conversation yg ngejelimet. Ayo2 kita pasti bisaa *apa coba :-)

    ReplyDelete
  8. Mba rani emang lokasinya dmana? Coba aja search di mbah google ;-)

    ReplyDelete
  9. mba salam kenal. Saya baru mau coba tes toefl nih. Saya belajar sendiri sih, ga pernah ngambil kursus b.ing sebelumnya juga. Mba ngambil tesnya dimana ya? Kebetulan saya juga orang depok. hehe.

    ReplyDelete
  10. mbak mau tanya untuk prepational courses for T0EFL untuk kenaikan tingkat tiap term diujinya sprti biasa? Kayak english courses pada umumnya atau harus ikut toeflnya dahulu dan dpt scorenya atau bagaimana? Kbetulan saya juga bru di LIA-Depok.terima kasih

    ReplyDelete
  11. boleh tau gak biaya toefl preparation di LIA berapa..?? pengen ningkatin nilai toefl juga nih

    Thanks

    ReplyDelete
  12. Salut deh sama semangat mb yg satu ini.. mau trz belajar!!
    Coba berbagi pengalaman juga.. Saya waktu itu ambil prep IELTS di IALF Jakarta. Emang bener sih les semacam ini sangat berguna untuk kita yg mau ambil Proficiency Foreign Language Test (TOEFL, TOEIC, IELTS, ...) soalnya kita dilatih untuk terbiasa dengan soal2 yg akan ditestkan.. dan juga diarahkan untuk tidak terjebak dengan soal-soal yg diujikan..
    FYI, kalo buat ngelamar kerja.. biasanya yg diminta TOEFL.. kalo buat lanjut sekolah di luar, biasanya IELTS.. jadi ambil aja sesuai kebutuhan kalian..
    Sekian n trims..

    ReplyDelete
  13. wah mba.. keren.
    mba aku mau tanya. aku kan biasanya skor toefl nya 480 an. namun ketika preparation di LIA dapat kurang dari 400 (mungkin karena saya datang telat, dan entahlah). bisa ga ya saya usul pindah level ?? :D

    ReplyDelete
  14. LIA margonda dimana ya kak? Soalnya aku kuliah di gunadarma depok, pengen kursus juga. Biaar sekalian.

    ReplyDelete
  15. LBPP LIA untuk lembaga kursus bahasa inggris memang lebih meyakinkan dech..
    TOEFL TESTnya (EPT) aja satu-satunya yang diwajibkan CPNS, PERTAMINA, PU, Semua perBANKan, dll.
    begitu pula untuk progrem-program yang lainnya...
    fun dan berkualitas...

    ReplyDelete
  16. aku juga baru cr info tempat kursus toefl. lia terdekat dari jepara ada dmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jepara gak ada . Paling dekat kudus

      Delete
  17. berapa kali pertemuan dalam satu minggu ?

    ReplyDelete
  18. Maaf ya belum saya balasin hehe

    @masdeka12dst: kalau ambil hari sabtu, seminggu sekali dari jam 8-12. Tapi kalau ambil hari biasa, 2 minggu sekali @ 2 jam

    @mas jaya: maaf, aku nggak tahu. Coba tanya mbah google hehe. Moga ketemu yaa

    @mas Ilham: iya, lia bagus kok ^.^. Betul ada beberapa yang mensyaratkan toelf dari lia

    @mas endro: di depok deket mall depok, sebelumnya. Tanya2 aja gedungnya besar ^.^

    @mba yusri: makasih *tersipu2. Coba tes aja lagi, sayang kalo salah kelas. Iya kali momennya nggak tepat

    @mba glory: wah, makasih ya buat tipsnya ^.^

    @budhy: dulu sih 975, kayaknya dah naik deh

    @mba denitadian: dites seperti biasa, tesnya kaya toefl tiap 3 bulan sekali nanti hasilnya skor prediksi toefl kita

    @mba tyegah: di lia depok, enak disana banyak pilihan kelas

    ReplyDelete
  19. Mbak kira2 dapet sertifikat toeflnya setelah berapa lama kursus ya? Soalnya aku mau outline yang syaratnya harus lulus toefl diatas450

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mau langsung dapat sertifikatnya, langsung aja tes TOEFLnya. Hasilnya paling lama seminggu. Kalau kursus bukan sertifikat tapi hasil ujian dari level tersebut

      Delete
  20. This is important to remember while you are browsing IELTS or TOEFL preparation course, if you are planning on applying for citizenship or collage and intend to use your results as an entry requirement.

    Good Score in TOEFL

    ReplyDelete
  21. Aku juga mau ikutan ahh...berasa banget sekarang ini harus terus update kemampuan diri T.T thanks infonya mbak

    ReplyDelete
  22. Mba saya mau tanya nih. Itu kan ada 4 level. Ke empat level nya 3 bulan atau 1 level 3 bulan? Atau bertahap selama 3 bulan itu 1,2,3,4 selama 3 bulan?
    Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. *bantu jawab.
      1 level = 3 bulan
      Jadi kalo mau sampe TP4 kira2 butuh setahunan (itupun kalo naik terus).

      Delete
  23. http://liabandung95.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  24. hallo mba , knp tadinya lbh pengen di EF dibanding di LIa? hehe lg membandingkan 2 tempat ini

    ReplyDelete
  25. Terima kasih sudah membuat review, link nya bagus2.
    Siapa tau tertarik memasukan britishenglishclass.com
    britishenglishclass.com adalah market place online learning. Kelasnya adalah private dan yang diberikan adalah live interaction sesi.

    Ini adalah sebuah start-up yang memang kita bangun untuk murid bisa memperoleh guru terbaik dari lokasi manapun dan guru bisa semakin banyak mengajar.

    Semoga berkenan melihat web kita.

    Terima kasih.

    Salam sukses.

    ReplyDelete
  26. halo ka aku mau tanya, aku kan masih buta inggris dan aku mau coba kursus di LIA nah aku mau belajar dr yg grammar gitu tapi ternyata gaada kelas kalaupun ada itu untuk pelajar smk , nah aku mau tanya kalau aku ikut yg kelas conversation apa bisa ? aku takut gabisa ngikutin ka . aku minta saran ya ka gmn :( soalnya aku lg bingung.

    ReplyDelete
  27. Hallo shobat masih bingung Dan masih mau bertanya soal tempat Les bahasa inggris apakah ada nomer whatshap yg bisa saya chat untuk bertanya soal Les inggris

    ReplyDelete