Tips Berbelanja Produk Fashion Terkini

Saat ini, semakin banyak konsumen berbelanja secara online. Berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), nilai investasi di sektor e-commerce pada 2017 mencapai lebih dari US$ 5 miliar. Dikutip dari liputan6 bahwa pertumbuhan sektor e-commerce membuat sektor ini menjadi primadona investor di tahun 2018. 


Penjualan pakaian secara online turut andil dalam sektor e-commerce ini, pembelian konsumen mungkin sebagai salah satu faktor penyebab menurunnya pembelian di offline store. Sebagai contoh, omzet penjualan toko gamis di Tanah Abang menurun 30-50% dibanding tahun 2017 (kumparan.com). Peningkatan ecommerce yang luar biasa tinggi tetapi menyebabkan mall offline tutup, tidak hanya terjadi di Indonesia tetapi juga di China dan US. Laporan dari Beijing Technology and Business University menunjukkan 138 departemen store, 262 supermarket  dan 9, 464 toko pakaian offline telah ditutup antara 2012 to 2015.


Kalau pengalaman pribadi saya, memang saat ini lebih efisien untuk belanja pakaian secara online, karena dari dalam kamar sekalipun kita sudah bisa mendapatkan barang yang kita butuhkan termasuk produk fashion, dari mulai baju, celana panjang, jilbab dan lainnya. Terkadang lebih efisien saja karena tidak perlu keluar rumah, kena macet, hunting baju lagi ke toko atau pasar. Kalau belanja offline terkadang butuh effort lebih, malah kadang kita mau belinya pakaian A ternyata nambah jadi pakaian B dan C. Kalau beli online kita masih bisa masukkan barang dulu ke keranjang (wishlish) sambil dipikir-pikir lagi ini benar-benar butuh atau tidak, baru kemudian checkout.

Membeli produk fashion secara online juga efisien waktu. Misalnya kita sedang butuh celana panjang nih, kita tinggal mensortir celana panjang lalu bisa difilter lagi mulai dari brand, ukuran, warna, harga dan lainnya. Atau jika kita mau melihat secara umum, kita bisa memilih banyak pilihan model celana panjang wanita dengan beragam warna, model hingga jenisnya baik untuk penampilan sehari-hari atau untuk bekerja. 

Keuntungan lainnya ketika berbelanja online adalah menawarkan banyak promo, mulai dari diskon harga, cashback, gratis ongkir, pengembalian barang jika tidak cocok dan lainnya. Saya kayaknya sudah beli pakaian 70% secara online deh, sisanya baru beli di toko karena memang sedang  jalan-jalan lalu menemukan pakaian yang lucu, kebutuhan mendesak atau ada toko offline yang dekat rumah yang sesuai dengan kebutuhan fashion yang mau saya beli.

Namun masih banyak juga yang ragu nih kalau belanja produk fashion secara online karena perlu trik khusus supaya tidak kecewa, misalnya kita tidak dapat memegang bahannya dan mencoba produk tersebut. Jadi ini tips saya dalam berbelanja fashion online:


  • Membeli di website terpercaya. Pembelian online adalah transaksi kepercayaan, jadi kita perlu mentransfer dulu sebelum barang kita terima. Untuk menghindari penipuan, jadi kita perlu memilih website terpercaya atau dapat gooling dulu mengenai testimoni konsumen website tersebut.
  • Perhatikan mengenai deskripsi pakaian. Misalnya ketika membeli celana panjang, selain warna, kita perlu tahu apa bahannya dan detail ukurannya mulai dari lingkar pinggang, lingkar pinggul, lingkar paha, panjang sisi dalam. Nggak seru kan barang yang sudah kita pesan ternyata kebesaran atau kekecilan.
  • Survey harga. Serunya berbelanja online adalah kita dimudahkan untuk membandingkan harga antar toko. Kalau saya suka googling aja nama produk tersebut, untuk membandingkan harga antar online shop. Jadi kita dapat tahu harga rata-rata dari produk tersebut. 
  • Jika sudah cocok dengan salah satu produk, maka kita berburu promo online. Lihat di website tersebut, apakah ada promo yang ditawarkan. Kadang kalau kita teliti, ternyata selain diskon ada voucher kode tambahan yang dapat kita gunakan. Atau beberapa website juga menawarkan promo pengembalian produk jika tidak sesuai.
  • Tinggal duduk manis menunggu paket tiba. Menerima dan membuka paket adalah sensasi tersendiri ketika berbelanja online karena seperti kita mendapat hadiah, walau dari kantong sendiri hehe.

Happy Online Shopping

1 comment

  1. Wah saya banget itu mba. Beli apa aja via online sampai pakaian pun. Walau ada resiko kesempitan kebesaran tapi saya tetap suka belanja online. Karena nggak capek keliling toko, bisa cari harga paling pas untuk saya tanpa harus tawar menawar.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...