Tips Sukses Menghadapi Structure dalam TOEFL

Bagian kedua yang diujikan dalam tes TOEFL yakni structure yang bertujuan untuk menguji pemahaman peserta mengenai grammar dan penggunaannya. Ada dua tipe soal dalam bagian ini yakni: melengkapi kalimat dan identifikasi masalah (error identification).

Soal structure dalam bagian ini berjumlah 40 soal. Jadi satu soal, nilainya lebih besar dibandingkan listening dan reading. Materi soal umumnya terkait akademis misalnya astronomi, geologi, ilmu sosial atau musik. Kita tidak akan menemukan subjek yang kontroversial seperti aborsi atau isu politik yang sensitif.

Terdapat dua kemungkinan dalam menghadapi bagian ini yakni pendekatan analisis dan pendekatan insting. Pada pendekatan pertama, yang dilakukan adalah menganalisa secara cepat grammar dari kalimat dan melihat bagian yang hilang (pada bagian melengkapi kalimat) atau bagian apa yang salah (dalam soal identifikasi kesalahan). Seseorang yang menggunakan pendekatan (insting), memilih apakah kalimatnya terdengar baik atau buruk. Pendekatan kedua cocok untuk orang yang belajar speaking dan menulis terlebih dahulu dibandingkan grammar dan writing. Atau kita dapat mengkombinasikan dua pendekatan tersebut, jika kita 'stuck' menggunakan satu metode.

MELENGKAPI KALIMAT
Jika pilihan jawabannya singkat, kita sebaiknya memulai denan melihat secara cepat pilihan jawaban untuk mendapatkan ide atas apa yang hilang pada kalimat tersebut. Diharapkan setelah melihat pilihan jawabannya kita dapat mengetahui apakah soal itu terkait verb forms, word order, paraller, misplaced modifier atau lainnya.

Jika jawabannya panjang dan ribet, mulai dari membaca secara cepat. Jangan dianalisa kata per kata,cobalah untuk membentuk keseluruhan gambar dari kalimat itu. misalnya: berapa banyak klausa yang ada disana untuk menjadi kalimat yang lengkap. Apakah ada bagian yagn hilang? Apakah ada kalimat koneksi untuk menghubungkan antar klausa? Jika kita tidak dapat menemukan jawabannya secara cepat, coba untuk mengelimninasi sebanyak mungkin bagian yang mengganggu. Umumnya terdapat kalimat yang salah karena:
  • Hilangnya bagian kata atau phrase yang penting, jadi kalimat tersebut masih tidak lengkap
  • Adanya kata atau phrase yang tidak penting yang masuk dalam kalimat
  • Bagian dari piihan jawaban salah grammarnya

Jangan kita menjawab sebelum membaca keseluruhan soal secara komplit karena kadang-kadang semua piihan jawaban sebenarnya dapat benar kecuali kita membacanya kata demi kata. Setelah kita mengeliminiasi sebanyak mungkin pilihan jawaban yang mungkin, baca kalimat secara tepat dengan jawaban yang telah kita pilih. Jika jawabannya tidak terkesan baik (secara intuisi), mungkin itu salah. Jika kita masih belum dapat memutuksan, tinggalkan dan lanjutkanlah.

IDENTIFIKASI ERROR
Pada tipe ini terdiri dari empat ekspresi, satu atau dua kalimat atau 3 kata phrase digarisbawahi. Tugas kita adalah mengidentifikasi phrase yang seharusnya diperbaiki (tidak dapat begitu saja dihilangkan).

Kita sebaiknya memulai dengan membaca dengan cepat tiap kalimat untuk menemukan kesalahannya. Jangan membaca hanya kata yang digarisbawahi karena dalam beberapa item, kata yang digarisbawahi tidak benar kecuali sesuai dengan konteks yang ada. Jangan menjawab pertanyaan sampai sudah membaca keseluruhan kalimat.

Jika kita tidak dapat menemukan kesalahannya secara cepat, baca kembali kalimatnya, sekarang konsentrasi pada kalimat yang digarisbawahi. Kita tidak dapat menggunakan teknik yang sama untuk membaca seperti membaca bahan yang lain (seperti koran atau majalah). Biasanya mata seseorang akan cepat berpindah karena kata-katanya umumnya tidak membuat banyak informasi. Kita sebaiknya melatih mata kita utuk bergerak secar perlahan dan mengucapkan kalimat tersebut dalam pikiran sebagaimana kita berbicara menggunakan kalimat itu.

JIka kita masih tidak dapat mengidentifikasinya setelah membaca secara hati-hati, coba prediksi apakah soal itu termasuk: word form, word choice atau verb error karena materi itu termasuk yang paling sering keluar. Apakah kata yang digarisbawahi termasuk dalam kategori tersebut? Jika masih belum menemukan, eliminasi jawabannya yang benar dan tebak saja hohoho

Strategi untuk Structure:

UMUM:
  • Familiar dengan instruksi soalnya
  • Jangan menghabiskan terlalu banyak waktu untuk mengerjakan 1 item yang susah
  • Jangan menjawab terlalu cepat karena kesalahan dari membuat kesalahn dalam structure karena ketidakhati-hatian
  • Perhatikan waktu pengerjaan, maksudnya supaya soal-soalnya terjawab semua sebelum waktu habis

MELENGKAPI KALIMAT
  • Jika pilihan jawaban terlalu singkat, lihat jawabannya sebelum membaca kalimat. Coba terka apakah soal yang sedang diujikan
  • Baca kalimatnya, dan terka bagian yang hilag. Jangan milikih sebelum membaca keseluruhan kalimat; kadang-kadang semua jawaban cocok hingga kita mmebaca di kata-kata akhirnya
  • Baca kalimatnya dengan pilihan jawaban kita dan pilih yang terdengar paling baik
  • Jika masih belum bisa memutukan, tebak dan lanjutkan saja

IDENTIFIKASI ERROR
  • Baca tiap kalimat, cari kesalahannya
  • Jika tidak dapat menemukan kesalahannya, baca kalimatnya lagi secara hati-hati, konsentrasi pada bagian yang digarisbawahi. Tebak masuk bagian mana (word form, word choice dan verb error) utnuk melihat masuk dalam kategori yang mana
  • Jika masih belum menemukan kesalahannya, coba eliminasi pilihan yang terlihat benar, jika lebih ada 2 maka tebak dan lanjutkan.

Sumber: Peterson's TOEFL Success, 2005

7 comments

  1. Bermanfaat sekali, Mak. Semoga saya lulus tes TOEFL tahun ini. Doakan ya, Mak hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, mak. AMIN, semoga skornya tinggi * so do I ^.^

      Delete
  2. Thank youuu mak untuk tips nya. Tau aja kalau mau tes TOEFL... Harus banyak praktek nih dakuuu hehe

    ReplyDelete
  3. Ini nih mak, menurutku bagian tersulit dalam "pelajaran" bahasa inggris.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, saya masih sering pake insting hehe

      Delete
  4. Saya tertarik dan senang dengan artikel Anda.
    Saya juga punya artikel yang menarik dan anda bisa akses di UG IBT

    ReplyDelete